Download Plandora Project Management

JS NEWS – Suatu instansi membutuhkan aplikasi komputer berbasis web untuk mengelola proyek, antara lain terkait dengan manajemen penugasan sumber daya manusia, biaya proyek, monitoring, penilaian kinerja, dan evaluasi seluruh kegiatan. Salah satu aplikasi komputer yang tersedi bebas untuk diunduh dan digunakan untuk itu adalah Plandora.Plandora berlisensi Open Source GNU Lesser General Public License sehingga aplikasi ini bebas digunakan dan dimodifikasi untuk kepentingan apapun tanpa harus membayar biaya lisensi. Plandora dapat menggunakan database MySQL, bahasa pemrograman Java, dan server web Apache. Ketiganya juga tersedia di internet dengan lisensi Open Source.Langkah pertama yang harus dijalankan ketika hendak menginstal Plandora adalah memastikan sudah ada aplikasi database MySQL dan server web Apache Tomcat.

Baca Juga : Download ZenTao project management software

FITUR-FITUR PLANDORA

Pada halaman awal (Home Page), Anda dapat melihat tugas (My Tasks), permintaan (My Request), proyek (My Projetc) dan tim (My Team), yang dialokasikan/diberikan kepada Anda. Berikut ini hanya sebagian contoh fitur Plandora.

A. My Tasks
  1. Menampilkan tugas dari setiap user sesuai dengan tugas yang sudah diberikan oleh pemimpin proyek. Terdapat icon remove, edit, detail yang masing masing memiliki fungsi yang berbeda.

           Anda dapat membuat tugas, permintaan terkait dengan proyek yang Anda terlibat di dalamnya dan melacak waktu yang dihabiskan                untuk kegiatan, menghasilkan laporan dan menilai kemajuan Anda.

B. My Request

My Request menunjukan permintaan kebutuhan akan proyek yang kita buat. Ketika membuat permintaan, Anda dapat mengalokasikan ke setiap pengguna Plandora yang ada dalam database pengguna. Para pengguna dapat menerima atau menolak permintaan yang dikirimkan kepada mereka.Seperti jika permintaan dibuat dan dialokasikan untuk Anda, Anda dapat menerima tugas untuk permintaan ini. Untuk melakukannya klik pada Task Associate (Icon di sebelah kanan permintaan terkait, dan mengikuti form aplikasi permintaan).Perhatikan bahwa untuk tugas yang diberikan, Anda dapat mengalokasikan beberapa anggota tim dan mengalokasikan jam kerja untuk menyelesaikan bagian mereka.Setiap kebutuhan yang dibuat oleh user/root akan tampil di my task dan bisa di respon oleh semua anggota proyek. Jika Anda adalah “Pemimpin” dalam proyek maka setiap kali Anda atau salah satu anggota tim Anda membuat permintaan, Anda akan diberitahu. Pesan muncul di bagian bawah homepage di bagian “My Team” . Ini memungkinkan para pemimpin proyek untuk menyadari permintaan yang dibuat oleh anggota tim dan anggota tim untuk mengetahui bahwa pemimpin proyek menyadari permintaan yang dibuat.

C. My Project

Menginformasikan proyek yang sedang dikerjakan dan terdapat fitur-fitur yang telah disediakan Plandora dapat diakses sesuai proyek.Proyek memiliki banyak fitur yang komplek. Untuk mulainya, penting untuk memahami bahwa pengguna di Plandora berhubungan dengan tingkat izin pada proyek-proyek yang diberikan. Seorang pengguna dapat misalnya menjadi “Pemimpin” proyek 1 dan “Karyawan” pada proyek 2. Yang muncul di halaman awal tergantung pada tingkat izin.Anda akan selalu dapat melihat semua proyek terkait dengan bagian anda di halam awal. Tingkat visibilitas proyek akan tergantung pada peran Anda (atau tingkat izin) dari proyek ini. Peran / tingkat izin ditentukan oleh root/administrator saat pembagian proyek.

Share Is Cool