FUJIFILM Rilis Lensa AF F1.0 Pertama di Dunia untuk Kamera Mirrorless

JS NEWS – Akhir September 2020, FUJIFILM bakal meluncurkan jajaran lensa terbarunya melalui FUJINON XF50mmF1.0 R WR (XF50mmF1.0 R WR). Produk ini merupakan lensa autofocus (AF) pertama di dunia dengan aperture maksimum F1.0 yang dirancang untuk kamera mirrorless. Sebagai lensa interchangeable atau lensa yang dapat diganti, FUJINON XF50mmF1.0 R WR merupakan produk ke-35 khusus untuk kamera X-Series.

XF50mmF1.0 R WR adalah lensa prime mid-telefoto ultra-cepat dengan panjang fokus 50mm (setara dengan 76mm dalam format film 35mm) dan aperture maksimum F1.0. Sebagai lensa interchangeable tercepat yang pernah diproduksi FUJIFILM, lensa ini memiliki keunggulan desain berdiameter besar dan menghasilkan bokeh yang indah sehingga membuat latar belakang gambar memiliki tingkat halus (smoothness) yang tinggi.

”Lensa FUJINON XF50mmF1.0 R WR hadir sebagai inovasi terkini dari FUJIFILM dalam menyambut era baru industri fotografi, sebagai yang pertama di dunia, lensa F1.0 dengan AF. Sekalipun lensa F1.0 berdiameter besar tetapi dengan berat lensa yang ringan, ukuran compact, dan adanya weather-sealing menjadikannya XF50mmF1.0 R WR pilihan tepat dan praktis untuk para fotografer profesional,” kata Anggiawan Pratama – Marketing Manager Electronic Imaging PT FUJIFILM Indonesia.

Apertur maksimum yang sangat lebar pada XF50mmF1.0 R WR berarti ada lebih banyak pilihan saat membuat gambar dalam kondisi cahaya redup. Pada malam hari, atau dalam interior yang gelap, XF50mmF1.0 R WR menawarkan bukaan terlebar yang pernah terlihat pada Lensa XF, memungkinkan lebih banyak cahaya masuk untuk membuat gambar

Lensa XF50mmF1.0 R WR juga dengan mudah mencapai kecepatan rana (shutter) tinggi yang membekukan gerakan dan menjaga pengaturan ISO lebih rendah untuk hasil yang kaya detail. Sebagai alternatif, kombinasikan pengaturan ISO tinggi dengan apertur F1.0 untuk keserbagunaan luar biasa dan penggunaan dalam aplikasi cahaya rendah lainnya seperti astrofotografi.

Lensa ini juga memiliki ketajaman ujung-ke-ujung (edge-to-edge sharpness), menambahkan keserbagunaan pada cara penggunaannya. Dengan adanya motor AF DC ke dalam XF50mmF1.0 memungkinkan AF yang cepat dan akurat bahkan saat gambar dibuat pada aperture F1.0 maksimum.

Baca Juga

Karena lensa ini juga dapat menghasilkan kedalaman bidang yang sangat tipis, lensa ini juga menggunakan fungsi Face / Eye AF yang terdapat pada kamera X-Series lainnya, untuk mencapai fokus akurat saat membuat potret, yang cukup sulit dicapai saat memfokuskan secara manual. Ketika fokus manual diperlukan, seperti saat merekam video, focus-ring manual menyediakan 120° rotasi untuk memungkinkan kontrol yang sempurna dan akurat, serta melalui focus-range hingga tak terbatas.

SUMBER

Share Is Cool