Alasan Indonesia Jadi Negara Ekonomi Digital Terbesar di Dunia

Peran Koperasi sangat penting dalam ekonomi digital tersebut,koperasi digital adalah usaha yang dijalankan masuk pada wilayah-wilayah usaha modern, bukan lagi jenis usaha simpan pinjam, atau usaha fisik saja. Melainkan, usahanya sudah mengarah ke (usaha) teknologi informasi seperti usaha Payment Digital ,Transpotasi dan Marketplace. Dengan cheneling harga yang murah agar koperasi bisa mandiri tidak dikendalikan pihak ketiga, Koperasi harus sadar karna posisi tawar koperasi sangat besar.

JS NEWS – Morgan Stanley melihat peluang bahwa Indonesia bisa menjadi negara berbasis ekonomi digital terbesar di dunia.

Berdasarkan riset Morgan Stanley di negara-negara ASEAN saja, Indonesia menduduki peringkat kedua negara dengan investasi startup terbesar, setelah Singapura.

Bahkan, berdasarkan studi dari Google, Temasek, dan Bain, ekonomi berbasis internet Indonesia digadang bisa mencapai US$133 miliar dalam Gross Merchandise Value (GMV) pada tahun 2025.

“Jumlah tersebut bahkan telah melingkupi 43% dari total ekonomi berbasis internet di ASEAN,” ujar lembaga tersebut.

Dengan kondisi ini, Morgan Stanley pun berharap agar Indonesia bisa menangkap peluang tersebut. Bila Indonesia mampu, ekonomi berbasis internet bisa menjadi salah satu kekuatan dalam menopang perekonomian domestik secara keseluruhan.

Baca Juga : Koperasi Masih Jadi Andalan UKM, tapi Perlu Inovasi

Belum lagi, bila partisipasi yang lebih tinggi dari perusahaan teknologi memungkinkan untuk mempercepat proses bisnis sehingga lebih efisien.

Selain itu, dengan makin canggihnya teknologi, transparansi berpotensi membaik, akses yang lebih besar bagi Koperasi dan UMKM, dan bahkan, peningkatan inklusi keuangan.

“Bahkan dalam jangka panjang pun, ini bisa berpotensi lebih meningkatkan daya beli sehingga menggenjot konsumsi,” tandas mereka.

SUMBER

Share Is Cool