Aplikasi Gratis Belajar Coding untuk Anak-anak

JS NEWS – Belajar bahasa pemograman (coding) kini bisa dipelajari dengan mudah dan mengasyikkan. Kini telah banyak aplikasi belajar coding yang bisa diakses secara online.

Keterampilan coding sangat bermanfaat bagi anak-anak, antara lain membantu anak-anak membuat situs web atau game sendiri, memperbaiki logika dan kemampuan pemecahan masalah, serta menjadi salah satu cara untuk mengekspresikan ide dan kreativitas dengan cara yang unik.

Berikut ini aplikasi gratis untuk belajar coding yang bisa Anda sarankan kepada anak-anak:

Code.org

Code.org ialah salah satu sarana yang bisa digunakan oleh orangtua yang ingin mendapatkan akses gratis untuk anak-anaknya mempelajari coding. Saat ini sudah 45 juta anak berpartisipasi dalam Hour of Code yang diselenggarakan Code.org.

Sebagai organisasi nirlaba, Code.org memiliki misi agar setiap orang dapat belajar ilmu komputer, khususnya pemrograman. Selain itu, misi mereka adalah memperbayak jumlah perempuan dan anak-anak di negara tertinggal semakin banyak mempelajari ilmu komputer.

Code.org diluncurkan pada 2013 sebagai proyek yang digagas oleh Ali dan Hadir Partovi. Awalnya, mereka membuat sebuah video tentang belajar ilmu komputer di YouTube. Lalu, 15.000 sekolah menghubungi Code.org untuk meminta bantuan mereka untuk mengajar anak-anak.

Code Monster

Code Monster menjadi salah satu cara yang menyenangkan untuk mempelajari dan mengenal konsep pemrograman dasar bagi anak-anak.

Code Monster yang dibangun oleh Crunchzilla. Platform belajar coding ini memberikan tutorial interaktif untuk anak-anak yang berfokus pada perubahan instan yang terjadi pada gambar saat kode diubah.

Setiap proyek di Code Monster akan dimulai dengan sebuah gambar kotak sederhana dan satu warna, kemudian tutorial akan mengajak anak-anak untuk melakukan percobaan dengan animasi dan pola yang rumit.

Konsep pemrograman seperti variable, loop, conditionals, expressions, dan functions juga akan diperkenalkan melalui berbagai macam contoh. Tidak seperti Scratch dan Tynker, Code Monster akan mengharuskan anak-anak menjadi kreatif untuk mengetik kode sendiri secara manual.

Khan Academy

Khan academy, organisasi nonprofit yang menyediakan program online gratis belajar coding untuk anak-anak, memiliki tutorial pemrograman dasar yang mengajarkan anak-anak cara membuat grafik, animasi, visualisasi interaktif, dan banyak lagi.

Mereka juga bermitra dengan Pixar Animation sehingga memberi anak-anak kesempatan untuk mempelajari bagaimana seniman Pixar bekerja.

Khan Academy didirikan pada 2006 oleh Salman Khan dengan misi “menyediakan pendidikan berkualitas tinggi untuk semua orang di mana saja”.

Khan Academy juga memiliki aplikasi ponsel bernama Khan Academy Kids yang dapat digunakan sebagai sarana belajar anak-anak.

Scratch

Scratch merupakan bahasa pemrograman berbasis visual yang interaktif. Melalui scratch anak-anak bisa membuat animasi, permainan, dan kreasi program lain.

Scratch memudahkan anak-anak untuk membuat program tanpa harus khawatir dengan penulisan sintaksis, karena tidak perlu menulis script. Anak-anak hanya perlu meggunakan fitur drag and drop blok blok kode yang sudah di sediakan, kemudian di susun dan membentuk sebuah logika yang bisa di jalankan sehingga menjadi program.

Baca Juga

Scratch dibuat oleh MIT Media Lab (Massachusetts Institute of Technology) Amerika Serikat, yang digunakan untuk pembelajaran anak-anak usia 8 sampai dengan 16 tahun. Bahasa pemrograman ini bisa menjadi pilihan programmer pemula untuk berlatih computational thinking.

Ada dua versi yang tersedia yaitu online dan offline. Jika ingin menggunakan versi offline, Anda perlu mengunduh Scratch Editor dan Adobe AirScratch Editor adalah scratch versi offline yang dapat digunakan kapan saja dan dimana saja tanpa memerlukan koneksi internet. Sedangkan, untuk versi online bisa diakses melalui scratch.mit.edu

SUMBER

Share Is Cool