Sun. May 26th, 2019

Fungsi Motherboard dan Bagian-Bagiannya, Anak IT Wajib Tahu

JS NEWS – Perkembangan teknologi dan juga globalisasi yang ada saat ini, tentu saja tak bisa lepas dari namanya laptop, komputer ataupun smartphone.

Banyaknya komputer yang ada saat ini pun dipengaruhi oleh permintaan pasar yang ada. Selain itu, kualitas dan spesifikasi yang ada pada komputer pun mampu digunakan multifungsi.

BACA JUGA : Western Digital Black NVME SSD: Kencang untuk Gamer dan Editor

Komputer sendiri sudah sangat mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Namun meskipun kamu sering menjumpainya di kehidupan harianmu, akan tetapi kamu paham atau tidak fungsi dari bagian-bagian komputer?

Salah satu bagian terpenting dari komputer ialah hardware atau perangkat keras. Perangkat keras ini merupakan bagian komputer yang bisa kamu lihat secara langsung.

Hardware pada komputer pun terbagi atas beberapa komponen penting. Akan tetapi komponen pada hardware yang paling utaman ialah motherboard.

Jika kamu anak IT tentu saja harus paham dong apa fungsi motherboard dan bagian-bagiannya. Motherboard sendiri pertama kali dibuat pada tahun 1977. Motherboard ini dibuat oleh Apple untuk Apple II.

Namun jika kamu belum mengetahui apa fungsi motherboard dan bagian-bagiannya, tak perlu khawatir. Karena Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai fungsi motherboard dan bagian-bagiannya.

Fungsi motherboard

Motherboard sendiri ialah tempat bebagai komponen elektronik yang saling terhubung pada sebuah PC. Selain itu, motherboard pun memiliki chip bios atau program penggerak, jalur serta konektor untuk menghubungkan masing-masing perangkat. Motherboard sendiri banya ditemui pada PC.

Karena termasuk dalam perangkat atau komponen terpenting, tentu saja fungsi motherboard dan bagian-bagiannya ini perlu kamu ketahui. Fungsi motherboard dan bagian-bagiannya ini tentu saja berbeda. Tergantung dari jenis penggunaannya.

Fungsi utama dari motherboard sendiri sebagai pusat penghubung antara satu perangkat dengan perangkat lainnya. Bisa dikatakan bahwa fungsi motherboard ini sebagai penyatu dari sistem perangkat keras yang tersedia.

Selain itu, fungsi motherboard dan bagian-bagiannya ini mampu untuk mengsinergikan kode-kode yang ada menjadi sebuah aktivitas kinerja pada sebuah komputer.

Bagian-bagian Motherboard

Selain mengetahui fungsi dari motherboard, kamu juga perlu untuk mengetahui bagian-bagian yang ada pada motherboard. Pada fungsi motherboard dan bagian-bagiannya inilah yang mampu untuk menghubungkan secara langsung atau tidak langsung dengan perangkat komputer lainnya. Berikut ini beberapa bagian-bagian motherboard yang perlu kamu ketahui.

lain mengetahui fungsi dari motherboard, kamu juga perlu untuk mengetahui bagian-bagian yang ada pada motherboard. Pada fungsi motherboard dan bagian-bagiannya inilah yang mampu untuk menghubungkan secara langsung atau tidak langsung dengan perangkat komputer lainnya. Berikut ini beberapa bagian-bagian motherboard yang perlu kamu ketahui.

1. Socket CPU

Socket CPU atau Processor Socket ini salah satu bagian dari motherboard. Ada dua tipe socket yang biasa digunakan, yaitu LIF dan ZIF. Lif sendiri ialah socket model lama singkatan dari Low Insertion Force.

Sedangkan ZIF merupakan socket model baru. ZIF sendiri merupakan singkatan dari Zero Insertion Force. Sedangkan pada prosesor AMD menggubnakan istilah sendiri yaitu socket A.

2. Konektor Power Supply Unit

Konektor power supply unit ialah sebauh pin yang menyambungkan antara motherboard dan juga power supply pada sebuah komputer. Selain itu, terdapat dua jenis konektor power supply, yaitu AT dan ATX. Untuk AT sendiri terdiri atas dua kabel atau baggian dari power supply yang dijadikan satu. Sedangkan untuk ATX sendiri merupakan satu kabel power supply yang berada pada satu header. Kebanyakan motherboard terbaru telah menggubnakan konektor power supply dengan tipe ATX.

3. BIOS atau Basic Input- Output System

BIOS sendiri merupakan program dasar yang selalu digunakan antara sistem operasi dan juga motherboard. BIOS sendiri terdapat pada ROM atau Read Only Memory. BIOS inilah yang mengatur bagaimana suatu komponen bisa bekerja dengan terhubung pada motherboard.

4. North bridge controller

Fungsi dari north bridge controller sendiri ialah untuk menghubungkan antara socket CPU, Slot RAM dan juga slot AGP. Selain itu, letak dari north bridge controller ini pun dekat dengan prosessor, sehingga north bridge controller merupakan salah satu komponen penting yang ada pada motherboard.

5. South bridge controller

Untuk south bridge controller memiliki fungsi untuk mengatur kerja paeripheral yang ada di komputer. Seperti IDE controller, ROM BIOS, keyboard, mouse, USB, LAN, Modem dan fungsi lainnya. South bridge controller pun sama seperti north bridge controller. Mereka ialah perangkat atau komponen penting yang ada dalam motherboard.

6. Slot RAM

Sama seperti namanya, bagian pada motherboard ini berfungsi untuk menyisipkan atau meletakkan RAM. Pada motherboard baru, mereka akan menggunakan jenis DDR3.

7. CMOS atau Complimentary Metal Oxide Semiconductor

CMOS ini adalah baterai yang ada pada motherboard. Baterai ini memiliki fungsi untuk memberikan daya pada sebuah memori di motherboard yang memiliki fungsi sebagai setting konfigurasi.

8. Slot IDE dan SATA

IDE sendiri merupakan singkatan dari Integrated Device Electronic. Slot IDE sendiri memiliki fungsi untuk mendukung perangkay harddisk ataupun floppy disk.

Sedangkan SATA atau Serial Advance Tecnology Attachment berguna untuk menghubungkan serial ATA. Namun, pada saat ini pada sebuah motherboard terdapat kedua slot ini. Karena sebelumnya pada sebuah motherboard hanya terdapat salah satu slot saja.

9. Slot PCI

Slot ini kepanjangan dari Peripheral Component Interconnect. Fungsi dari slot PCI ini ialah untuk menyisipkan Add-on Card LAN ataupun sound bahkan TV Tunner.

10. Slot AGP

Accelerated Graphics Port merupakan slot untuk memasukan AGP Card yang berfungsi menampilkan grafis pada layar komputer. Letak dari slot AGP ini pun bersebelahan dengan slot PCI. Bahkan kedua slot ini pun hampir sama jika kamu tak bisa membedakannya.


Share Is Cool