D – LINK DWR – 116

d-link dwr-116Produk wireless router draft n kali ini dihadirkan oleh d – link melalui seri dwr –116. Menariknya, pada boks penjualannya terdapat logo 4gyang mengidikasikan dukungan terhadap koneksi ini.

artinya, d-link menghadirkan fitur wan failove pada perangkat ini sehingga koneksi internet tidak akan terputus karena user dapat menggunakan protokol lain sebagai back up. Jadi, jika koneksi wan terputus, user dapat dimanfaatkan modem usb dongle 3g/4g yang dapat ditancapkan pada port usb yang tersedia di router ini.

Dari sisi bentuk, wireless router ini memiliki dimensi yang sangat compact. Meski begitu, perangkat ini tetap menyertakan koneksitas esensial dengan 1 wlan port dan 4 port lan untuk koneksinya. Sayangnya, tidak terdapat tombol power on / off sehingga ketika terhubung dengan catu daya, perangkat router ini otomatis menyala.

Guna mendukung kemampuannya, dwr-116 ini menyertakan dua buah antena untuk meningkatkan kualitas sinyalnya. Antena tersebut sudah terpasang paten sehingga tidak dapat dilepas atau dipasang seperti umumnya diterapkan perangkat wireless router yang lain. Dengan demikian, user tidak dapat meng-upgrade ke antena yang memiliki spesifikasi lebih baik.

Dari sisi kemampuan, wireless router milik d-link ini cukup baik. Sayangnya, hal tersebut tidak diimbangi dengan dukungan pengaturan setup lewat driver yang tentunya lebih mudah bagi user awam. Sementara untuk proses konfigurasi melalui web, tekadang tidak berjalan dengan semestinya sehingga harus dilakukan reset dengan menekan tombol yang terletak di panel depan.

Secara keseluruhan, produk wireless router yang dihadirkan d-link ini cukup menarik dari sisi fitur dan fungsi yang dihadirkannya. Dukungan wan failover memanfaatkan koneksi 3g/4g lte mobile broadband merupakan salah satu keunggulan yang tidak dimiliki perangkat lain pada segmen yang sama. Apalagi harga yang ditawarkan cukup terjangkau, yakni berkisaran Rp 350.000.

Sumber : PCMedia Edisi :01/2016 (Diakses pada tanggal :21/03/2016 )

Share Is Cool

Leave a Reply

Your email address will not be published.