ASUS ROG UMUMKAN LAPTOP GAMING PERTAMA DENGAN GPU AMD RADEON RX6800M, ASUS ROG STRIX G15 DAN G17 ADVANTAGE EDITION

JS NEWS – ASUS ROG Strix G15 dan G17 Advantage Edition dikabarkan akan rilis tahun ini.

Divisi gaming dari ASUS, Republic of Gamers (ROG) mengumumkan dua laptop terbaru mereka pada 2 Juni kemarin. Laptop bernama ROG Strix G15 dan G17 Advantage Edition dikabarkan akan rilis pada tahun ini. Saat ini, harga dari kedua laptop ROG baru ini masih belum diketahui.

G15 dan G17 Advantage Edition merupakan laptop pertama yang menggunakan GPU mobile terbaru keluaran AMD, RX 6800M. CPU yang digunakan laptop ini adalah AMD Ryzen 9 5900HX. Jumlah RAM yang dimiliki oleh laptop ini adalah 32GB DDR4 dengan speed 3200Mhz. ASUS juga memberikan SSD NVMe dengan ukuran sampai 1TB untuk penyimpanan yang super cepat.

AMD RX6800M menggunakan arsitektur RDNA 2 dan menjanjikan performa yang setara dengan PC desktop. GPU ini merupakan tipe tertinggi dari seri RX6000M. GPU mobile keluaran AMD ini diklaim dapat menjalankan game dengan settingan grafis rata kanan, ray tracing, serta resolusi layar 1440p dan masih memperoleh hingga 120 FPS.

Image Credit: AMD

CPU AMD Ryzen 9 5900HX juga merupakan tipe tertinggi dari Ryzen seri 5000. Processor mobile ini memiliki 8 core dan 16 threads dengan base clock 3,3Ghz serta boost clock sampai 4,6Ghz.

Laptop ini memiliki teknologi terbaru AMD Smartshift dan Smart Access Memory. Kedua teknologi ini membantu CPU dan GPU untuk berkerja lebih optimal. Smartshift memiliki tugas menyeleksi daya yang akan masuk ke CPU dan GPU tergantung kebutuhan. Teknologi ini disebut meningkatkan performa hingga 15%. Lalu, Smart Access Memory meningkatkan data transfer dari CPU dan GPU, sehingga dapat meminimalisir bottleneck.

ASUS ROG Strix G15 dan G17 Advantage Edition ini mendapatkan dua pilihan layar. Antara layar FHD dengan refresh rate 300Hz atau layar WQHD dengan refresh rate 165Hz. Keduanya memiliki response time 3ms serta mendukung AMD FreeSync.

Image Credit: ASUS ROG

Menariknya, pendinginan G15 dan G17 ini tidak seperti laptop pada umumnya. Jika laptop-laptop gaming lain di pasaran menggunakan thermal paste biasa, laptop ROG terbaru ini menggunakan liquid metal thermal compound pada CPU dan GPU-nya. ROG mengklaim penggunaan liquid metal sebagai thermal compound ini menurunkan suhu hingga 14°C.

Pengisian daya baterai laptop gaming ini cukup cepat. Quick charging dari 0% sampai 50% dapat tuntas dalam waktu 33 menit. ASUS menyematkan baterai dengan kapasitas 90Wh di kedua laptop. G15 dan G17 ini dapat menerima daya lewat port USB tipe C sampai 100W.

Image Credit: ASUS ROG

Baca Juga : ASUS Luncurkan PC ExpertCenter D3 Tower dan D5 SFF untuk Pebisnis

Untuk audio, kedua laptop ini memiliki dua speaker menghadap ke arah pengguna yang terletak di belakang keyboard. Kedua speaker ini dikonfigurasi oleh Dolby Atmos dan mendukung5.1.2-channel surround sound. Laptop-laptop dari ROG ini juga memiliki AI noise cancelation dua arah untuk mengurangi kebisingan yang tidak diinginkan pada microphone.

Sebagai laptop gaming, ASUS ROG tidak lupa menambahkan RGB pada bagian keyboard dan luar laptop. Lampu RGB ini dapat diatur dengan Armor Caps maupun Aura Sync.

SUMBER

Share Is Cool