Daftar Aplikasi FTP Clients Terbaik untuk PC

JS NEWS – Bagi siapapun yang dalam pekerjaan sehari-hari dekat dengan urusan server, website, administrasi IT, dan jaringan, sebuah aplikasi FTP clients merupakan sebuah senjata wajib yang harus dimiliki.

Ada banyak pilihan aplikasi FTP clients yang bisa ditemukan, fiturnya juga beda-beda. Tetapi hanya ada beberapa nama yang relatif lebih bergaung ketimbang yang lain. Berikut adalah 5 aplikasi FTP clients terbaik yang bisa dipakai di PC sobat.

FileZilla
Rasanya sulit untuk tidak menempatkan FileZilla di urutan pertama. Ketika pertama kali terjun ke dunia blogging, ini adalah aplikasi FTP pertama yang saya kenal, sebelum bertemu dengan beberapa nama lainnya.

Selain mudah digunakan, FileZilla juga fleksibel karena dapat dipasang dan dipergunakan di berbagai platform, bisa di Linux, Windows dan juga OSX. Ia juga mendukung jaringan IPv6, SSH, FTPS, ada fitur resume jika gagal mengunggah file serta fitur reconnect otomatis jika sobat kehilangan koneksi di tengah unggahan. Yang terpenting, FileZilla ini tetap gratis meski punya segudang fitur yang memanjakan. Download aplikasinya di sini.

Cyberduck

Tetapi jika Anda membutuhkan pilihan aplikasi FTP clients yang sedikit lebih modern, berpenampilan menarik dan rapi, Cyberduck ini patut ada di daftar berikutnya. Cyberduck menjawab kebutuhan koneksi menggunakan protokol WebDAV, SFTP, S3, Openstack Swift, Backblaze, Google Drive, Azure, Dropbox, dan OneDrive.

Baca Juga

Beberapa daftar fitur di atas tidak dijumpai di aplikasi FTP client lain, dan Cyberduck dengan gembira menghadirkannya untuk sobat. Cyberduck bisa diunduh di situs resminya, di sini.

WinSCP

Untuk segi tampilan dan pengalaman pengguna, saya harus berikan dua jempol untuk WinSCP. Interfacenya lebih modern sehingga akan sangat cocok untuk pengguna pemula yang membutuhkan kemudahan dan kesederhanaan tatap muka. Meski begitu, fiturnya juga tak kalah baik dengan dukunga penuh pada jaringan SFTP, SSH, WebDAV, dan S3.

WinSCP tergolong pemain baru, tetapi karena ia dirancang dengan sangat baik, sejumlah penghargaan pun berhasil diraihnya. Silahkan download di sini untuk mencobanya.

FlashFXP

Mudah digunakan jadi kata kunci di aplikasi FTP client yang satu ini. Dibuat dengan baik dan dirancang oleh orang-orang yang ahli, FlashFXP mencoba menghilangkan masalah pada banyak FTP client, seperti sulit digunakan, interface yang rumit dan kuno serta dukungan cloud yang nyaris mustahil. FlashFXP menjawab segalanya di satu tempat. Download sekarang!

CrossFTP

CrossFTP jadi satu dari sedikit aplikasi FTP client untuk PC yang mendukung operasi command line. Dukungan lengkap diberikan untuk menjawab kebutuhan penyimpanan cloud, seperti di Amazon Glacier, S3, dan juga Google Drive.

Kendati reputasinya tak sementeng FileZilla atau Cyberduck, tetapi pesona CrossFTP diyakini akan berhasil menghipnotis banyak pengguna baru. CrossFTP bisa diperoleh di situs resminya, di sini.

SUMBER

Share Is Cool