Google Messages Kini Uji Coba Enkripsi End-to-End Group Chat

JS NEWS- Google beberapa minggu yang lalu memang telah memberikan konfirmasi mereka bahwa akan menggunakan layanan RCS, selain itu mereka juga akan mulai memberikan dukungan Group Chat. Kini, pengguna Google Messages bisa menikmati fitur Group Chat, Jumat (02/12).

Layanan Group Chat nampaknya menjadi salah satu fitur yang cukup lama ditunggu oleh pengguna Google Messages, pasalnya fitur ini memberikan dukungan yang lebih baik dalam pengiriman pesan langsung ke sekelompok nomor yang tergabung di Google Messages.

Selayaknya platform sosial media perpesanan instan lainnya seperti WhatsApp dan Telegram, fitur ini memberikan dukungan untuk mengirimkan pesan langsung ke semua kontak yang terdaftar di sebuah kelompok pesan. Jadi, aksesnya lebih mudah dalam mengirimkan pesan langsung ke beberapa kontak yang dipilih.

Namun, Google juga harus menggunakan standar baru mereka untuk sistem keamanannya, karena itu mereka telah menggunakan dukungan dari enkripsi End-to-End yang mana kini telah resmi mereka rilis di Google Messages.

Dengan adanya enkripsi End-to-End ini, maka pengguna bisa mengirimkan sebuah pesan ke sebuah kelompok pesan dengan keamanan yang sama seperti ketika mereka mengirimkan pesan secara pribadi. Karena memang, membutuhkan sistem enkripsi yang cukup aman untuk fitur kelompok pesan atau Group Chat.

Informasi ini bahkan diberikan langsung oleh Google, di mana ketika pengguna ingin membuat sebuah Group Chat yang berisikan beberapa pengguna Google Messages, maka Anda dapat melihat pada sebuah deskripsi grup bahkan pesan dan seluruh isinya akan dilindungi dengan keamanan E2EE.

BACA JUGA : Cegah Kebocoran, Begini Cara Aktifkan Fitur Keamanan Google Chrome

Google Messages Kini Uji Coba Enkripsi End-to-End Group Chat 2

Namun, agaknya fitur ini belum dirilis secara penuh untuk pengguna diluar kawasan Amerika Serikat, seperti yang terlihat melalui gambar di atas di mana pengguna di wilayah Indonesia atau Asia Tenggara belum mendapatkan dukungan enkripsi E2EE ini dan hanya muncul sebagai fitur uji coba.

Nantinya, ketika fitur ini telah dirilis dan aktif maka status yang semula OFF akan diganti menjadi ON, yang mana menandakan bahwa pesan dan seluruh isinya akan dilindungi dengan enkripsi E2EE.

Kami membuat sebuah prediksi yang mungkin cukup tepat untuk memprediksikan rencana Google merilis fitur ini, kemungkinan besar Google akan merilis enkripsi E2EE ini pada akhir Desember atau awal Januari 2023 mendatang.

SUMBER

Share Is Cool