Facebook Buka Lowongan Pemimpin WhatsApp di Indonesia, Siapa Mau?


JS NEWS – WhatsApp kian serius menggarap pasar di Indonesia. Setelah mengumumkan kerja sama investasi dengan startup ride-hailing Gojek, kini WhatsApp sedang mencari posisi jabatan pemimpin (Country Head) untuk wilayah Indonesia.

Hal itu diketahui dari unggahan di halaman karir di situs resmi Facebook. Di halaman tersebut, ditulis bahwa Country Head Indonesia ini nantinya akan langsung melapor kepada Chief Operating Officer WhatsApp, Matthew Idema.

Facebook menyebut, posisi ini terbuka untuk umum tanpa terkecuali, termasuk para penyandang disabilitas, asal masuk dalam kualifikasi umum yang ditetapkan, seperti pengalaman 15 tahun.

Menariknya, salah satu kualifikasi yang dibutuhkan adalah pengalaman di bidang e-commerce dan pengalaman mengarahkan bisnis lokal ke taraf global. Ini mengindikasikan fokus bisnis WhatsApp di Indonesia, yakni e-commerce dan digital payment.

Seperti yang dikatakan oleh Idema saat mengumumkan investasi di Gojek, bahwa WhatsApp dan Gojek akan memberi akses jutaan UKM dan konsumen yang mereka layani, ke tataran ekonomi digital tingkat Asia Tenggara.

“Pembayaran digital lebih aman dari cash, baik untuk bisnis maupun konsumen. Pembayaran digital membantu lebih banyak orang berpartisipasi dalam ekonomi dan memberi akses pendanaan bagi pelaku, yang penting untuk pertumbuhan,” tulis Idema dalam blog Facebook.

Dengan berinvestasi di Gojek, besar kemungkinan layanan pembayaran digital WhatsApp Pay akan bisa diakses di platform Gojek.

“Mengenai fitur pembayaran digital WhatsApp Pay, saat ini sedang dalam pembicaraan dengan mitra di Indonesia,” ujar Sravanthi Dev, WhatsApp APAC Communications Director.

Tetapi Sravanthi tidak menyebutkan secara detail, siapa mitra di Indonesia yang sedang melakukan pembicaraan. Namun dengan adanya investasi Facebook di Gojek, besar kemungkinan Gojek-lah mitra yang dimaksud.

Kembali ke lowongan posisi Country Head WhatsApp di Indonesia, berikut adalah empat tugas utama Country Head of Whatsapp di Indonesia, dirangkum KompasTekno dari situs Facebook:

– Membangun dan menjalankan strategi untuk memperluas penggunaan serta pendapatan WhatsApp di Indonesia.
– Mewakili WhatsApp secara publik dan menjadi pemangku keputusan penting mewakili WhatsApp di Indonesia.
– Membangun dan memimpin WhatsApp untuk mencapai target dalam bidang pengembangan bisnis, kebijakan, pemasaran serta komunikasi.
– Sangat memahami nilai-nilai, produk, serta kebijakan yang dimiliki WhatsApp.

Baca Juga

Berikut merupakan kualifikasi umum yang harus dipenuhi untuk mengisi posisi Country Head of Whatsapp di Indonesia.

– 15 tahun pengalaman bekerja di perusahaan maju.
– 5 tahun pengalaman dalam bidang e-commerce atau teknologi lainnya.
– Mampu membangun dan menjalin hubungan dengan pemimpin bisnis, pejabat pemerintah, dan pemimpin kebijakan.
– Memiliki pengalaman dalam mengarahkan peluang bisnis lokal ke taraf global.
– Memiliki kemampuan manajemen umum yang sangat baik, kepemimpinan yang baik dan dapat bekerja secara multitasking.
– Memiliki kemampuan komunikasi dan presentasi yang kuat, serta mampu merangkum dan menjelaskan masalah yang rumit.
– Sangat mengerti akan produk WhatsApp.
– Memiliki gelar doktor pada bidang teknik, sains, atau bisnis.

SUMBER

Share Is Cool