Begini Cara Video Call 50 Orang di WhatsApp Web via Messenger Rooms

JS NEWS- Sejak Mei lalu, pengguna WhatsApp versi Beta sudah bisa melakukan panggilan video dengan 50 orang peserta melalui Messenger Rooms.

Fitur tersebut kini tersedia untuk WhatsApp versi web yang dapat diakses lewat alamat web. whatsapp.com dan aplikasi WhatsApp desktop (PC).

Lantas bagaimana cara menggunakan Messenger Rooms di WhatsApp?Pertama, untuk pengguna WhatsApp desktop, pastikan update ke versi terbaru yakni 2.2031.4. Untuk memulai panggilan video, pengguna dapat memilih menu titik tiga di sudut kanan atas yang sejajar dengan foto profil pengguna, tombol chat, dan status.

Kemudian di dalam menu titik tiga tersebut akan tersedia beberapa opsi, pengguna dapat memilih menu “Create a Room”.Setelah diklik, layar akan menampilkan pop-up pemberitahuan untuk melanjutkan ke halaman Messenger, pengguna dapat memilih opsi “Lanjutkan dengan Messenger” untuk mulai melakukan panggilan video.

Setelah mengklik opsi tersebut, pengguna akan dibawa ke sebuah halaman baru untuk login ke akun Facebook miliknya. Dalam halaman tersebut akan menu untuk memasukkan email dan kata sandi Facebook.Setelah masuk, pengguna akan ditujukan ke sebuah halaman yang menyediakan link khusus yang dapat disalin untuk mengundang pengguna lain.

Setelah pengguna lain mengklik tautan tersebut, pengguna bisa langsung bergabung dalam messenger video.

Baca Juga

Selain cara di atas, pengguna WhatsApp web dan desktop juga bisa langsung mengajak pengguna lain untuk bergabung di video conference tanpa menggunakan link.

Caranya, buka chat dengan pengguna yang akan diajak video call, kemudian tekan tombol lampiran berbentuk klip kertas di sudut kanan atas.

Setelah mengklik logo berbentuk klip kertas, pengguna dapat memilih opsi pilihan “Room” yang berbentuk seperti gambar kamera dari arah samping.

Setelah diklik, layar akan menampilkan pop-up pemberitahuan untuk melanjutkan ke halaman messenger, pengguna dapat memilih opsi “Lanjutkan dengan Messenger” untuk membuat room.

Tahap selanjutnya akan sama seperti cara pertama. Pengguna harus login ke akun Facebook masing-masing. Kemudian, pengguna akan diarahkan ke halaman tunggu.

Di sana ada juga link yang dapat dibagikan. Cara kedua ini juga dapat dilakukan untuk panggilan grup. Pengguna cukup masuk ke dalam grup chat yang ada di WhatsApp, dan melakukan langkah-langkah yang sama.

Dirangkum News18, Messenger Rooms diluncurkan Facebook untuk membantu pengguna berkomunikasi selama pandemi Covid-19. Selain WhatsApp, Facebook juga konon akan mengintegrasikan Messenger Rooms ke dalam Instagram.

SUMBER

Share Is Cool