9 Tips Membuat Proses Pembayaran Online Anda Lebih Mudah

JS NEWS – Sebuah toko online akan melakukan segala transaksi secara online, baik untuk order, pembayaran, konfirmasi pembayaran hingga tanya jawab. Pembayaran online sendiri bisa dengan cara transfer ke bank yang sudah ditentukan oleh toko online. Bagaimana cara agar pembayaran online bisa menjadi mudah? Berikut ini 9 tips membuat proses pembayaran online lebih mudah :

1. Menyediakan beberapa metode pembayaran

Untuk transaksi secara online tentu saja pembayaran dilakukan melalui online juga. Sebenarnya ada banyak metode pembayaran secara online. Namun ada toko online yang hanya menyediakan satu metode pembayaran saja. Agar pembayaran pelanggan anda lebih mudah, anda bisa memberikan beberapa metode pembayaran dalam toko online anda. Seperti transfer melalui rekening bank, visa, doku, paypal dan lain sebagainya.

2. Izinkan pelanggan bisa membayar tanpa harus memiliki akun

Untuk transaksi lebih mudah dan cepat, tidak jarang pelanggan toko online melewatkan proses registrasi menjadi member. Ketika mereka selesai memilih barang, memesannya dan langsung memilih metode pembayaran. Ada beberapa toko online atau website yang tidak mengijinkan pelanggan melakukan proses tersebut sebelum menjadi member. Namun itu sangat merepotkan pelanggan. Sebaiknya toko online anda mengizinkan pembeli anda bisa melakukan proses itu tanpa harus memiliki akun terlebih dahulu.

3. Berikan desain yang menarik dan mudah dipahami

Untuk proses pembayaran secara online, bukan hanya harus memiliki beberapa metode pembayaran. Namun juga desain yang menarik dan mudah dipahami oleh pelanggan anda. Desain disini termasuk tampilan dari halaman pembayaran online, hingga konfirmasi pembayaran. Berilah beberapa petunjuk jika memang diperlukan. Tampilan yang diberikan tidak harus ramai, cukup dengan tampilan sederhana dan tentu saja mudah dimengerti.

4. Jangan meredirect pelanggan anda

Bagaimana bisa pembayaran secara online, tetapi malah meredirect ke website lain? Hal ini terjadi pada metode pembayaran paypal. Setelah kita memilih membayar dengan menggunakan metode paypal, kita akan diarahkan ke halaman paypal sendiri. Paypal sendiri memang dikenal sebagai metode pembayaran yang sangat mudah. Namun alangkah lebih baiknya apabila proses pembayaran toko online kita jauh lebih mudah tanpa harus menuju website lainnya.

5. Mudah memperbaiki kesalahan

Ketika orang membuat kesalahan dalam melakukan pengisian data, alangkah lebih baiknya apabila pelanggan mudah untuk memperbaikinya. Beberapa halaman checkout menampilkan pesan kesalahan di bagian atas halaman, tetapi orang-orang tidak menyadari bahwa mereka perlu untuk meneliti satu – persatu semua isian untuk mencari tahu apa yang salah. Idealnya, Anda ingin pesan kesalahan muncul di lapangan di mana hal itu terjadi. Sehingga pelanggan bisa langsung memperbaiki kesalahan itu.

6. Hanya meminta informasi penting

Pada halaman checkout pelanggan akan diminta untuk mengisikan beberapa data yang dibutuhkan untuk transaksi selanjutnya. Hal itu memang perlu untuk diadakan, namun perlu diingat, kita hanya akan meminta informasi yang penting dan berhubungan dengan transaksi saja. Karena kita tidak ingin tentunya, pelanggan hanya melewati halaman checkout tanpa mengisi bagian yang penting karena sudah bosan untuk mengisi hal – hal yang lain. Kita harus mampu memilih data apa yang penting untuk laporan nantinya.

7. Memberikan jaminan tentang keamanan dan privasi

Sebagai usaha untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan, anda harus mampu memberikan jaminan bukan hanya tentang kenyamanan pelanggan dalam bertransaksi. Namun juga tentang keamanan dan privasi pelanggan anda. Sebuah survei yang dilakukan oleh Econsultancy menemukan bahwa 58% pelanggan keluar dari halaman checkout karena kekhawatiran tentang keamanan pembayaran.

Baca Juga : Tip CARA SCAN DOKUMEN DAN SIMPAN DALAM FORMAT PDF DENGAN HP ANDROID

Seperti yang ditunjukkan sebelumnya, memberikan desain yang konsisten dan tidak mengarahkan orang ke halaman checkout website lainnya merupakan langkah penting dalam membangun kepercayaan dengan pelanggan potensial. Namun, Anda perlu melakukan lebih banyak untuk meyakinkan orang-orang tentang data mereka aman dari tangan hacker. Biasanya, Anda akan ingin memiliki Secure Socket Layer ( SSL ) sertifikat untuk website Anda, untuk keamanan traksaksi bisnis online anda.

8. Minimalkan gangguan

Pada halaman checkout usahakan anda mengurangi gangguan bagi pelanggan anda. Ketika pelanggan anda mengisi data yang ada di halaman checkout, maka seharusnya anda menghilangkan gangguan yang ada, seperti pemberian navigasi – navigasi pada halaman checkout. Berikan keleluasaan kepada pelanggan anda untuk melakukan traksaksi tersebut.

9. Berikan petunjuk yang jelas

Jangan biarkan pelanggan anda menebak – nebak apa yang akan dilakukannya setelah ini. Berikanlah petunjuk yang jelas pada halaman toko online anda. Seperti ketika pelanggan selesai memilih barang belanja, mereka akan menekan tombol order dan masuk ke keranjang belanja, setelah itu pelanggan akan menuju halaman checkout yang disana ada pilihan akan checkout atau belanja kembali, pelanggan kemudian harus mengisi beberapa data, setelah itu baru checkout.

SUMBER : Mebiso

Share Is Cool