Cara Menjadi Hacker Handal Bagi Pemula

JS NEWS – Menjadi seorang Hacker merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang. Karena, mereka bisa masuk ke dalam sistem komputer dengan cara menggunakan bahasa pemrograman yang menurut kebanyakan orang susah untuk di pelajari. Namun, apakah Anda berniat untuk menjadi seorang Hacker yang handal? Untuk mengenal lebih jauh tentang dunia Hacker, mari kita simak beberapa ulasan di bawah ini.

Hacker adalah seseorang yang bisa melakukan Hacking atau peretasan pada suatu sistem. Seorang hecker bisa memasuki suatu sistem dengan cukup mudah dengan cara menerobos dan bisa menganalisa ataupun memodifikasi suatu sistem tanpa diketahui identitas sang pelaku. Seorang hacker pasti memiliki keahlian lebih dalam progrmaing sehingga bisa menganalisa suatu website ataupun sistem untuk memperbaiki atau mengatasi sisi lemah dari suatu website.

Dalam dunia hacker, kita pasti pernah mendengar kata White Hat dan Black Hat bukan. Itu merupakan julukan untuk hacker yang baik dan buruk. White Hat merupakan hacker bertopi putih dalam artian hacker yang menggunakan keahliannya untuk kebaikan seperti menjaga keamanan suatu sistem, meperbaiki sisi lemah suatu website, dan memperkuat sisitem pertahanan suatu website.

Sedangkan, Black Hat merupakan hacker bertopi hitam dalam artian Hacker yang menggunakan keahliannya untuk kejahatan seperti membobol kartu kredit, masuk kedalam sebuah sistem dengan tujuan mencuri, dan kejahatan lain yang berhubungan dengan kejahatan di dunia internet. Hacker Black Hat juga bermain dalam berbagai peran seperti memodifikasi aplikasi dan menyembunyikan virus seperti malware, spyware dan selain itu di era sekarang ini lebih banyak hacker yang bermain aman melalui adware yang kemungkinan tidak akan terjerat hukum serius.

Belajar Otodidak Cara Menjadi Hacker Profesional :

Untuk menjadi seorang Hacker yang handal, Anda harus bisa menguasai beberapa hal yang akan saya ulas di bawah ini.

1. Kode Programing

Kode Programing merupakan salah satu item wajib yang harus Anda pelajari jika ingin menjadi seorang Hacker. Di sisni, Anda harus mengenal, memahami, dan menghafal beberapa bahasa pemrograman dalam bentuk kode. Bahasa pemrograman bisa anda pelajari dengan cara mendalami PHP< Javascript, C++, dan lain sebagainya, selain itu hacker juga setidaknya harus paham HTML dan CSS untuk bisa menguasai dan memahami dasar struktur dalam dunia website.

Untuk mempelajarinya, Anda bisa mencari tutorialnya di google dan sudah sangat lengkap sekali, sehingga tidak perlu khawatir ada bahasa pemrograman yang terlewat untuk di pelajari. Namun, belajar bahasa pemrograman tidak semudah membalikan telapak tangan. Seseorang akan bisa menguasainya jika di lakukan secara serius dan dengan semangat yang tinggi.

2. Software

Software atau perangkat lunak berperan penting jika Anda ingin belajar dalam dunia pemrograman. Seorang hacker harus tahu cara memperbaiki sistem yang terkena gangguan dan bisa memberi solusi serta bisa memperbaikinya. Beberpa perangkat lunak yang harus Anda pelajari agar bisa menjadi seorang hacker yang handal adalah Linux, FreeBSD, Windows, dan masih banyak yang lainnya.

Banyak sekali Artikel yang membaha tentang belajar memahami sebuah perangkat lunak yang pastinya bisa mempermudah Anda dalam belajar mengenai sebuah software. Memahami perintah yang digunakan dalam CMD Windows ataupun Terminal Console Linux merupakan hal dasar yang harus dimengerti oleh seorang hacker. Bagi anda yang ingin belajar hacking, setidaknya anda harus paham penggunaan aplikasi seperti wireshark yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan sniffing dengan mencuri password user melalui jaringan wifi. Dengan memahami cara penggunaannya maka setidaknya anda akan memiliki pengetahuan untuk bisa menghindarinya dari serangan hacker lainnya. Namun ingat jika sudah paham ilmunya jangan sekali kali gunakan untuk aktifitas yang merugikan orang lain sehingga bisa membuat anda terjerat hukum yang berlaku.

