Cara Ampuh Menghilangkan Virus Shortcut di Flash Disk Maupun Komputer

JS NEWS- Meskipun banyak yang berpendapat tidak berbahaya, virus shortcut bisa sangat mengganggu. Padahal di sekitar saya, jenis virus ini menjadi virus yang paling sering menyerang orang-orang.

Dengan memodifikasi folder, menyembunyikan dan menggantinya dengan file shortcut berekstensi .ink, virus semacam ini kadang-kadang berhasil menipu para pengguna komputer, yang tidak jarang banyak pengguna awam di antaranya.

Serangan virus ini tidak hanya membuat pengguna kesulitan menemukan data yang disimpannya, tetapi kadang-kadang juga membuat para pengguna bisa mengunduh varian virus lain saat file .ink tersebut dibuka. Alhasil, banyak pengguna yang kelimpungan saat virus ini menyerang.

Padahal jika mereka tahu, cara untuk membasminya cukup mudah untuk dilakukan. Nah, supaya kamu tidak seperti itu, berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan virus tersebut saat menyerang flash disk atau komputer.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flash Disk

Untuk menghilangkan virus di flash disk, tancapkan perangkat tersebut ke komputer seperti biasanya. Selanjutnya masuk ke dalam direktorinya melalui File Explorer, lalu buka halaman Folder Options.

Baca Juga: Lima Tips Buat Siaran Podcast Supaya Viral

Bagi pengguna Windows 7 atau Windows 8, kamu bisa membuka Folder Option dengan mengetuk Organize dan memilih Folder and search options. Sementara bagi pengguna Windows 10, kamu bisa membukanya dengan memilih View dan mengetuk Options.

Setelah menu Folder Option terbuka, masuk pada tab View. Kemudian, cari dan aktifkan opsi Show hidden files, folders, and drives, serta hapus checklist untuk opsi Hide extentions for known file types dan Hide protected operating system files (Recommended) pada bagian Advanced settings. Apabila muncul peringatan, klik saja opsi Yes.

Dengan cara ini seharusnya folder yang disembunyikan akan muncul kembali, namun biasanya folder tersebut masih dalam mode file tersembunyi. Untuk menormalkannya dan menghapus virus shortcut, kamu membutuhkan bantuan dari Command Prompt dalam mode Administrator.

Bagi yang belum tahu, kamu bisa membuka Command Prompt dengan menekan tombol Windows lalu ketikan CMD. Namun sebelum memilih opsi Command Prompt yang muncul, klik kanan pada opsi tersebut dan pilih Run as administrator.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flash Disk

Buka direktori flash disk di Command Prompt dengan mengetukan direktori: lalu diikuti dengan menekan tombol enter. Misalnya, direktori flash disk terletak pada F (bisa juga G atau H), kamu cukup mengetikan F: lalu menekan enter.

Setelah masuk, kemudian ketikan perintah del *.lnk s/ d/ diikuti tombol enter. Namun jika gagal atau muncul pesan eror saat mengeksekusinya, kamu bisa coba menggunakan perintah del *.lnk saja.

Selanjutnya, ketikan perintah attrib -s -h -r -a *.* /s /d dan tekan enter. Apabila tidak bisa, coba gunakan perintah yang sama, hanya saja dengan memilih salah satu, baik /s atau /d saja.

Langkah terakhir jika semua langkah di atas telah berhasil, buka kembali menu Folder Option, lalu kembalikan opsi yang diubah sebelumnya ke pengaturan awal.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Komputer

Jika yang diserang adalah komputer atau laptop, kamu bisa mengatasinya dengan membuka System configuration. Caranya, ketuk tombol Windows, lalu ketikan msconfig, lalu klik pada opsi System configuration.

Dari halaman System configuration, masuk ke dalam tab Startup lalu pilih opsi Open Task Manager. Setelah masuk ke Taks Manager, kemudian buka tab Startup lalu cari nkvasyoxww.vbs. Jika sudah ketemu, klik kanan lalu pilih Disable.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Komputer

Atau jika cara tersebut belum menunjukkan hasilnya, kamu bisa membuka folder %temp% dengan mengetuk tombol Windows lalu menuliskan %temp% dan memilih folder yang muncul dari pencarian. Setelah folder tersebut terbuka di File Explorer, cari file nkvasyoxww.vbs lalu hapus file tersebut.

Selain menggunakan cara-cara di atas, kamu juga bisa memanfaatkan Antivirus yang reliabel untuk menyelesaikan masalah ini. Bahkan dengan memasang antivirus, kamu juga bisa mengantisipasi masalah ini muncul kembali.

SUMBER

Share Is Cool