Apple Mac Pro 2019 Usung Konsep Modular, Ini Spesifikasi dan Harganya


JS NEWS- Lama menjadi anak tiri Apple, akhirnya Mac Pro kembali dirilis dengan mengusung desain modular. Mac Pro 2019 dijual seharga US$5.999 atau sekitar Rp85 juta.

Dengan harga tersebut, Mac Pro menawarkan desain baru dan spesifikasi yang lebih tinggi dibanding pendahulunya.

Baca Juga : Apple Resmi Kenalkan iOS 13, Inilah Fitur-fitur Terbarunya

Mac Pro 2019 dilengkapi dengan prosesor Intel Xeon dengan 28 core dan didukung memori utama raksasa berkapasitas 1,5 TB dengan 6 kanal yang mendukung 12 DIMM.

Ada pula delapan slot PCI Express. Prosesor ini disokong pendingin yang berfungsi saat perangkat bekerja keras. Bagian depan dibekali layar berbentang 32 inci Retina 6K yang disebut Pro Display XDR.

Satu hal yang menjadi sorotan adalah desain prosesor dan punggung Mac Pro yang dicibir mirip dengan parutan keju dengan lubang-lubang kecil yang sejatinya berfungsi untuk mengalirkan udara.

Mac Pro 2019 memiliki kerangka stainless steel dengan pegangan tangan dan roda di bawah untuk kemudahan mobilitas. Komputer ini juga ditunjang 2 port Thunderbolt 3, 2 port USB, dan jack caudio 3,5mm.

Di saat bersamaan, Apple juga memamerkan MPX Module, kartu PCIe quad-wide yang cocok untuk dua kartu grafis dan punya pendingin sendiri.

Ada 8 slot PCIe internal, 4 slot double-wide, 3 slot single-wide, dan satu slot tambahan half-lenght untuk kartu I/O.

Apple menyebut, pengguna bisa memadukan pengolah grafis AMD Radeon Pro Vega 2 atau Radeon Pro Vega 2 Duo untuk meningkatkan efisiensi sistem. Pengguna juga bisa menggunakan dua kartu Radeon Pro Vega 2 Duo dalam satu waktu sekaligus.

Di sektor dapur pacu, Apple juga menyertakan hardware custom bernama “Afterburner”. Dengan “Afterburner”, Mac Pro diklaim bisa menayangkan 3 video 8K format RAW atau 12 video berformat 4K di saat yang bersamaan.

Perangkat keras tersebut bisa memproses enam juta piksel per detik. Untuk mengendalikan temperatur, Mac Pro 2019 memiliki tiga kipas sebagai pendingin yang mengalirkan udara dengan rata-rata 300 kaki kubik per menit.

Selain itu ada juga kipas angin juga ditemani oleh blower. Mac Pro 2019 akan mulai dijual di AS pada musim gugur mendatang, dilansir Digit India.

Sumber

Share Is Cool