3. Jaringan dalam Sistem Komputer

Jaringan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk di pelajari. Mempelajari jaringan dalam sistem komputer berguna untuk mempermudah Anda dalam mengkonfigurasi suatu jaringan sehingga bisa dengan lancar untuk mengubah alam IP, masuk kedalam HTTPS, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk mempelajari tentang sebuah jaringan, Anda bisa belajar tentang HTTPS, IP/TCP, FTPs dan lain sebagainya.

4. Hardware Computer

Hardware merupakan perangkat keras yang cukup rentan terhadap kerusakan. Dengan mempelajari apa itu hardware, di harapkan Anda bisa memperbaiki kerusakan jika sewaktu – waktu bermasalah. Dengan mempelajari hardwere, setidaknya jika komputer milik Anda sendiri memiliki masalah tertentu, tidak usah di bawa ke tukang service dan bisa memperbaikinya sendiri sehingga bisa menghemat pengeluaran uang.

Mungkin untuk sebagian orang mengira Hacker tidak perlu mempelajari hardware, hal ini adalah pernyataan yang salah. Hardware perlu dipelajari karena jika karusakan sepele terjadi pada hardware terjadi di komputernya dan menyimpulkan hal tersebut adalah serangan virus dari hacker lain hal tersebut tentunya akan sangat memalukan, karena kemungkinan kerusakan terjadi disebabkan karena kualitas atau usia hardware pada komputer yang perlu diganti. Tidak jarang hacker juga harus memodifikasi hardware untuk mendapatkan fasilitas yang digunakan dalam aksi peretasan.

Belajar Hacking Sendiri Atau Pendidikan Formal ?

Terdapat dua macam cara untuk bisa mendapatkan pengetahuan mengenai hacking yaitu mengikuti pendidikan formal ataupun belajar sendiri secara otodidak. Tentunya anda bisa memilih yang mana yang coock bagi anda untuk memudahkan kegiatan pembelajaran tersebut dan tentunya bagi anda yang benar benar yakin bisa mengikuti dua duannya.

Pendidikan Hacking
Pendidikan Formal

Mengikuti Pendidikan Formal

Jika dilihat untuk bisa hacking dengan belajar secara otodidak akan sangat sulit jika tidak ada kemauan diri sendiri untuk belajar secara giat dan tekun. Belajar secara otodidak selalu diperlukan kemauan keras dari diri sendiri. Materi hacking yang didapat tidak serta merta membuat seseorang bisa dikatakan sebagai seorang yang ahli jika tidak mempelajarinya. Materi hacking tidak seperti pil ajaib yang mana langsung membuat seseorang seketika menjadi profesional dalam bidang tersebut. Sangat direkomendasikan bagi anda yang malas belajar sendiri untuk mengikuti pendidikan formal guna mendapatkan pengajaran yang terbaik dengan mewajibkan seseorang untuk selalu belajar. Kelebihan dari pembelajaran secara formal biasanya juga bisa dilihat dari fasilitas pembelajaran yang terpenuhi. Seperti praktik hacking dengan simulasi yang sudah disiapkan.

Kembali kepada seberapa kuat kemauan diri sendiri untuk belajar. Sekalipun mengikuti pendidikan formal seperti kursus ataupun kuliah yang membahas beberapa materi hacking, semua itu selelu dikembalikan pada diri sendiri jika seseorang benar benar ingin menguasainya maka tentunya tidak hanya menjagakan ilmu yang didapatkan dari pendidikan tersebut tetapi dia akan mau mempelajari hal hal lain dan baru seputar materi hacking untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dibidangnya.

Pembelajaran Non Formal

Pembeajaran non formal bisa didapat secara gratis dengan mengikuti suatu komunitas hacking ataupun bergabung dengan group yang membahas seputar dunia hacking. Materinyapun juga tidak jauh beda dari pendidikan formal. Sekarang ini ilmu bisa didapat gratis di internet tinggall bagaimana anda mau mempelajari dan mempraktikannya. Sayangnya jika belajar secara otodidak maka diperlukan simulasi dari biaya sendiri. Sebagai contoh dalam pembelajaran hack*ng aplikasi android maka diperlukan fasilitas berupa aplikasi sebagai simulator untuk belajar hack. Karena dalam pembelajaran hacking tidak boleh serta merta melakukan peretasan pada aplikasi orang yang akan membuat pelaku yang ketahuan bisa terjerat oleh Hukum Pidana. Contoh yang lain biasanya pendidikan formal juga akan menyediakan simulasi hack website yang tentunya menggunakan server sendiri sebagai kegiatan pembelajaran, sehingga kegiatan pembelajaran akan terhindar dari jeratan hukum.

