Aminin, Aplikasi Belajar Agama Karya Anak Bangsa Paling Lengkap

JS NEWS – Agar bulan Ramadan makin bermakna, umat muslim berlomba-lomba melakukan ibadah serta berbuat kebaikan. Sebagai tambahan, mengaji atau belajar agama juga jadi hal yang tidak bisa ditinggalkan, apalagi di bulan Ramadan ini. Untuk dua hal terakhir tadi, ada referensi pembelajaran alternatif yang bisa dicoba melalui smartphone menggunakan aplikasi Aminin.

Aminin merupakan aplikasi pertama belajar mengaji secara online dan interaktif berbasis Android serta iOS yang memudahkan penggunanya untuk belajar membaca dan memahami Al-Qur’an serta pengetahuan agama. Fiturnya dikemas dengan mudah untuk dimengerti dan dihafal serta dialog interaktif antara pengguna dengan para ustadz.

Konten yang tersedia dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan nash dan sanad. Semua kontennya dikurasi, disupervisi dan diverifikasi langsung oleh para ulama dan profesional dalam bidang Al-Qur’an yang bergabung di dalam Jam’iyyatul Qurra’ wal-Huffazh (JQH).  

Sedangkan ustadz maupun ustadzah yang dihadirkan sebagai nara sumber adalah mereka yang sudah berpengalaman dan tervalidasi untuk memberikan pemahaman yang akurat dan benar tentang Islam.

Beberapa fitur unggulan yang disediakan Aminin yaitu Al-Qur’an, LatihQur’an, dan Diskusi. Untuk fitur Al-Qur’an, Aminin menampilkan Al-Qur’an digital dengan standar mushaf pojok. Ada fitur untuk bookmarking dan note-taking juga. Bahkan bisa untuk dibagikan atau disimpan. Untuk mempemudah ada juga mesin pencarian untuk nama surat atau nomor surat sehingga pengguna sangat dimudahkan. Selain itu dilengkapi dengan audio pelafalan huruf hijaiyah, juga terjemahan dan tafsiran, dan lainnya.

Fitur LatihQur’an disediakan sebagai media pembelajaran Al-Qur’an yang interaktif dan menyenangkan. Terdiri dari dua level, yaitu Pemula dan Mahir, fitur ini dilengkapi skor/nilai yang mensyaratkan pengguna menjawab petanyaan dengan benar sebelum melangkah ke pertanyaan atau level selanjutnya. Sedang fitur Diskusi yaitu dialog interaktif dengan ustadz secara realtime.

Baca Juga

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur lain pengingat waktu sholat, penunjuk arah kiblat, dan adzan. Tidak hanya itu, Aminin sebagai aplikasi bikinan anak bangsa, juga mendukung teknologi speech recognition atau pengenalan suara untuk melatih kemampuan membaca dan memahami Al-Qur’an dengan akurat.

“Aminin sangat memahami pentingnya tepatan waktu, arah kiblat. Selain akurat juga interaktif bahkan ada kalender yang mengingatkan berbagai event penting. Kita tentunya terus melakukan pembenahan sehingga makin lebih baik ke depan,” kata Herujito, CEO Aminin.

SUMBER

Share Is Cool