Canon PIXMA TS8270: Multifungsi yang Bisa Cetak Stiker Kuku

JS NEWS – Sekilas, Canon PIXMA TS8270 mirip dengan printer multifungsi lainnya. Selain sebagai printer, perangkat ini juga memiliki fungsi sebagai pemindai (scanner) serta pengganda dokumen (foto copy). Tapi ada satu fungsinya yang unik dan cukup menarik, khususnya bagi para wanita, yaitu untuk mencetak hiasan pada stiker kuku.

Bicara fisik, perangkat ini memiliki dimensi yang terbilang standar dan cukup kompak untuk printer multifungsi dengan ukuran kertas A4. Untuk mengendaliannya, terdapat panel di bagian depan yang bisa diatur dengan cara ditekuk ke atas. Pada panel tersebut terdapat tombol fisik Power serta layar LCD warna berukuran 4,3 inci berbasis layar sentuh yang cukup responsif.

Dari layar ini, pengguna bisa melakukan berbagai pengaturan serta menjalankan fungsi untuk memindai serta menggandakan dokumen. Perangkat ini mendukung koneksi kabel melalui port USB dan nirkabel yang dukung koneksi WiFi dan bluetooth. Tersedia pula slot card reader yang ingin mencetak langsung tanpa perlu terhubung ke komputer atau laptop terlebih dahulu. Sedangkan untuk memindai dan menggandakan dokumen dilakukan dari flatbed.

Perangkat ini menyediakan tiga pilihan penampung kertas. Baki bagian belakang dan kaset yang sama-sama mendukung kertas A4 dan Letter hingga 100 kertas, serta tray multiguna yang menampung kertas khusus untuk stiker kuku dengan daya tampung satu lembar.

Baca Juga : Printer Mini Canon Cetak Foto dari Ponsel, Dijual Rp 2 Jutaan di Indonesia

Untuk mencetak hiasan kuku, diperlukan kertas khusus yaitu printable nail stickers yang mesti dibeli terpisah. Bagi yang pertama kali mencoba, proses cetak melalui tray multiguna memang agak berbeda dan membingungkan. Tray ini ditempatkan dibawah rak output, ambil tray dan masukkan kertas khusus. Lalu pasang tray tersebut dibagian atas rak output (dan bukan ditempat semula). Selanjutnya lakukan pencetakan dari aplikasi Android Nail Sticker Creator. Ya, untuk mencetak stiker kuku, memang hanya bisa dilakukan melalui aplikasi Android saja.

Sedangkan untuk fungsi cetak, pindai, dan gandakan dokumen, bisa dilakukan dari komputer/laptop atau dari smartphone. Khusus untuk smartphone Android, pengguna bisa menggunakan aplikasi Canon PRINT Inkjet/SELPHY yang bisa didapat dari App Store maupun Google Play.

Asiknya, koneksi direct print tidak hanya bisa dilakukan melalui WiFi saja tetapi juga bluetooth. Ini membuat koneksi ke internet dan ke printer bisa dilakukan bersamaan sehingga lebih mudah dan praktis. Meski demikian ini hanya berlaku pada aplikasi dari Canon PRINT Inkjet/SELPHY sedangkan pada aplikasi Nail Sticker Creator, koneksi nirkabel hanya berlaku menggunakan koneksi WiFi.

Dengan tujuan agar tidak terjadi kesalahan saat mencetak, printer ini memiliki banyak sensor. Misalnya dalam hal ketersediaan kertas, printer akan mendeteksi apakah sudah terpasang kertas dengan benar dan sesuai ukuran pada masing-masing penampung kertas. Jika baki kosong atau ukuran kertas tidak sesuai, maka akan ditampilkan informasi pada layar panel beserta hal yang mesti dilakukan. Begitu pula dengan informasi lainnya, seperti kapasitas tinta yang menipis atau kesalahan lain yang langsung dicarikan solusinya dengan menampilkan pesan yang informatif.

Cetak, pindai, dan gandakan dokumen secara nirkabel bisa melalui aplikasi aplikasi Canon PRINT Inkjet/SELPHY, sedangkan untuk stiker kuku bisa menggunakan aplikasi Nail Sticker Creator.

Cetak, pindai, dan gandakan dokumen secara nirkabel bisa melalui aplikasi aplikasi Canon PRINT Inkjet/SELPHY, sedangkan untuk stiker kuku bisa menggunakan aplikasi Nail Sticker Creator.

Cetak kuku dilakukan melalui tray mutiguna dan menggunakan kertas khusus printable nail stickers yang dijual secara terpisah.

Cetak kuku dilakukan melalui tray mutiguna dan menggunakan kertas khusus printable nail stickers yang dijual secara terpisah.

Kesimpulan

Canon PIXMA TS8270 merupakan printer multifungsi yang cocok digunakan untuk kebutuhan keluarga. Selain bisa cetak, pindai, dan gandakan dokumen untuk tugas sekolah hingga pekerjaan kantor, Anda juga bisa bersenang-senang dengan tambahan fitur untuk cetak stiker kuku.

Baca Juga : Canon PIXMA TR4570s, Printer All-In-One Harga Terjangkau

Plus: Bisa cetak stiker kuku, nirkabel dukung Wi-Fi dan Bluetooth, dukung pictbridge, hasil cetak rapi serta gradasi warna yang halus, cetak langsung dari smartphone.

Minus: Proses on/off yang memakan waktu, panel yang menghalagi pandangan kaset/tray multiguna, mekanisme operasional yang membuat proses kurang gegas.

Spesifikasi

Teknologi cetakInkjet warna
FungsiPrint, copy, scan
Resolusi4800 x 1200 dpi
Kapasitas kertas (belakang/kaset/tray multiguna)A4, Letter:100 lembar/A4, Letter:100 lembar/1 lembar
Jenis kertasTray belakang: Kertas Polos, High Resolution Paper, Photo Paper Pro Platinum, Photo Paper Pro Luster, Photo Paper Plus Glossy II, Matte Photo Paper, Glossy Photo Paper “Everyday Use”, Photo Paper Plus Semi-Gloss, Photo Paper Plus Glossy II, Photo Stickers, Removable Photo Stickers, Magnetic Photo Paper.Kaset: Kertas PolosTray multiguna: Printable Nail Sticker, Plastic ID Cards.
Teknologi scannerFlatbed
Resolusi scanner (optis)2400 x 4800 dpi
Kedalaman warna (input/output)Greyscale: 16/8 bit, Colour: RGB
Pilihan kualitas gambar copyDraft, standard, high
Fasilitas copy9 posisi, Auto intensity (AE copy), multiple copy hingga 99 lembar
KoneksiWiFi b/g/n, USB 2.0 Hi-Speed, bluetooth, pictbridge
Sistem operasiWindows dan Mac OS X
Bobot6,6 kg
Dimensi (plt)373 x 319 x 140 mm
Konsumsi daya (off/standby/aktif)0,3/1,1/16 watt
Situs Webhttps://id.canon/
Harga tinta*PG780 Black (Standar/XL): Rp251.000/Rp393.200
CLI-781 Colour (Standar/XL): Rp226.600/Rp339.900
Photo Paper Square/Nail Sticker: Rp93.500/Rp220.000
Harga kisaran*Rp3.750.000

SUMBER

Share Is Cool