Bandel, Malware Android Ini Tak Hilang Meski Sudah Lakukan Reset Pabrikan

JS NEWS – Maraknya malware pada smartphone bukanlah hal baru, dan biasanya cara efektif untuk menghapus malware yakni dengan Factory Data Reset (mengatur ulang ponsel Anda) kembali ke keadaan semula seperti ketika baru, sayangnya ada malware Android terbaru yang masih “membandel” dan dapat bertahan meskipun Anda telah melakukan Factory Data Reset. Waduh….

Malware yang dijuluki xHelper ini adalah malware yang bukan mencuri informasi ponsel Anda atau sesuatu yang sensitif, melainkan dirancang untuk terus menayangkan iklan-iklan yang bersifat spam. Ada satu fitur yang sangat berbahaya dari malware, di mana malware ini mengunduh dan menginstal aplikasi atas nama Anda.

Tidak berhenti di situ, seperti yang kami katakana sebelumnya, malware ini tidak dapat dihapus atau tetap bertahan bahkan jika Anda mengatur ulang ponsel di Factory Data Reset. Menurut perusahaan keamanan seperti Symantec dan Malwarebytes, mereka percaya bahwa alasan mengapa aplikasi ini begitu kuat dan bandel adalah karena aplikasi sistem yang mungkin telah dikompromikan oleh si pengguna smartphone itu sendiri.

Baca Juga : Waspada, Malware Android Bisa Rekam Aktivitas Pengguna

Mengingat bahwa aplikasi biasanya re-installed saat reset pabrik, itu berarti bahwa bahkan jika malware telah dihapus saat Factory Data Reset, aplikasi sistem akan “mengunduh ulang” dan “memanggil” malware ini lagi. Sepertinya sejauh ini belum ada cara khusus untuk mencegah malware tersebut. Dan cara terbaik bagi  Anda adalah menghindari aktivitas mengunduh dan menghindari situr- situs web yang mencurigakan, sampai solusi dari malware ini ditemukan.

SUMBER

Share Is Cool