Download Zen Cart E-Commerce Shopping Cart

JS NEWS- Zen Cart Zen Cart merupakan salah satu solusi bagi Anda yang ingin menjajakan barang Anda secara online. Zen Cart didesain untuk memudahkan penggunanya (user friendly) dalam instalasi, pengaturan menu, produk maupun pengaturan mata uang meskipun Anda sendiri tidak memiliki keahlian dalam pemprograman. Zen Cart sendiri dikembangkan oleh komunitas yang terdiri dari programmer, pemilik toko, desainer dan konsultan yang ingin mengembangkan secara sederhana dan mudah untuk mempertahankan solusi e-commerce. CMS (Content Management System) ini lahir karena didasari akan kebutuhan para pedagang dan pembelanja online. Zen Cart dibangun dengan menggunakan PHP, MySQL sebagai databasenya dan komponen dari HTML. Zen Cart sendiri mendukung beberapa bahasa dan mata uang yang dapat disesuaikan. Zen Cart pada awalnya dibangun dari kode oscommerce sejak Juni 2003 dan telah mengalami perkembangan pesat sejak saat itu.. Saat ini sudah mengeluarkan rilis versi Berikut ini adalah keunggulan Zen Cart, antara lain: Proses instalasi yang mudah; Klasifikasi pelanggan/customer Kategorisasi produk tidak terbatas Bisa melakukan beberapa program promosi dan diskon harga Pola display produk yang bekerja secara otomatis menampilkan produk yang beragam Template website yang diprogram dengan bahasa pemrograman XHTML Pembuatan halaman tambahan yang tidak terbatas Sistem kontrol untuk beberapa banner yang bisa dilakukan sekaligus Opsi pola pengiriman order pelanggan yang bisa dibuat beragam Opsi pola pembayaran juga beragam Pengelola surat promosi (newsletters) Kupon diskon Voucer belanja Pola pemberian diskon berdasarkan quantity order Pengelola produk-produk unggulan

Baca Juga

Fitur Menarik ZenCartZenCart memiliki beberapa fitur menarik yang juga dimiliki oleh beberapa paket eCommerce gratis yang lain. Berikut ini ulasan singkat mengenai fitur-fitur Zen Cart yang cukup menarik.

Daftar Produk Baru (New Products Listing)

ZenCart menghadirkan kotak khusus yang berisi daftar produk terbaru yang digelar dalam sebuah toko online. Kotak ini bisa ditempatkan di sebelah kiri atau kanan dari halaman depan dan halaman detil produk. Jika sebuah produk baru ditambahkan dalam katalog, secara otomatis produk baru ini akan muncul dalam daftar ini.


Produk Spesial (Special Products)

ZenCart cukup mengerti praktek-praktek yang sering dilakukan sebuah toko offline. Misalnya adanya promo berupa discount 20%, harga produk yang lebih murah untuk jumlah pembelian lebih banyak, call for price yang tidak menampilkan harga produk agar calon pembeli telpon ke pegawai toko untuk mendapatkan harga yang disepakati bersama, dan harga produk berbeda berdasarkan atribut tertentu misalnya produk yang berwarna merah harganya lebih mahal. ZenCart menghadirkan praktek-praktek toko offline tersebut dalam sebuah toko online, sehingga apabila kita punya toko offline yang hendak di-online-kan, praktek-praktek yang sama bisa dilakukan dalam toko offline maupun online.


Produk Pilihan (Featured Products)

Produk pilihan adalah fitur ZenCart yang memungkinkan pemilik toko online memilih produk-produk tertentu yang hendak ditawarkan kepada pelanggan. Produk pilihan ini biasanya berkaitan dengan musim jualan tertentu, misalnya pada saat awal tahun ajaran baru, yang laku adalah produk-produk perlengkapan pelajar. Agar pelanggan tidak sudah mencari produk-produk tersebut, kita bisa menempatkan tautan dan gambar produk-produk tersebut di halaman depan dalam kotak featured products.


Obral (Sale)

Sebuah toko offline kadang kala melakukan obral (sale) untuk menarik calon pelanggan. Obral biasanya berbentuk discount atau potongan harga yang diberlakukan terhadap semua produk atau kategori tertentu, dan mempunyai masa berlaku. ZenCart menghadirkan fitur obral ini dalam toko online sehinga kita bisa melakukan obral berdasarkan kondisi tertentu.
Voucer Belanja (Gift Certificates)

Praktek lain yang sering dilakukan dalam sebuah toko offline adalah pemberian voucer belanja (gift certificate). Seseorang bisa berbelanja dengan voucer belanja yang sebelumnya kita terbitkan dan berikan kepada orang tersebut. Orang tersebut bisa juga memberikan voucer belanjanya kepada orang lain, dan orang lain tersebut masih bisa menggunakan voucer belanjanya untuk berbelanja di toko kita.Voucer belanja dalam ZenCart diperdagangkan seperti layaknya produk biasa. Pembeli voucer belanja ini nantinya bisa memberikan voucer belanjanya kepada orang lain melalui email. Orang yang menerima voucer belanja tersebut bisa menggunakannya untuk berbelanja di toko online kita dengan memasukkan kode voucer. Cara kerjanya sama dengan voucer belanja offline, hanya dalam ZenCart voucer belanja tersebut sifatnya virtual.


Kupon Discount

Selain voucer belanja, toko online ZenCart juga bisa menerbitkan kupon discount. Berbeda dengan voucer belanja, kupon discount sifatnya umum. Asal pelanggan tahu nomor kode kupon, dan kupon tersebut masih valid digunakan, maka pelanggan tersebut bisa menggunakan kode kupon discount untuk berbelanja.


Ulasan Produk (Product Review)

Sebagai pelanggan kita bisa memberi penilaian terhadap produk tertentu yang dijual dalam sebuah toko online. Bentuknya bisa nilai nominal antara 1 sampai 5, dan kata-kata yang menggambarkan penilaian kita secara verbal terhadap produk tertentu.


Kekurangan ZenCart

ZenCart memang memiliki fitur-fitur yang cukup bagus, namun ia juga tidak lepas dari beberapa kekurangan. Berikut ini ulasan singkat tentang beberapa kekurangan ZenCart.Tidak Adanya Fitur SEF URLSalah satu kekurangan ZenCart yang paling mencolok menurut saya adalah tiadanya fitur SEF URL. Dengan SEF URL, produk kita bisa diatur agar mempunyai URL yang ‘cantik’ dan lebih bersahabat dengan search engine. Dalam hubungannya dengan SEO (Search Engine Optimization), fitur ini juga membantu memasarkan produk kita melaluisearch engine.

DOWNLOAD : SOURCEFORGE

Share Is Cool