Hands-on Lenovo ThinkBook 14: Intel Comet Lake-U Harga Terjangkau

JS NEWS – Lenovo meluncurkan laptop komersil terbaru yang ditujukan bagi pengguna bisnis melalui seri Lenovo ThinkBook 14. Sebagai daya tarik, laptop ini sudah dipersenjatai dengan spesifikasi terkini guna menunjang aktivitas bagi pengguna bisnis.

Sesuai segmen yang dituju, laptop ini punya desain minimalis dengan tampilan polos diseluruh bodinya. Hanya ada tulisan Lenovo dan ThinkBook di masing-masing sudut guna menunjukkan jati dirinya. Cover bodi-nya menggunakan bahan anodized alumunium warna abu-abu yang tidak mudah kotor oleh sidik jari maupun tangan. Bodinya juga sudah memiliki sertifikasi MIL-STD-810G yang telah lolos melewati tes ketahanan yang terdiri dari high temperature, low temperature, temperature shock, dan vibration.

Punya karakteristik portabel, dimensinya ramping dan enteng. Dengan ketebalan 17,9 mm dan bobot 1,5 kg memudahkan untuk dibawa-bawa dan cocok bagi pengguna bisnis yang sering bekerja di luar kantor. Untuk kenyamanan dari sisi pandangan, engsel layar bisa ditekuk sampai kemiringan 180 derajat.

Layarnya berukuran 14 inci dengan panel IPS yang punya resolusi full HD. Guna kenyamanan mata, panel-nya sudah dilengkapi dengan fitur anti-glare sehingga tampilan tidak terganggu oleh pantulan cahaya. Karena tidak ditujukan untuk penggunaan multimedia, layarnya masih memiliki ukuran bezel yang agak tebal. Ini juga yang membuatnya masih bisa menempatkan webcam di bezel bagian atas layar. Menariknya, webcam ini sudah dilengkapi dengan switch agar webcam bisa ditutup guna menjaga privasi.

Keyboard-nya punya tombol standar dan tanpa area numpad. Jarak antar tombolnya cukup renggan dengan travel key yang rendah. Tiap tombol punya backlit warna putih yang punya dua tingkat kecerahan. Meski kami merasa lampu-nya tidak terlalu terang dan hanya efektif saat dalam kondisi benar-benar gelap. Backlit ini hanya terdapat di bagian bawah tombol dan bukannya di tombol. Touchpad-nya cukup besar dan punya landasan kesat yang tidak menyertakan tombol fisik klik kiri dan kanan.

Baca Juga :Lenovo Luncurkan Dua Desktop Baru Terkecil di Indonesia

Yang menarik, tombol Power yang ada di sisi kanan atas, juga bisa berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Dengannya, laptop bisa terproteksi dari orang yang hendak mengakses sistem operasi.

Untuk konektivitas, sisi kiri terdapat port LAN, HDMI, USB 3.1 type-A, USB3.1 type-C, USB 3.1 type-C yang support DisplayPort, dan jack aduio 3.5mm. Disebelahnya ada lubang reset, indikator HDD dan baterai.

Pada sisi kanan ada port adaptor, USB 3.1 type-A, card reader, dan satu USB 2.0 type-A yang port-nya memiliki penutup. Untuk posisi speaker stereo ada di dua sisi bagian bawah. Bagian bawah terdapat lubang udara yang tepat berada di bawah area prosesor dan chip grafis.

ThinkBook 14 yang kami gunakan sudah menggunakan prosesor Intel generasi ke-10, Comet Lake-U, i7-10510U yang punya frekuensi turbo boost hingga 4,9GHz. Untuk unit yang diluncurkan, sudh menggunakan RAM 8 GB dengan dukungan hingga 24 GB. Untuk storage-nya berupa harddisk yang punya kapasitas 2 TB 5400rpm dan juga support penggunaan SSD. Dari sisi grafis, digunakan chipset AMD Radeon 625 2 GB GDDR5 yang sudah cukup untuk kebutuhan pebisnis yang fokus ke penggunaan prosesor.

Lenovo ThinkBook 14 mulai tersedia di Indonesia pada awal Desember 2019 dengan harga mulai dari Rp7.199.000.

SUMBER

Share Is Cool