Cara Menghasilkan Uang di YouTube Selain dari Google Adsense

JS NEWS – Salah satu cara menghasilkan uang di YouTube adalah dari Google Adsense, sudah jadi rahasia umum. Tapi, apa yang terjadi jika pendaftaran Adsense Anda ditolak atau kena strike berkali-kali sehingga video tidak bisa dimonetasi?

Maka, solusinya Anda harus mau dan kreatif mencoba beberapa cara menghasilkan uang selain dari Adsense berikut ini.

Endorse

Di samping Google Adsense, endorse adalah skema monetasi yang paling umum dan mudah dilakukan. Tantangannya terletak pada persaingan, di mana Anda harus bersaing dengan banyak YouTuber dari kalangan artis yang tentu punya daya jual lebih baik.

Tapi, Anda bisa bermain di ceruk yang berbeda dengan mereka dengan menyasar brand atau perusahaan yang skalanya masih kecil hingga menengah yang memiliki budget terbatas.

Affiliate

Cara monetasi YouTube berikutnya bisa dengan mengikuti program affiliate baik lokal maupun internasional. Untuk affiliate lokal, bisa coba di daftar ini, dan untuk affiliate global bisa ikut Amazon, Etsy atau hosting luar negeri seperti Hostagtor, Bluehost dan lain sebagainya.

Konsep Affiliate sederhananya sama dengan makelar, di mana Anda akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang terjadi. Besaran komisi bervariasi tergantung vendor dan harga barang.

Review Produk

Review termasuk salah satu alternatif menghasilkan uang dari YouTube walaupun jumlahnya relatif kecil, tidak rutin dan bukan berupa uang tunai. Skema ini sederhana, di mana Anda akan diminta untuk mereview produk tertentu, kemudian produknya bisa Anda miliki entah untuk dipakai sendiri atau dijual.

Walaupun tidak semua brand akan memberikan produknya, sebagian juga hanya memberikan pinjaman untuk jangka waktu tertentu. Tapi, Anda bisa melakukan filter dan memastikan produk yang direview menjadi salah satu sumber monetasi.

Channel Berlangganan

Dari namanya tentu tak sulit memahami maksud dari program ini. Jadi, di program ini Anda dapat menerapkan sistem berbayar bulanan untuk siapa saja yang ingin mendapatkan akses ke konten-konten yang diterbitkan di kanal Anda.

Baca Juga : 6 Tips Membuat Konten Video untuk YouTube Menggunakan Smartphone

Program ini juga ditawarkan oleh internal YouTube, namun seperti halnya Adsense, Anda harus memenuhi beberapa syarat untuk bisa tergabung di dalamnya

SUMBER

Share Is Cool