Alasan VC Tanam Modal Rp168 Miliar ke Startup Social Commerce Chilibeli

JS NEWS – Startup social commerce berbasis komunitas, Chilibeli dapat modal baru dari Lightspeed Venture Partners dengan dukungan Golden Gate Ventures, program akselerator Surge Sequoia, Kinesys Group serta Alto Partners.

Total investasi yang diterima Chilibeli dalam putaran pendanaan Seri A tersebut sebesar US$10 juta (sekitar Rp168 Miliar). Dana ini akan digunakan Chilibeli untuk memperkuat pasar mereka di Jabodetabek serta membangun gudang di Depok, Jawa Barat.

Chief Executive Officer Chilibeli Alex Feng berkata, sebagian modal akan pula digunakan untuk memperbaiki tampilan visual user interface/UI dan user exerience/UX) di aplikasi mobile.

doc/SurgeSequoia

Chilibeli yang didirikan pada Juli 2019 oleh Alex Feng dengan rekannya, Damon Yue dan Matt Li tersebut memanfaatkan teknologi untuk menghubungkan petani, pemasok hingga konsumen. Konsep semacam ini lebih dulu dimainkan oleh Kedai Sayur, TaniHub, LimaKilo dan Sayurbox serta beberapa yang lain.

Namun menurut Partner Lightspeed Ventures Akshay Bhushan, model bisnis yang dikembangkan Chilibeli mendorong pemberdayaan komunitas lokal kelas ekonomi menengah ke bawah di Indonesia. Selain bisa mengakses produk kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau, layanan ini juga membantu peningkatan kesejahteraan pelaku ekonomi dalam ekosistem Chilibeli.

“Model bisnis Chilibeli bisa menjadi skala baru bagi platform social commerce di Indonesia dan Asia Tenggara,” katanya.

Partner Golden Gate Ventures Justin Hall juga melihat Chilibeli mampu memanfaatkan lingkaran sosial terdekat dalam model bisnis yang belum banyak dimanfaatkan oleh platform lain.

read also

BACA JUGA

Sejak beroperasi di Jakarta, Chilibeli telah tumbuh sekitar 150 persen per bulan dan menciptakan 300 pekerjaan langsung dan ribuan pekerjaan tidak langsung untuk mitra mereka di seluruh Indonesia.

Chilibeli merupakan salah satu startup yang masuk dalam program pengembangan tahap awal Surge gelombang kedua dari Sequoia Capital India. Bersama dengan Storie dan Rukita dari Indonesia, mereka masuk dalam daftar 20 startup yang dilirik di India dan Asia Tenggara.

SUMBER

Share Is Cool