FALLUOT 4

fallout 4Bethesda Game Studios, pembuat game Fallout 3 dan The Elder Scrolls V: Skyrim kembali unjuk gigi.

Setelah berhasil menjadikan kedua game tersebut sebagai game of the yaer di masanya, kini mereka kembali melanjutkan franchise Fallout, yakni Fallout 4. Game bergenre rpg dan open world ini mengguncang dunia gaming tepat pada 10 November 2015 lalu, melalui console seperti Xbox One dan PlayStation 4 hingga versi PC.

Fallout 4 di deskripsi akan kembali menjadi game of the year, mengingat Fallout 3 sukses besar menggaet fans pada tahun 2008 silam. Para fans pun percaya jika seri ke-4 kali ini tidak akan kalah berkualitas. Mengapa Fallout 3 begitu disukai? Jawabannya singkat. Fallout 3 merupakan seri 3d pertama pada franchise-nya. Fallout merupakan game RPG dengan side quest yang luas sehingga membuat para pemain betah berlama-lama memainkannya. Kini muncul pertanyaannya, apakah Fallout 4 memang pantas untuk diacungi jempol? Atau hanya hype sesaat saja? Simak reviewnya hingga tuntas.

JALAN CERITA

Berbeda dengan game open world lainya seperti Far Cry dan The Witcher, Fallout 4 menghadirkan sebuah dunia yang telah hancur akibat perang nuklir, dan memiliki setting waktu di masa depan, sekitar tahun 2077 ke atas.

Pada Fallout 4, pemain berperan sebagai orang tua yang memiliki seorang bayi. Sebagai orang tua, pemain akan mendaftarkan diri ke perusahaan bernama Vault-Tec. Perusahaan tersebut menawarkan jasa bunker untuk berjaga-jaga jika perang nuklir terjadi.

Setelah perang nuklir terjadi, pemain bersama keluarganya akan masuk ke dalam bunker Vault 111. Semuanya berjalan lancar sampai suatu ketika anak dari pemain diambil oleh sekumpulan kriminal yang lolos dari perang nuklir. Bermula dari sinilah pemain akan keluar dari bunker dan mencari anaknya ke dunia luar. Inti cerita dari Fallout 4 memang sesederhana itu namun selama perjalanan untuk menamatkan game ini, pemain bisa melakukan leveling, crafting, eksplorasi map sehingga side quest.

FITUR

Character Creation

Fitur pertama yang pemain akan temui adalah character creation, melalui fitur ini pemain bisa memilih untuk menjadi seorang ayah atau ibu. Bagi pemain yang mementingkan penampilan karakternya, fitur ini cukup menyita waktu. Karena segala bentuk postur tubuh, bentuk raut muka, hingga warna kulit, tersedia cukup banyak dan bervariatif.

S.P.E.C.I.A.L

S.P.E.C.I.A.L  adalah singkatan dari Strength (kekuatan), Perception (daya tanggap), Endurance (ketahanan), Charisma (karisma), Intelligence (kecerdasan), Agility (ketangkasan), dan Luck (keberuntungan). Ketujuh poin tersebut merupakan bagian penting dari pengembangan karakter pemain, dan berpengaruh pada play-style yang pemain inginkan.

Karakter seperti apa yang anda inginkan? Bijak? Kriminal? Penolong? Semua bisa diatur melalui pengembangan karakter pada S.P.E.C.I.A.L. Setiap poin yang dimiliki bisa pemain tingkatan saat level karakter bertambah. Layaknya game RPG, pemain bisa melakukan eksplorasi dan menyelesaikan side quest untuk menaikkan level.

Sebagai contoh, di dunia Fallout 4 ini akan terasa agak sepi jika melakukan eksplorasi sendirian. Maka dari itu, pemain bisa merekrut musuh ataupun kriminal-kriminal yang ada. Jika pemain memiliki karisma yang rendah, tentunya kriminal tersebut tidak akan menghormati karakter pemain. Jadi, apabila anda ingin merekrut seseorang dengan mudah, anda harus menaikkan poin karisma lebih tinggi dari keenam poin lainnya.

Di dalam setiap poin S.P.E.C.I.A.L terdapat special ability yang disebut dengan perk. Setiap pemain yang menaikkan salah satu poin S.P.E.C.I.A.L maka pemain mendapatkan kesempatan untuk meng-unlock perk.

Dalam Fallout 4 pemain akan menemukan banyak negoisasi saat sedang bereksplorasi. Negoisasi tersebut bisa saja sukses atau berakhir dengan baku tembak. Maka, gunakan fitur S.P.E.C.I.A.L dan perk seoptimal mungkin karena dengan play-style yang cocok, anda bisa 100% menikmati segala quest yang ada.

