Google Meet dan Microsoft Teams Diduga Kumpulkan Data Pengguna

JS NEWS – Zoom belakangan menjadi sorotan lantaran masalah privasi data. Namun, aplikasi telekonferensi populer lain seperti Microsoft Teams, Google Meet, dan Cisco Webex pun disebut turut mengumpulkan data pengguna.

Hal tersebut dikemukakan oleh lembaga Consumer Reports yang baru-baru ini melakukan analisis terhadap kebijakan privasi yang diterapkan oleh ketiga layanan dimaksud.

Lewat ketentuan privasi ini, menurut laporan Consumer Reports, baik Teams, Meet, maupun Webex memperoleh hak untuk mengambil informasi terkait conference call yang dilakukan, termasuk durasi, serta siapa saja partisipannya dan alamat IP mereka.

Google, Microsoft, dan Cisco tidak merinci lebih lanjut tentang informasi apa saja persisnya yang dikumpulkan dari pengguna.

Baca Juga

Consumer Reports mengatakan bahwa aneka data itu bisa saja digabungkan dengan informasi dari sumber lain untuk membuat profil pengguna dan kebiasaannya dalam melakukan conference call.

“Ketiga perusahaan mengatakan kepada Consumer Reports bahwa layanan mereka hanya akan merekam video atau membuat transkrip apabila partisipan melakukan perekaman conference call. Mereka menyebut rekaman itu “tidak digunakan secara langsung” untuk keperluan iklan.

Sebagaimana dihimpun The Verge, perlu ditambahkan bahwa Consumer Reports tak mengatakan bahwa ketiga aplikasi ini tidak aman, melainkan hanya menyoroti praktik pengumpulan datanya dan isu privasi yang bisa ditimbulkan.

SUMBER

Share Is Cool