Arla Produsen Susu Terbesar di Eropa Yang Berbasis Koperasi

JS NEWS – apa sih yang ada di benak Anda kalau mendengar kata “Skandinavia”? Rumah minimalis? Gaya atau desain interior yang sedang kekinian? Tidak salah, sih. Negara-negara Skandinavia (Swedia, Denmark, dan Norwegia) beserta negara Nordik yang jadi tetangganya (Finlandia dan Islandia misalnya) memang terkenal dengan kepiawaian desain yang bersih, sederhana, dan fungsional tanpa mengorbankan keindahan. Tapi sebenarnya, bukan cuma itu hal yang perlu kita tahu. Karena masih banyak hal lain yang menarik dan bisa kita pelajari dari mereka. Tunjuk saja Denmark, negara Skandinavia yang kebanyakan dari lahannya digunakan untuk pertanian.

Negara kerajaan ini sangat terkenal dengan peternakan sapi dan industri susu sejak berabad-abad yang lalu. Mengutip laman resmi Danish Agriculture & Food Council, sejarah peternakan sapi mereka berasal sejak bangsa Viking dari Denmark mulai memelihara sapi dan mengolah susu menjadi mentega dan keju. Memasuki masa industrialisasi, para peternak susu di Denmark mulai bergabung dalam koperasi-koperasi yang lalu memasok seluruh produk susu ke seluruh negeri dan negara-negara tetangganya. Hingga akhirnya, dunia mengenal Denmark sebagai produsen susu maupun berbagai produk olahan susu lainnya yang bermutu tinggi.

Nah, kalau bicara soal Denmark dan susu, berarti kita perlu bicara soal perusahaan susu intenasional yang bernama Arla Foods, . Pasalnya 90 persen pasokan susu di Denmark, berasal dari mereka! Arla juga merupakan salah satu produsen susu terbesar di Eropa dan diakui sebagai produsen susu organik terbesar di dunia.”Ya, kami bangga menjadi salah satu pemain terkuat di industri susu dunia dengan rangkaian produk berkualitas tertinggi,” ujar Mark Boot, Vice President dari Arla Foods untuk wilayah Asia Tenggara di suatu jamuan makan malam di Jakarta, April lalu.

Baca Juga

Mark menjeaskan, Arla telah menjangkau lebih dari 120 negara dan menyediakan ragam produk mulai dari susu, mentega, keju, yoghurt, susu bubuk, susu UHT dan lain-lain. Dimiliki oleh oleh 10.300 peternak koperasi dari Denmark, Swedia, Inggris Raya, Jerman, Belgia, Luxembourg dan Belanda, Arla punya program jaminan kualitas produk susu yang disebut Arlagården.”Dengan Arlagården kami bertanggung jawab bahwa susu diproduksi secara bertanggung jawab dan memiliki standar kualitas tinggi,” ujar Irene Quist Mortensen, Senior CSR Business Partner Arla, di kantor pusat Arla, di Viby J, Denmark.

Landasan Arlagården yang pertama adalah komposisi susu. Arla selalu memastikan komposisi lemak, protein, mineral, dan konstituen penting lainnya dalam susu harus normal. Susu juga harus terasa enak, segar dan produk akhirnya bisa memenuhi kebutuhan serta keinginan konsumen.

Berkenalan dengan Arla, Salah Satu Produsen Susu Terbesar di Eropa (5)
Susu Arla Foto: Shutterstock

Yang kedua, keamanan pangan. Karena menawarkan produk pangan berbasis susu, Arla memastikan standar keamanan pangan mulai dari peternakan. Susu tidak boleh mengandung zat yang tidak sehat atau tidak aman bagi konsumen. Mereka juga menjaga ketat kebersihan, mulai dari kebersihan kandang ternak, proses memerah, hingga susu diolah, dikemas dan didistribusikan ke konsumen untuk menghindari risiko infeksi.

Berkenalan dengan Arla, Salah Satu Produsen Susu Terbesar di Eropa (6)
Anak sapi yang terawat di dalam kandang yang bersih dan sehat di peternakan Arla Foto: Imesh

Kesejahteraan hewan adalah standar Arlagården yang ketiga. Semua kebutuhan fisiologis dan perilaku dasar hewan, yang akan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan ternak mereka betul-betul diperhatikan. Semua sapi harus sehat dan bahagia. Sapi-sapi di peternakan Arla dipastikan dipelihara dan dirawat di lingkungan yang ramah-hewan.Kenapa sapi harus bahagia? Dilansir Science Daily, European Society of Endocrinology juga menjelaskan bahwa serotonin (bahan kimia yang muncul secara alami dalam tubuh saat merasa bahagia) berperan dalam mempertahankan kadar kalsium dalam susu sapi perah. Inilah kenapa sapi perah yang bahagia dapat menghasilkan susu yang lebih bergizi.

Berkenalan dengan Arla, Salah Satu Produsen Susu Terbesar di Eropa (7)
Seorang mitra peternak Arla Foods menjelaskan landasan Arlagården yang ia jalankan Foto: Imesh

Landasan Arlagården yang keempat adalah pertimbangan lingkungan. Arla berusaha keras untuk mendorong produksi yang ramah lingkungan dan menghormati alam di peternakan-peternakan mereka. Mereka berambisi melindungi lingkungan maupun lanskap budaya di sekitarnya antara lain dengan mengoptimalkan pemanfaatan nutrisi dan berupaya menggunakan hanya bahan kimia berbahaya minimum berdasarkan prinsip penilaian risiko.”Landasan Arlagården ini diusahakan, dijaga dan didokumentasikan secara terus menerus,” Irene menjelaskan, “Kami mencatat tentang peternakan, ternak, dan sapi mereka masing-masing ke dalam basis data Arlagården. Tidak hanya soal kualitas, data juga memungkinkan Arla untuk mengakomodasi permintaan dari konsumen.”

Berkenalan dengan Arla, Salah Satu Produsen Susu Terbesar di Eropa (8)
Arla juga mengirim produk susunya ke negara-negara Uni Arab Emirat Foto: Imesh

Menurut Irene, Arlagården juga memastikan adanya transparansi.”Sebagai salah satu perusahaan susu terbesar di dunia, setiap hari Arla menyediakan makanan olahan dari susu bernutrisi untuk jutaan orang di Eropa, Amerika, Asia hingga Uni Emirat Arab. Jadi inilah tanggungjawab sekaligus komitmen untuk membantu masyarakat di seluruh dunia mendapatkan produk susu terbaik, menginspirasi kebiasaan konsumsi makanan sehat serta memastikan masa depan yang berkelanjutan,” paparnya. Canggih kan?

Berkenalan dengan Arla, Salah Satu Produsen Susu Terbesar di Eropa (9)
Perwakilan peternak Mitra Indofood mengunjungi peternakan organik mitra Arla Foods di Kibæk, Denmark Foto: Imesh

Berita baiknya, Arla juga sudah hadir, di Indonesia. Sejak 2018 lalu, Arla Foods sudah menandatangani kerjasama dengan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), salah satu perusahaan penghasil produk konsumen olahan susu terbesar di Indonesia. Tentu saja, landasan Arlagården juga akan ikut ‘dibawa’.”Beberapa produk Arla seperti keju dan mentega sudah bisa ditemui di supermarket terkemuka,” ujar Ciptadi Sukono, Managing Dircetor Arla Indofood, “Dan dengan kerjasama ini, akan bertambah jauh lebih banyak produknya. Jadi masyarakat Indonesia bisa segera menikmati lebih banyak produk susu berkualitas dari Arla juga.”

SUMBER

Share Is Cool