Apa Kelebihan Dana Dibanding Aplikasi Dompet Digital Lain?

JS NEWS – Layanan dompet elektronik Dompet Digital Indonesia ( Dana) baru saja meluncurkan aplikasi mobile pada Rabu (5/12/2018) kemarin.  Aplikasi tersebut diklaim membawa sederet keunggulan dari layanan sejenis.

Menurut Vince Iswara, CEO Dana, keunggulan pertama sang aplikasi yaitu layanannya merupakan hasil karya anak bangsa, tak dibuat oleh campur tangan asing.

“Dibuat di Indonesia, oleh orang Indonesia, dan untuk orang Indonesia,” katanya. Layanan Dana turut disokong oleh 2 data center agar menjamin transaksi dapat terus berjalan tanpa gangguna.  Vince mengatakan, Dana juga sudah terintegrasi dengan sistem Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri.

Lewat integrasi dengan Dukcapil ini, proses pendaftaran dan verifikasi akun pengguna aplikasi dompet elektronik Dana diklaim  hanya memakan waktu beberapa detik. Baca juga: Aplikasi Dompet Digital Dana Resmi Hadir di Android dan iOS “Platform kami satu-satunya yang bisa approve dan registrasi realtime, tak usah tunggu lama,” ungkap Vince.

BACA JUGA : AMAZON SIAP TANAM INVESTASI RP 14 TRILIUN DI INDONESIA

Dana sendiri sudah menddapat empat lisensi dari Bank Indonesia (BI), yakni soal izin penggunaan e-money, e-wallet, Lembaga Keuangan Digital (LKD), dan transfer uang online. “Kami sudah dapat empat lisensi dari BI untuk meyakinkan platform kita secure,” imbuhnya.

Vince juga menambahkan, Dana memilih konsep open platform agar bisa terhubung dengan layanan transaksi digital lain dari vendor yang telah bekerjasama seperti KFC, TIX.ID, Ramayana, dan BBM. Beberapa vendor ini juga sudah terintegrasi dengan sistem Dana. Artinya, pengguna bisa mendaftarkan akun Dana di aplikasi lain yang terhubung dengan Dana.

Pembayaran lewat QR code

Aplikasi Dana juga menyediakan fasilitas pembayaran lewat QR code dengan mesin transaksi di outlet yang telah bekerjasama. Mesin berwarna putih ini bisa memindai ponsel pengguna untuk melakukan transaksi dalam hitungan detik.

Cara kerjanya sederhana, pengguna diharuskan membuka aplikasi Dana, lalu pilih tombol “Pay” berlogo kode QR yang terletak di bagian bawah antarmuka aplikasi. Nantinya, pengguna tinggal menyodorkan muka ponsel dengan kode QR di layar ke mesin POS tadi dan proses transaksi pun bakal selesai setelah aplikasi meminta verifikasi PIN lewat ponsel pengguna.

Vince menjanjikan pihaknya bakal menggandeng vendor lain untuk kemudahan transaksi pengguna. Seperti nanti, saat Hari Belanja Online Nasional 12.12 (Harbolnas), tanggal 12 Desember 2018, Vince menyebut akan menambah 12 merchant lain, meski tak disebutkan siapa saja yang akan diajak kerja sama.

“Di 12.12 nanti, kami akan gandeng 12 vendor tambahan, liat saja kejutan kami nanti,” pungkas Vince. Saat ini, aplikasi ponsel dompet digital Dana sendiri sudah bisa diunduh dari toko aplikasi Google Playstore dan Apple App Store dengan karakteristik logo bendera putih berlatar biru.

SUMBER

Share Is Cool