BENQ XL2730Z

BenQ kembali menghadirkan monitor jenis gaming yang kali ini datang ari seri XL2730Z. Sesuai penamaanya, monitor ini hadirdengan ukuran layar 27 Inch dengan menggunakan resolusi QWHD 2.50×1440. BenQ XL2730Z ini juga memiliki refresh rate yang cukup tinggi, yakni 144 Hz sehingga mampu memberikan visual yang lebih smooth.

Dengan dukungan refresh rate yang tinggi ini, kendala seperti tering dan stuttering yang kerap terjadi karena perbedaan nilai frame rate antara monitor dan video card dapat dihilangkan. Apalagi monitor BenQ ini sudah mendukung teknologi AMD FreeSync yang memang diciptakan secara khusus untuk mengatasi kendala tersebut.

Dari sisi tampilan, suguhan visual yang diperlihatkan oleh monitor ini cukup baik. Namun, secara pribadi kami merasakan tampilan yang terlalu kontras, padahal modus yang kami gunakan adalah preset default. Selain itu, viewing angel pada posisi vertikal menampilkan warna yang sedikit terdispersi. Hal ini dijelaskan dari informasi spesifikasi. Adapun viewing angle pada posisi vertikal memiliki batas hingga 1600. Hal ini dimaksudkan agar dapat memberikan tampilan visual yang lebih jelas.

Beralih ke sisi desain, BenQ XL2730Z hadir dengan rancangan yang cukup baik. Pemosisian layar dapat dilakukan untuk menentukan orientasi yang diinginkan. Anda dapat mengarahkan layar ke kiri maupun kanan. Anda juga dapat memosisikan ketinggian layar dengan mudah. Tidak seperti seri XL2420G, XL2730Z ini memiliki poros sehingga layar monitor dapat diputar untuk modus landscape maupun potrait.

Fungsi kontrol sepenuhnya bisa diakses pada bagian sisi kanan monitor ini melalui enam buah button yang berderet. Selain itu, terdapat pula S Switch Arc, yang merupakan kontrol untuk mengubah profile monitor, dan dapat diakses melalui tombol terpisah, serta terhubung melalui koneksi USB. Dengan S Switch Arc, user dengan mudah dapat mengubah pengaturan monitor secara cepat, dan disesuaikan dengan game yang anda mainkan.

Sumber: PC Media edisi 12/2015 (diakses tanggal: )

Share Is Cool

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *