D – LINK DIR – 619L

d-link dir - 619LWireless router d-link dir – 619L merupakan pilihan router rumah yang cukup terjangkau bagi kebanyakan user. Fitur utamanya terlihat dari 3 antena penguat sinyal. Dir -619L termasuk dalam teknologi wireless N300.

Produk ini cukup simpel dengan menempatkan semua tombol, port dan smc antena yang bisa dilepas di rear panel. Panel belakang menunjukkan keleluasaan koneksitas, 4 port rj – 45 ethernet yang mendukung jaringan 10/100 base tx siap dikoneksikan ke perangkat desktop, nas maupun server terpisah. Satu port rj – 45 lagi dikoneksikan ke modem. Termasuk tombol reset dan pengaktifan sekuriti. Panel depan berjejer led indikator aktif bagi fungsi interkoneksi dan sinyal. Tidak ada tombol on / off, unit akan langsung menyala setelah mendapatkan daya dari adaptor 12v 1.25A.

Dalam paket penjualan, d-link menyertakan software setup namun kami melakukannya lewat browser online untuk menghindari kompatibilitas sistem operasi. Akses ke menu stup lebih cepat melalui browser, meski kadang mengalami stuck dan mengharuskan reset. Pastikan router telah terkoneksi ke modem, lalu buka browser menuju http://192.168.0.1 dan melakukan konfigurasi melalui panel setuo wizard atau secara manual. Pastikan username dan password untuk setting lanjutan. Setelah berhasil melakukan setting dengan benar, pastikan penempatan yang cukup lega agar fitur penguatan sinyal dari 3 natena yang disediakan tidak mubazir.

Dalam pengujian koneksitas wireless, sinyal wi-fi masih bisa dijangkau lebih dari 10m namun akan menghilang jika device client berada di lantai yang berbeda. Unit ini belum memberikan fungsi poe yang bisa digunakan repeater untuk mendapatkan sinyal sekaligus daya listrik. Meski belum menggunakan teknologi wireless generasi terakhir, perangkat ini cukup tejangkau bagi aplikasi rumahan. D-link juga menawarkan cloud storage yang bisa diakses secara virtual saat berada di luar rumah. Solusi ini cukup berguna agar terus terhubung dengan data anda. Software app mydlink tersedia bagi user ios ataupun android.

Sumber : PCMedia Edisi :01/2016 (Diakses pada tanggal :21/03/2016 )

Share Is Cool

Leave a Reply

Your email address will not be published.