Download The Mesa 3D Graphics Library

JS NEWS – Mesa adalah kumpulan open source dari perpustakaan grafis tiga dimensi (3D) dengan tujuan utama mengimplementasikan berbagai API (Application Programming Interface) dan spesifikasi OpenGL di bawah sistem operasi Linux / UNIX. Ini diarahkan untuk grafis komputer 3D, rendering 3D yang dipercepat perangkat keras dan komputasi tujuan umum pada unit pemrosesan grafis (GPGPU). Selain itu, proyek ini juga menyediakan implementasi rendering perangkat lunak.

Memberikan dukungan OpenGL ke platform Linux dan UNIX
Mesa dapat digunakan di berbagai lingkungan, merumput dari akselerasi perangkat keras lengkap untuk unit pemrosesan grafis modern hingga emulasi perangkat lunak tradisional, berdasarkan sejumlah besar driver perangkat. Proyek ini memberikan dukungan OpenGL ke platform Linux dan UNIX di atas server tampilan X.Org (X11 Window System) yang ada, dan terhubung ke proyek-proyek sumber terbuka lainnya, termasuk Direct Rendering Infrastructure (DRI).

Mesa atau perpustakaan grafik 3D Mesa
Karena alasan hukum, pengguna tidak boleh merujuk ke pustaka Mesa sebagai MesaGL. Itu hanya Mesa atau perpustakaan grafis 3D Mesa. Secara default, ini didukung di sistem operasi Linux dan FreeBSD, serta Unix lainnya. Mesa awalnya diciptakan pada Agustus 1993 oleh Brian E. Paul, seorang programmer komputer yang dianugerahi Penghargaan Perangkat Lunak Bebas oleh Free Software Foundation (FSF). Dia masih mempertahankan proyek, yang sekarang dipandu oleh freedesktop.org.

BACA JUGA : Download NetBeans IDE For Linux

Ini disertakan secara default di banyak distribusi Linux
Selama bertahun-tahun, perpustakaan grafik 3D Mesa menerima kontribusi dari perusahaan besar seperti Intel, VMware dan AMD, serta berbagai pengembang berbakat. Sekarang, Mesa disertakan secara default di banyak distribusi Linux. Jika tidak, maka secara otomatis diinstal bersama dengan driver video open source atau proprietary untuk kartu grafis Intel, Nvidia dan AMD / ATI.

Intinya
Fakta yang menarik adalah bahwa ketika seseorang mencoba untuk menghapus paket Mesa utama dari instalasi Linux, ia akan menarik begitu banyak aplikasi penting lainnya, komponen inti dan pustaka sehingga sistem tidak lagi berguna.

The Mesa 3D Graphics Library 19.2.3
FREE
RUNS ON:Linux
MAIN CATEGORY:Multimedia
DOWNLOAD SOFTPEDIA

Share Is Cool