Hadir Lebih Dulu di Indonesia, Google Go Kini Dirilis Global

JS NEWS – Setelah hadir lebih dulu di sejumlah negara berkembang seperti India dan Indonesia, Google Go kini telah dirilis secara global. Aplikasi ini menyusul deretan aplikasi “ringan” lain besutan Google, seperti YouTube Go, Files Go, Gmail Go, dan Chrome Go yang sudah tersedia secara luas di seluruh dunia. 

Penulis Bill Clinten | Editor Oik Yusuf Sumber Tech Crunch KOMPAS.com – Setelah hadir lebih dulu di sejumlah negara berkembang seperti India dan Indonesia, Google Go kini telah dirilis secara global. Aplikasi ini menyusul deretan aplikasi “ringan” lain besutan Google, seperti YouTube Go, Files Go, Gmail Go, dan Chrome Go yang sudah tersedia secara luas di seluruh dunia. 

BACA JUGA : Google Bakal Akuisisi Startup Analitik ‘Looker’ Senilai Rp36,9 Triliun

Google Go sendiri merupakan aplikasi mesin pencari yang didesain sedemikian rupa agar ramah untuk ponsel dengan spesifikasi minim (low-end) dan bisa dipakai browsing lewat jaringan 2G atau ketika kokensi internet tidak stabil.  Dibandingkan aplikasi konvensional, Google Go diklaim lebih hemat data hingga 40 persen.

Google Go juga bisa mengingat dan menampilkan kembali hasil penelusuran jika koneksi internet pengguna tiba-tiba terputus. Ukurannya pun kecil sehingga tak menyita ruang di media internal ponsel. 

File instalasi Google Go di Play Sore hanya berukuran 7 MB. Google turut membekali aplikasi ini dengan fitur kecerdasan buatan (AI) yang bisa membacakan isi situs lewat audio kepada pengguna. Dengan demikian, pengguna bisa mengengarkan konten selagi melakukan hal lain seperti berolahraga. 

Ada pula fitur Discover yang memungkinkan pengguna menjelajah topik apa saja yang sedang heboh atau viral di jagat maya. Google Go sendiri kini telah tersedia di Play Store untuk semua pengguna Android versi 5.0 (Lollipop) ke atas. Semua jenis ponsel bisa menggunakannya, mulai dari ponsel murah Android Go hingga kelas flagship sekalipun.

Penulis : Bill Clinten
Editor : Oik Yusuf

SUMBER

Share Is Cool