Enam Best Practice Ini Akan Sukseskan Transformasi Digital


JS NEWSTransformasi digital sedang menjadi perhatian. Namun tingkat kesuksesannya memprihatinkan. Ada 6 best practice yang perlu dijalankan.Hal itu terungkap dalam laporan yang dirilis oleh Boston Consulting Group (BCG).

Hanya 30% dari proyek transformasi digital yang berhasil memenuhi atau melampaui nilai yang ditargetkan, menurut sebuah laporan dari BCG. Padahal upaya-upaya transformasi ini sangat penting di tengah pandemi COVID-19 dan sepanjang transisi menuju new normal. 

Meski begitu, ada pula 44% yang berhasil meraih nilai dari transformasi tapi tidak mencapai target sehingga perubahan baru akan dirasakan dalam jangka panjang. BCG juga mencatat adanya 26% proyek transformasi yang menciptakan nilai kurang dari 50% dari yang ditargetkan dan perubahan yang dirasakan tidak berkelanjutan. 

Laporan yang menganalisis 895 proyek transformasi digital ini juga mengungkapkan bahwa 80% perusahaan berencana untuk mengakselerasi transformasi digital yang sedang dijalankannya. 

Menurut pengamatan BCG, proyek-proyek transformasi itu umumnya awalnya berjalan dengan baik, tapi kemudian kehilangan fokus di tengah perjalanannya. 

Baca Juga

“Saat mencoba mengajak semua orang mengikuti keseluruhan rencana, mudah untuk berkompromi dan kehilangan fokus pada aspirasi transformasional. Di sinilah biasanya timbul masalah,” tulis BCG dalam laporannya.

Kabar baiknya, ada beberapa best practice yang dapat mendongkrak tingkat kesuksesan hingga sekitar 80%. Ada enam best practice yang dapat menyukseskan transformasi digital:

1.Strategi dengan tujuan dan business outcome yang jelas, dengan menjawab pertanyaan “mengapa”, “apa”, dan “bagaimana”. 

2.Komitmen dari CEO hingga middle management terhadap akuntabilitas. Menurut BCG, para middle manager ini seringkali terabaikan. 

3.Dukungan talenta berkualitas dan membebaskan sumber daya. 

4.Mengatasi tantangan dengan cepat dan beradaptasi terhadap konteks dan misi.

5.Memantau kemajuan dengan metrik dan target yang jelas mengenai proses. 

6.Teknologi yang modular dan platform data di bawah arahan bisnis. 

Berdasarkan pengamatan BCG terhadap 70 perusahaan, untuk mencapai kesuksesan, perusahaan harus fokus pada keenam best practice tersebut. Jika hanya melakukan tiga atau empat saja, transformasi berpotensi gagal.

SUMBER

Share Is Cool