Aplikasi Karya Startup yang Bisa Digunakan oleh Pelaku UKM dan Koperasi

JS NEWS-Startup pastinya identik dengan yang namanya teknologi, bisa dalam bentuk aplikasi berbasis web, mobile ataupun desktop. Sasarannya pun tak melulu kaum korporat, pelaku usaha skala yang kecil hingga menengah pun dibidik karena jumlahnya yang cukup banyak dan cukup tahan dengan guncangan ekonomi.

Berikut adalah sederet startup atau produk dari startup di Indonesia yang layanannya bisa dipergunakan oleh para pelaku UKM untuk mendukung bisnis mereka atau membuat operasional menjadi lebih efektif dan efisien.

Turboly

Turboly hadir untuk menjadi solusi akan mahalnya sistem ERP yang ada di pasaran. Seceara sederhana, Turboly adalah modern cloud based integrated accounting / ERP system untuk multi-outlet businesses yang sedang berkembang. Penggunanya dari kalangan usaha kecil dan menengah seperti usaha yang memiliki multi outlet/store, franchise, dan perusahaan menengah dan perusahaan kecil.

Saat ini Turboly sudah menangani beberapa pelanggan di berbagai kota, seperti Medan, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Bali. Dengan beberapa fitur andalan seperti fitur akunting, fitur POS, mini ERP, dan memberikan pilihan kustomisasi, termasuk dengan teknologi berbasis cloud, Turboly optimis bisa meraih banyak pengguna.

Kolabo

Seperti halnya Sirclo, Klakat dan Jejualan, Kolabo menawarkan jasa pembuatan situs bagi UKM yang ingin go online. Platform Kolabo dirancang agar UKM tidak lagi terlibat dalam situasi pelik khususnya urusan teknis. Sistem dan resource Kolabo memberikan banyak kemudahan sehingga UKM bisa tetap fokus pada hal vital lainnya.

Cashflow

Aplikasi yang lahir 7 tahun lalu ini menawarkan kemudahan kepada pengguna untuk mencatat transaksi keuangan yang masuk dan keluar, memantau jadwal pembayaran dan penagihan piutang dengan fitur pengingat, dan dapat dihubungkan dengan akun sosial media milik pengguna.

Salah satu fitur yang menguntungkan bagi nasabah menurut Costa adalah rekening tabungan dapat terhubung langsung dengan aplikasi Cashflow.

Miqro

Miqro adalah aplikasi atau layanan baru yang diluncurkan oleh Startup lokal bernama Qasir sekitar tahun 2019 akhir. Miqro menjadi solusi end-to-end untuk usaha mikro. Salah satu fitur keunggulan mereka adalah Catat, berperan menyederhanakan proses pencatatan dan juga bisa berfungsi sebagai alat kalkulasi yang terintegrasi (saat ini) dengan Dana dan Ovo.

Selanjutnya, ada juga fitur Kasbon untuk mencatat hutang dilengkapi pengingat waktu bayar, Belanja Grosir untuk pembelian barang dari toko grosir, serta Bayar Tempo untuk pendanaan dari mitra institusi finansial Qasir (versi beta).

Koperasi Digital

Aplikasi koperasi digital dikembangkan oleh vikosha perdana, sebagai pengembang aplikasi yang sudah hampir 15 tahun kini vikosha perdana fokus pada pengembangan koperasi digital, aplikasi dapat diunduh di playstore silahkan download aplikasi ini sesuai wilayah mereka berdomisili karna menjadi anggota koperasi digital disesuaikan dengan wilayah mereka tinggal, saat ini vikosha perdana baru merambah di kabupaten banyumas, kabupaten blora, kota batu, kota malang dan surabaya. Fitur-firurnya layaknya Startup lain seperti PPOB, Marketplace, bisa melihat riwayat transaksi,perolehan point bahkan dihalaman web bisa menghitung SHU, HPP jual barang dan lain-lain.

Aplikasi ini koperasi digital saat ini juga sedang dikembangkan untuk RAT online tanpa harus menggunakan pihak ketiga seperti Zoom,Google Duo, Whatsapp dll

SUMBER

Share Is Cool