Dell Rilis 13 Server PowerEdge Terbaru, Apa Saja Keunggulannya?


JS NEWS – Dell Technologies memperluas portofolio produk servernya dengan menambahkan 13 server generasi terbaru di jajaran server Dell PowerEdge untuk menjawab tantangan beban kerja yang kian besar dan beragam dewasa ini. Salah satunya adalah kebutuhan untuk artificial intelligence.

Disebutkan oleh Dell, server PowerEdge rak, tower, dan multi-node generasi baru ini mengusung prosesor Intel Xeon Scalable generasi keempat. Peluncuran ini sudah mencakup pembaruan software, seperti desain Smart Flow baru, yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi energi dan biaya. Jajaran produk baru ini dirancang untuk komputasi andal di berbagai lingkungan, di data center, public cloud skala besar, dan lokasi edge. 

Jajaran server terbaru ini boleh dibilang datang dengan paket lengkap. Jeff Boudreau, President dan General Manager, Infrastructure Solutions Group, Dell Technologies, menjelaskan, server Dell PowerEdge generasi terbaru ini menawarkan inovasi yang meningkatkan standar efisiensi daya, kinerja, dan keandalan, serta menyederhanakan cara penerapan Zero Trust untuk keamanan yang lebih baik di seluruh lingkungan TI. 

Sementara Chris Kelly, Senior Vice President, Data Center Solutions, Asia Pasifik dan Jepang, Dell Technologies, memaparkan bahwa portofolio server Dell Power Edge generasi terbaru ini dihadirkan untuk menjawab kebutuhan beban kerja yang terus bertambah. 

“Perusahaan di Asia Pasifik dan Jepang harus berhadapan dengan semakin banyak data dan keputusan untuk menumbuhkan bisnis dan mengubah aktivitas operasional mereka,” ujar Kelly. Menurutnya, portofolio server terlaris di industri berdasarkan IDC Worldwide Quarterly Server Tracker for Q3 2022 ini juga akan membantu meningkatkan skalabilitas, otomatisasi, ketahanan siber, dan efisiensi energi.

Perluasan portofolio server ini juga termasuk jajaran server PowerEdge XE dengan GPU NVIDIA H100 Tensor Core dan rangkaian softwareNVIDIA AI Enterprise untuk produksi full stack platform artificial intelligence, dibangun berdasarkan pembaruan teknologi artificial intelligence dan machine learning.  

Dell PowerEdge HS5610 dan HS5620 dihadirkan untuk penyedia layanan cloud yang mengelola data center multi-vendor berskala besar. Tersedia dalam form factor 1U dan 2U, server dua soket yang akan tersedia di seluruh dunia pada bulan April ini memiliki konfigurasi cold aisle yang dapat diservis dan dilengkapi Dell Open Server Manager. 

Peningkatan Kinerja dan Pengelolaan

Server PowerEdge generasi terbaru ini juga menawarkan peningkatan kinerja, misalnya Dell PowerEdge R760 memiliki kemampuan melakukan inferensi AI hingga 2,9 kali lebih baik di prosesor Intel Xeon Scalable generasi keempat dengan Intel Deep Learning Boost dan Intel Advanced Matrix Extensions. Server yang akan tersedia di bulan Februari 2023 ini  juga menawarkan peningkatan pengguna VDI hingga 20% dan peningkatan pengguna SAP Sales & Distribution di satu server lebih dari 50%, dibandingkan generasi sebelumnya. 

BACA JUGA : Printer HP Terbaru Stitch S1000 Baru yang Tawarkan Aneka Keunggulan

Jajaran server generasi terbaru ini juga membekal software monitoring yang telah ditingkatkan dan mengusung berbagai layanan baru untuk memudahkan pengelolaan server. Salah satunya adalah Dell CloudIQ yang menggabungkan pemantauan proaktif, machine learning, dan analitik prediktif sekaligus menawarkan tampilan server yang komprehensif di mana pun server berada.

Sementara software Dell Remote Access Controller (iDRAC) akan membantu pelanggan ketika  membutuhkan peningkatan otomatisasi dan kecerdasan server.

Dirancang untuk Keberlanjutan (Sustainability)

Dell Technologies juga menggadang-gadang desain keberlanjutan yang disematkan pada jajaran server terbarunya ini. Dengan peningkatan kinerja tiga kali lipat dari server generasi ke-14, PowerEdge terbaru dapat lebih menghemat ruang tapi lebih bertenaga dan efisien. 

PowerEdge terbaru mengusung desain Dell Smart Flow yang dapat meningkatkan aliran udara dan mengurangi daya kipas hingga 52% dibandingkan server generasi sebelumnya.

Dell juga membekali dengan software Dell OpenManage Enterprise Power Manager 3.0 untuk mengelola target efisiensi dan pendinginan dengan lebih baik, memantau emisi karbon, dan menetapkan batas daya hingga 82% lebih cepat untuk membatasi penggunaan energi total. Server Dell PowerEdge generasi terbaru juga akan tersedia dengan sertifikasi EPEAT (Electronic Product Environmental Assessment Tool). Empat server akan mendapatkan sertifikasi EPEAT silver, dan 46 sistem akan mendapatkan sertifikasi EPEAT perunggu.

Keamanan Sebagai Dasar Utama 

Server PowerEdge generasi terbaru juga dijanjikan akan mempercepat adopsi Zero Trust dalam lingkungan TI perusahaan. Perangkat akan terus memverifikasi akses berdasarkan asumsi setiap pengguna dan perangkat merupakan ancaman potensial. Di sisi hardware, perangat ini juga membekal root of trust berbasis silikon, dengan sejumlah elemen termasuk Dell Secured Component Verification (SCV), membantu verifikasi keamanan rantai pasokan, dari desain hingga pengiriman.  

Rantai pasokan yang aman juga memungkinkan pelanggan untuk mempercepat pendekatan Zero Trust mereka. Dell SCV menawarkan verifikasi kriptografik komponen yang memperluas keamanan rantai pasokan ke lokasi pelanggan.

SUMBER

Share Is Cool