Download Linux Lite

JS NEWS – Linux Lite adalah distro turunan Ubuntu LTS. LTS sendiri ialah singkatan dari ‘Long Term Support’ (dukungan jangka panjang) yang berarti setiap rilisnya mendukung dukungan selama 5 tahun. Inilah hal yang sangat penting untuk stabilitas Distro ini karena anda hanya perlu memasang maupun mengupgrade ke sistem operasi terbaru setiap lima tahun sekali. Saat periode “lima tahunan sekali”, sistem anda akan secara berkesinambungan mendapat perbaruan sistem melalui repositori Linux Lite. Linux Lite sepenuhnya memiliki fungsi “out-of-the-box”. Maksudnya, anda tidak harus memasang perangkat lunak tambahan ketika anda menggunakan komputer setelah pemasangan sistem operasi. Kami percaya bahwa sebuah komputer sebaiknya langsung siap digunakan setelah pemasangan suatu sistem operasi tanpa melakukan instalasi perangkat lunak tambahan maupun aplikasi lainnya lagi. Anda akan memerlukan kemampuan semacam ini dalam menggunakan komputer, sehinga kami berusaha memudahkan anda untuk mendapatkan perangkat lunak yang sesuai.

Baca Juga

Login

Dengan tampilan login(masuk) yang rapi dan stylish, anda hanya perlu klik pada username(nama pengguna) anda dan masukan password(kata sandi)-nya dan anda akan masuk ke desktop komputer. Linux Lite juga memiliki kemampuan untuk booting(menghidupkan) dan shutdown(mematikan) komputer dengan cepat.

Desktop

Tampilan Desktop Linux Lite secara default(bawaan) rapi, bersih dan sederhana. Dengan kemudahan akses pada Menu, System setting(pengaturan sistem) dan konfigurasi. Oleh karena itu, menavigasi dan melakukan komputasi di Linux Lite menjadi sederhana dan intuitif.

Menu

Kami menawarkan menu dengan label yang lebih jelas dan memudahkan anda untuk menemukan aplikasi yang anda cari. Apapun yang anda cari baik itu aplikasi teks editor maupun aplikasi untuk menyimpan data atau burning ke dalam CD, mencari dan menggunakan program yang akan anda pakai adalah hal yang mudah dilakukan di Linux Lite.

Folder

Dengan sebuah folder(direktori) untuk setiap kategori dari dokumen maupun video, menkoordinir file-file akan menjadi lebih mudah. Akses ke dalam jaringan komputer dan sistem drive pun berada dalam satu lokasi.

Task

Banyak hal yang telah dilakukan guna memberikanpengalaman komputasi di dalam Linux Lite yang cepat dan responsif.Hasilnya, terdapat banyak cadangan sumber daya untuk memenuhi kebutuhanmulti-tasking.

Bantuandan Dukungan

Bantuan dan dukungan di dalamLinux Lite menawarkan anda banyak pilihan.Anda dapat melihat rujukan ‘Help Manual'(bantuan manual) pada Menu atau  kunjungi situs http://linuxliteos.com/manual atauforum Linux Lite di http://linuxliteos.com/forum/index.php.

Instalasi

Linux Lite dapat diunduh darisitus http://www.linuxliteos.com/download.html.Jika koneksi internet anda lambat atau tidakmemungkinkan untuk mengunduh Linux Litedari internet, anda juga dapat membeliDVD Linux Lite dari laman http://www.osdisc.com/products/linux/linuxlite.
Setelahdiunduh,anda dapat menggunakan Unetbootin untuk memasang installer Linux Lite ke dalamUSB Drive(biasa dikenal Flashdisk) atau anda jugadapat memasang Linux Lite melalui perangkatDVD.
Saatanda menggunakan media instalasi USB Driver maupun DVD, anda dapat memilihuntuk booting menggunakanLive mode maupun booting untukmemasang Linux Lite ke dalam harddisksecara langsung. Live mode adalah fitur yang memungkinkan pengguna mencoba sebuah sistem operasi yang akan diterapkan tanpa harus memasangnya terlebih dahulu ke dalam harddisk.
Linux Lite berjalan sangat baik di dalam Live Mode. Jika anda ingin memasang Linux Lite ke dalam harddisk anda, klik ikon bernama “install” di pojok kiri atas tampilan Desktop. Dengan mengklik ikon tersebut, akan muncul sebuah installer yang bernama Ubiquity. Ubiquity adalah installer yang umum digunakan pada Distro Linux berbasis Ubuntu.
Installer Linux Lite mudah untuk diikuti.
Hal pertama yang dilakukan adalah memilih apakah anda akan memasang Linux Lite menggantikan sistem operasi yang ada di dalam harddisk atau berdampingan dengan sistem operasi yang ada di dalam harddisk.
Selanjutnya pilih apakah anda akan mengunduh Updates(pembaruan) saat instalasi dan menginginkan perangkat lunak pihak ketiga untuk diterapkan ke dalam sistem. Perangkat lunak pihak ketiga memungkinkan anda untuk dapat melihat video flash dan membuka file mp3.
Saat anda klik nextuntuk memasang file mulai menyalin dari DVD atau USB dan anda dapat menentukan username untuk masuk ke Linux Lite dan menentukan lokasi serta zona waktu
Instalasi Linux Lite membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Jika anda memilih mengunduh updates saat instalasi, maka kecepatan koneksi internet yang anda gunakan turut memengaruhi waktu instalasi.
Saat instalasi selesai, anda dapat melanjutkan live mode  atau anda juga dapat menghidupkan kembali komputer untuk menggunakan sistem operasi Linux Lite yang telah dipasang di sistem komputer anda.

–      Prosessor: 700 MHz ke atas baik 32bit maupun 64bit   (khusus untuk 32bit, harus mendukung PAE)
–      RAM: 512 MB
–      Harddisk: 5 GB
–      VGA yang dapat menampilkan resolusi 1024×768
– Download Linux Lite

SUMBER

Share Is Cool