Android N Beralih Ke openJDK

JS NEWS Pertempuran Oracle vs Google atas penggunaan java di Android terus terjadi.Namun,Google membuat perubahan untuk Android agar perusahaan ini dapat mengatasi masalah kukumnya saat ini.

Google mengatakan bahwa nantinya Android N (versi andriod selanjutnya)akan mengganti Android java libraries dari implementasi berbasis Harmony Apache ke salah satu openJDK milik Oracle,perusahaan yg sama-sama menggugat Google.OpenJDK adalah versi Open SourcheI dari java platform,dan oracle membuatnya tersedia di bawah lisensi GPL dengan beberapa pengecualian.

Peralihan ke openJDK ini memberikan beberapa manfaat untuk android.Android memulai hidupnya dengan Apache Harmony,sebuah implementasi java open-sourche.Harmony merupakan dasar mesin virtual Dalvik dan Runtime Android atau ART.Pada awal android dirilis openJDK baru memulai dan belum dapat sehingga Google menggunakan Harmony.

Kemudian Apache memensiunkan proyek Harmony pada tahun 2011,dan membuat Google harus mempertahankan basis kode yg mati.Beralih ke openJDK tidak hanya menghindari hukum,tetapi Google juga mendapatkan code yg lebih up-to-date.Adapun dengan meningalkan Harmony dan menggantinya dengan openJDK,Google harus bekerja keras.

Menggunakan open JDK juga membuka fitur java terbaru seperti lambdas,dan memberikan kualitas perbaikan yg segnifikan bagi pengembang Android .Implementasi java Android saat ini didasarkan java 7,sedangkan openJDK mendukung versi terbaru ,yaitu java 8.sementaraApache Harmony pensiun pada java 6.

Sumber : PC Media Edisi : 2/2016

Share Is Cool

Leave a Reply

Your email address will not be published.