Aplikasi Speedtest Kini Bisa Mengukur Kualitas Streaming Video

JS NEWS – Menurut Ookla penyedia layanan internet sering kali memprioritaskan traffic video secara berbeda

Pada masa pandemi saat ini, koneksi internet sangat berperan penting dan digunakan untuk banyak hal termasuk bekerja dan belajar di rumah, hingga untuk menikmati hiburan. Untuk menguji kecepatan dan performa koneksi internet baik seluler maupun WiFi, Speedtest yang dikembangkan oleh Ookla merupakan layanan yang sering digunakan.

Dengan melakukan Speedtest, kita dapat mengecek seberapa cepat koneksi internet yang ditawarkan oleh penyedia layanan internet tertentu. Baru-baru ini Ookla merilis pembaruan aplikasi Speedtest versi iOS yang memungkinkan mengukur kualitas streaming video dari koneksi internet Anda.

Meskipun layanan Speedtest standar sudah dapat memberikan gambaran umum tentang bandwidth jaringan internet secara keseluruhan, termasuk angka latensi, kecepatan unduh, dan unggah maksimum. Namun menurut Ookla, penyedia layanan internet sering kali memprioritaskan traffic video secara berbeda dari traffic lain.

Baca Juga : Download Infinite Design

Artinya adalah cara terbaik untuk mengukur kualitas streaming video dari koneksi internet Anda ialah dengan menguji sampel video secara langsung, karena tidak dapat disimulasikan di seluruh jaringan. Ya, sejak pandemi memang telah terjadi lonjakan media streaming terutama layanan streaming video seperti Netflix dan kawan-kawannya.

Test video khusus ini akan melakukan streaming video pada berbagai resolusi yang berbeda, kemudian mengukur waktu loading dan buffering. Namun untuk saat ini, benchmark untuk test video baru tersedia pada aplikasi Speedtest versi iOS dan akan segera mendarat ke platform lainnya.

SUMBER

Share Is Cool