Google Message akan Hapus Pesan Kode OTP Secara Otomatis

JS NEWS – Google mengguilrkan fitur baru bagi aplikasi Google Messages di pengguna Android. Fitur tersebut berfungsi untuk menghapus kode One-time-password (OTP) yang diterima secara otomatis.

Sayangnya, fitur ini baru akan diluncurkan di India dalam beberapa minggu mendatang. Perusahaan mengatakan, hal ini dilakukan agar pesan mengenai kode OTP tak membuat penuh kotak masuk pengguna.

Sebagai salah satu saluran untuk mengirimkan kode OTP sebagai verifikasi, kotak masuk SMS biasanya penuh oleh pesan serangkaian kode enam digit tersebut.

Mengutip The Verge, Rabu (30/6/2021), fitur ini akan menghapus pesan dalam kurun 24 jam setelah diterima.

Artinya, pesan OTP tidak akan bertahan berlama-lama di kotak masuk SMS pengguna.

Sortir Pesan Otomatis

Selain kemampuan menghapus pesan OTP secara otomatis, Google juga akan merilis fitur menyortir pesan masuk dalam beberapa kategori.

Tampaknya, ini seperti kemampuan yang disematkan pada Gmail sejak lama. Google mengatakan menggunakan model machine learning untuk mengurutkan pesan ke dalam kategori seperti Personal, Transaction, OTP, dan Penawaran.

Proses penyortiran terjadi di perangkat, kata Google, jadi itu akan tetap berfungsi saat keadaan offline.

Baca Juga : Google Uji Coba Play Media Experience Program bagi Pengembang Aplikasi

Berjalan pada Android 8 ke Atas

Fitur ini akan berjalan pada Android versi 8 ke atas. Sebagai langkah awal, ini akan diluncurkan di India dalam beberapa minggu mendatang.

Sementara itu, perusahaan tidak memberikan pernyataan apakah fitur ini akan dirilis secara global atau ke negara lain di luar India.

SUMBER

Share Is Cool