V.A.T.S

V.A.T.S merupakan singkatan dari Vault-Tec Assisted Targeting System. Dengan vitur ini pemain bisa mengetahui titik kelemahan dari musuh yang sedang dilawan. Selain itu, terdapat cinematic saat pemain melumpuhkan musuh menggunakan V.A.T.S.  Menariknya, Fallout 4 tidak hanya menawarkan sudut pandang FPS, developer juga menyediakan sudut pandang 3rd-person. Saat melakukan baku tembak, tentunya sudut pandang FPS sangat bermanfaat. Namun, saat melakukan eksplorasi, sudut pandang 3rd-person akan terasa lebih nyaman bagi sebagian pemain.

Dogmeat

Dogmeat adalah seekor anjing yang akan menemani pemain sepanjang pemain. Dogmeat bisa melakukan stealth mode sehingga bisa mengikuti pergerakan pemain, dan akan sangat berguna untuk melawan musuh hungga muatan sekalipun. Selain itu, Dogmeat juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan item pemain. Terdapat slot item dengan jumlah yang cukup banyak pada anjing ajaib ini.

Mengapa ajaib? Karena Dogmeat pada Fallout 4 tidak bisa terbunuh oleh siapa pun bahkan oleh pemiliknya sekalipun. Sepertinya developer mendengar jeritan pera pemain Fallout karena pada Fallout 3, Dogmeat sangat gampang terbunuh, dan membuat para pemainnya frustasi.

GAMEPLAY

Fallout 4 menawarkan gameplay dengan waktu bermain yang lama. Pemain akan menikmati seluruh eksplorasi dan segala quest yang ada, baik yang side maupun main. Tidak heran jika game RPG seperti Fallout bisa membuat para pemainnya betah karena untuk menaikkan S.P.E.C.I.A.L saja diperlukan banyak pertimbangan, belum lagi mencari item-item untuk melakukan crafting.

Sistem shooting dengan dua sudut pandang, serta fitur V.A.T.S membuat suasana baku tembak menjadi lebih nyaman dan dramatis. Namun, sayangnya terdapat beberapa dialog yang sedikit membosankan dalam Fallout 4 ini. Setiap dialog, pemain bisa memilih empat pertanyaan atau jawaban, dan kebanyakan dari empat pilihan tersebut terlihat agak bertele-tele dan kurang menarik.

Selain itu, AI untuk musuh mereka cukup mudah untuk dikalahkan. Bisa dibayangkan terdapat musuh yang berdiri disamping pemain namun pemain tersebut baru diserang beberapa detik kemudian, hal ini dirasa kurang realistis. Paling tidak musuh tersebut seharusnya lansung menyerang, meski dengan damage yang kecil (diuji pada tingkat kesusahan normal)

GRAFIS

Berbicara tentang game next-gen pastinya tidak akan lepas dari topik grafis. Fallout 4 tidak memiliki grafis semewah dying Light, Far Cry 4, ataupun  The Witcher 3. Wajar saja karena game ini sudah dibuat sejak 2010 silam. Dari skala 1 sampai 10, grafis pada Fallout 4 ini kami berikan skor sebesar 7. Kami juga coba membandingkan tampilan grafis versi PC (higt)  dengan console, namun tidak ada perbedaan yang mencolok.

Pada Fallout 4, tidak ada animasi saat pemain menjrah barang dari musuh yang telah mati. Ketika pemain menjarah barang, pakaian musuh akan hilang seperti sulap, tanpa disentuh. Seharusnya, terdapat animasi yang lebih interaktif seperti di FarCry 4. Misalnya, memperlihatkan tangan karakter yang sedang menggeledah tubuh musuh.

Grafis memang bukan segalanya pada sebuah game. Dengan gameplay yang bagus, tentunya dapat mengobati sedikit kekecewaan akan grafis yang standar.

KESIMPULAN

Fallout 4 merupakan game single player khusus untuk penggemar game bergenre RPG dan open world. Pada wal tanggal perilisannya, Fallout 4 ini dibanderol dengan harga Rp 780.000. Harga yang terbilang cukup tinggi untuk sebuah game single player.

data teknisBagi anda yang lebih mementingkan fitur multi-player dan kualitas grafis yang menawan, game ini mungkin akan kurang cocok untuk anda. Namun, jika anda mencari game dengan segudang quest, fitur crafting, dan sistem leveling yang bagus, Fallout 4 tentu bisa menjadi pilihan yang pas.

Sumber: PC Media edisi 12/2015 (diakses tanggal: 23 februari 2016)

Share Is Cool

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *