Download GNS3 An advanced network simulator to design and configure virtual networks

JS NEWS – GNS3 atau Graphical Network Simulator 3 adalah emulator yang sudah sangat familiar bagi anda yang ingin mempelajari atau mengambil sertifikasi jaringan dari Cisco (CCNA, CCNP, CCIE) tak hanya itu Juniper juga bisa di emulasikan pada GNS3 untuk persiapan belajar mengambil sertifikasi Juniper (JNCIA, JNCIE). Permasalahan sekarang adalah banyak yang bingung cara menjalankan dan menggunakan software emulator ini, memang jika dibandingkan dengan simulator jaringan seperti Paket Tracer / Boson NetSim GNS3 jauh lebih rumit untuk digunakan karena GNS3 ini mengemulasikan “Real Cisco IOS” . Berikut adalah step by step menggunakan GNS3 pada komputer Windows7 32bit.Sebelum menggunakan GNS3 pastikan anda sudah mempunyai Cisco IOS dan pastikan juga spesifikasi minimum komputer / laptop yang digunakan adalah Intel Core2Duo 2.0Ghz RAM 2GB untuk bisa menjalankan GNS3 dengan 2-6Router C3700 Series
Pengertian GNS3GNS3 adalah sebuah program graphical network simulator yang dapat mensimulasikan topologi jaringan yang lebih kompleks dibandingkan dengan simulator lainnya. Program ini dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, seperti Windows, Linux, atau Mac OS X.Untuk memungkinkan simulasi lengkap, GNS3 memiliki beberapa komponen yaitu:    

a)  DynamipsDynamips merupakan software yang dibuat oleh Christophe Fillot. Software ini untuk mensimulaikan IOS router Cisco seri 1700, 2600, 3600, 3700, dan 7200. Dynamips dikembangkan untuk keperluan training, testing, eksperimen, dan menguji kualitas konfigurasi IOS pada router secara real. Software ini berbasis CLI dan tidak memiliki mode GUI sehingga harus memahami perintah-perintahnya. Dynamips mampu berjalan dibeberapa sistem operasi seperti linux dan windows.    

b)  DynagenDynagen dibuat oleh Greg Anuzelli merupakan program front-end untuk dynamips yang berfungsi untuk menyederhanakan konfigurasi dynamips.    

  c)  QemuUntuk membuat suatu simulasi jaringan di GNS3 terkadang kita memerlukan keberadaan end user device untuk keperluan test koneksi end to end sehingga simulasi routing menjadi terasa lebih realistic.Qemu merupakan aplikasi emulator yang mengandalkan translasi binary untuk mencapai kecepatan yang layak saat berjalan di arsitektur komputer host. Dalam hubungannya dengan komputer host, Qemu menyediakan satu perangkat model yang memungkinkan untuk menjalankan berbagai sistem operasi yang belum dimodifikasi sehingga dapat ditampilkan dalam hosted virtual machine monitor. Qemu juga dapat memberikan dukungan percepatan modus campuran binary translation (untuk kernel code) dan native execution (untuk user code)     

d)  WinPCAPWinPcap adalah tool standar yang digunakan pada industri untuk mengakses link-layer network pada lingkungan kerja Windows. WinPCap mengizinkan aplikasi untuk mengambil dan mentransmisikan paket-paket jaringan, serta mendukung kernel-level packet filteringnetwork statistics engine, dan remote packet capture.   

   e)  VPCSMerupakan emulator PC/nodePrinsip kerja dari GNS3 adalah mengemulasi Cisco IOS pada komputerAnda, sehingga PC Anda dapat berfungsi layaknya sebuah atau beberapa router bahkan switch, dengan cara mengaktifkan fungsi dari EthernetSwitch Card.GNS3 dirilis dalam proyek open source dan tersedia dalam berbagai platform OS, seperti Windows, Linux dan MAC OSX.

Baca Juga

Fitur-fitur yang didukung GNS3 antara lain:

  • Desain jaringan kualitas tinggi dan topologi jaringan yang kompleks.
  • Mengemulasikan berbagai platform Cisco IOS router, IPS, PIX dan ASA firewall, JUNOS.
  • Simulasi Ethernet sederhana, ATM dan Frame Relay switch.
  • Koneksi antara jaringan simulasi dengan jaringan yang sesungguhnya di dunia nyata.
  • Dapat dihubungkan ke jaringan fisik.
  • Dapat diintegrasikan dengan wireshark (tools packet capture/analyzer) untuk analisa traffic jaringan.

Kelebihan Menggunakan GNS3

  • Karena IOS nya adalah real, maka kita seakan-akan melakukan konfigurasi pada router sungguhan.
  • Kelebihan lain, GNS3 memungkinkan untuk menjalankan router high end (seri 3600, maupun 7200) yang tidak bisa dijalankan pada packet tracer.Pada GNS3 kita juga dapat menjalankan router Firewall(PIX).
  • Download SOURCEFORGE

SUMBER TRANSLATE

Share Is Cool