Baca Juga

Materi Belajar Bagi Pemula

Bagi anda yang ingin bisa terjun ke dunia hacking lebih lanjut maka setidaknya harus paham dan menguasai beberapa hal paling dasar seperti beberapa hal yang akan dijelaskan dibawah ini. Beberapa pembelajaran dibawah ini pada dasarnya bukan teknik hacking tetapi merupakan gerbang dimana melatih logika anda untuk bisa menyelesaikan masalah yang nanti akan ditemukan dalam aktifitas hacking dikemudian hari.

Logika Pemrograman
Logika Pemrograman

1. Troubleshooting

Troubleshooting merupakan langkah yang dilakukan untuk menganalisis dan menyelesaikan suatu masalah. Mungkin bagi kebanyakan orang akan mengira hal ini sangat aneh karena seharusnya seorang hacker merusak bukan malah memperbaiki. Idealnya dengan mengetahui cara memperbaiki maka juga akan memhami cara merusak dan menemukan celah yang mana tidak bisa diperbaiki lagi.

2. Modding

Hack mencakup banyak hal seperti melakukan peretasan pada Website, Aplikasi, Game, dll. Hacking yang dilakukan pada suatu game biasanya pelaku dikatakan sebagai Cheater. Memodifikasi game pada dasarnya merupakan tindakan ilegal apalagi kalau yang di modifikasi adalah script seperti point pada game tersebut yang dibuat unlimited atau tidak bisa habis, tentunya hal ini akan sangat merugikan developer jika game yang dihack adalah game online.

Jika anda ingin belajar modding, maka langkah awal belajar bisa mencoba melakukan modifikasi pada Android yang mungkin akan membuat smartphone yang sudah dimodifikasi kehilangan syarat garansi pabrik. Jika anda ingin memodifikasi game pastikan game yang dimodifikasi bukan game online karena biasanya game online mempunyai peraturan khusus yang membuat anda bisa terjerat hukum sekalipun hanya melakukan modifikasi yang mungkin tidak merugikan pengembang game contohnya seperti memodifikasi mengubah skin.

Hal diatas merupakan cara yang paling sederhana untuk bisa mengenal dunia hacker. Dalam dunia hacking yang sebenarnya tentunya anda harus banyak mempelajari bahasa pemrograman dan mengetahui algoritma cara bekerja suatu program. Selain memahami berbagai pengetahuan di atas yang tidak kalah penting yaitu logika untuk bisa menemukan dan memecahkan suatu masalah.

Pekerjaan Hacker White Hat 

Topi Putih
White Hat Hacker

Hacker White Hat tidak melakukan hal yang merugikan pengembang suatu aplikasi. Tujuannya dalam meretas biasanya hanya digunakan untuk mencoba menemukan dan mencari celah pada aplikasi untuk dilaporkan kepada Developer aplikasi tersebut. Hacker White Hat dibayar oleh pengembang aplikasi ketika bisa menemukan dan membuat bug dengan melaporkannya secara pribadi kepada pengembang aplikasi yang bersangkutan. Biasanya tidak disebut bayaran tetapi hadiah yang nilainya cukup tinggi, apalagi jika bisa menemukan celah pada aplikasi, webiste ataupun game yang populer dan melaporkannya.

Setelah mempelajari hal tersebut di atas, di harapkan bisa menjadi langkah awal Anda untuk menjadii seorang hacker yang profesional. Walaupun cukup sulit untuk di pelajari dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit, dengan semangat dan pantang menyerah saya yakin Anda bisa menguasainya dengan lancar tanpa adanya kendala yang serius.

Untuk mempermudah mempelajari beberapa hal yang harus anda kuasai di atas, sebaiknya bergabung pada komunitas tertentu yang memang ada sangkut pautnya dengan dunia hacker. Namun, perlu di perhatikan bahwa Anda harus benar – benar memilih komunitas yang benar dan tepat agar tidak terjerumus ke dalam aliran Black Hat.

Jika sudah menguasai bahasa pemrograman, jangan sekali – kali menggunakan keahlian tersebut untuk hal – hal yang berbau kriminal. hal tersebut bisa merugikan banyak orang ataupun negara sekalipun. Pergunakanlah pengetahuan yang sudah Anda dapatkan untuk di gunakan dalam hal kebaikan, atau bahkan bisa menjadi pekerjaan utama Anda yaitu menjadi seorang yang mengawasi, memperbaiki, dan menjaga suatu sistem perusahaan dengan bayaran yang tidak sedikit.

SUMBER

Share Is Cool