AMD: Kami Akan Mendorong Produksi GPU dan Merilis GPU Mobile Terbaru Pada Kuartal Ini

JS NEWS – Akhir tahun 2020, AMD merilis seri GPU terbarunya RX 6000 untuk menyaingi GPU dari NVIDIA. Sayangnya, AMD tidak dapat memenuhi tingginya permintaan pasar. Kelangkaan persediaan GPU terbarunya itu tidak dapat dihindari. Tetapi, tampaknya AMD memiliki jalan keluar dari permasalahan itu

Mendorong produksi GPU bukan hal yang mudah. Mitra pabrik AMD, TSMC sudah beroperasi hampir 100 persen. Serta, siklus produksi dari proses manufaktur modern adalah sekitar tiga bulan, maka chip yang dipesan AMD kemungkinan tidak akan dikirim hingga musim panas.

Sedihnya, semua GPU AMD terkini dijual dengan harga yang lebih tinggi dari harga eceran yang disarankan produsen (MSRP). Oleh karena itu, AMD mungkin akan kesulitan mendongkrak penjualan GPU mereka.

baca juga : Nih! Tips Bikin Film Profesional Pakai Smartphone ala Dian Sastro

GPU AMD seri mobile yang ditargetkan rilis pada kuartal ini, RX 6000M menggunakan basis arsitektur RDNA 2 7nm. GPU mobile ini memiliki core hingga 2560 serta 12GB VRAM untuk melibas game-game berat maupun perkerjaan yang membutuhkan hardware high-end. Jika dilihat dari spesifikasinya, RX 6000M akan bersaing dengan laptop-laptop yang memiliki seri GPU NVIDIA RTX. Untuk harga dari laptop-laptop bertenaga RX 6000M ini masih belum diketahui.

Terlepas dari semua itu, AMD mendorong produksi GPU merupakan berita yang sangat baik untuk para gamer PC. Di sisi lain, NVIDIA memprediksi kelangkaan GPU mereka akan memakan waktu lama sebelum bisa berakhir. Mereka memprediksi masalah ini akan berlangsung hampir sepanjang tahun 2021.

SUMBER

Share Is Cool