8 Tips Membuat Password Akun yang Kuat Agar Sulit Dibobol Hacker

Mozilla berikan tips atau saran untuk pengguna dalam membuat kata sandi yang kuat dan aman di setiap situ

Beberapa platform saat ini memerlukan sebuah data pengguna dalam membuat akun.Akun tersebut pun memiliki sebuah password atau kata sandi yang hanya diketahui oleh pengguna itu saja.Namun sayangnya, sebuah akun bisa disalahgunakan bila jatuh ke tangan yang salah seperti berbuat penipuan.

Maka dari itu, pengguna perlu memastikan akunnya memiliki kata sandi yang tepat dan aman agar tidak bisa ditebak oleh hackers.Seperti yang diwartakan oleh wartawan Nextren sebelumnya, kebanyakan pengguna akan memilih kata sandi yang mudah diingat seperti ‘belanja123’ atau ‘princess’.

Namun menurut Mozilla hal tersebut tidak boleh dilakukan untuk mengurangi kebobolan dari serangan siber.Mozilla merupakan platform teknologi yang ikut memberikan tips membuat kata sandi yang kuat.

Kata sandi yang kuat menurut perusahaan tersebut ialah garis pertahanan terhadap upaya peretasan yang tidak sah atau tidak memiliki izin terhadap akun pengguna.

Dalam tips-nya, Mozilla memberikan informasi atau saran pengguna membuat akun dengan kata sandi yang lebih baik, yaitu ada 8 hal yang harus dilakukan.

1. Password Panjang

Hal yang pertama ialah menggunakan kata sandi yang panjang dengan menggabungkan dua kata atau lebih yang tidak saling berkaitan.Panjang dari kata sandi tersebut bisa dibuat 8 karakter atau diminimalkan 12 sampai 15 karakter.

2. Pakai karakter khusus 

Gunakan juga angka atau karakter khusus seperti tanda baca, tetapi jangan bergantung pada penggunaan ‘@’ untuk huruf a dan ‘3’ untuk huruf e.

Karena penggantian karakter khusus dan angka tersebut sudah sering digunakan dan terkenal.

Baca Juga

3. Kombinasi huruf dan angka

Saran yang ketiga ialah, buatlah kata sandi dengan kombinasi huruf besar dan kecil, serta tidak lupa juga dengan angka dan simbol.

4. Pakai kata tak biasa

Untuk saran yang keempat, pengguna diharapkan bisa membuat kata sandi dari kata-kata yang tidak biasa dan hanya pengguna saja yang tahu.

5. Jangan ditulis di kertas

Kelima ialah, pengguna tidak boleh menaruh kata sandi di selembar kertas yang mudah saja terbaca orang lain dan terbuang.Maka dari itu pengguna harus menyimpan kata sandi seperti dienkripsi pada pengelola kata sandi yang banyak disediakan oleh berbagai platform.

6. Jangan mudah ditebak

Saran yang keenam ialah usahakan angka dan karakter harus memenuhi kata sandi agar tetap kuat dan tidak gampang ditebak.

7. Bedakan di tiap situs

Pada saran ketujuh ialah pengguna diharapkan tidak menaruh kata sandi yang sama di setiap situs, melainkan pengguna harus membuat kata sandi yang berbeda-beda.Tidak hanya berbeda-beda, pengguna juga harus memastikan kata sandi yang mereka buat sudah rumit dan unik.

8. Autentikasi dua faktor

Bila sudah membuat kata sandi seperti yang disarankan, hal ke delapan ialah pengguna perlu mengatur autentikasi dua faktor atau 2FA yang disediakan di setiap platform.Mozilla menyarankan sistem keamanan 2FA sangat penting walaupun kamu sudah membuat kata sandi yang rumit, terutama pada email.

Jika kedelapan saran tersebut sudah dilakukan, kata sandi yang kalian buat bisa aman, namun tetap masalah keamanan bisa saja terjadi.Oleh karena itu pastikan pengguna tetap waspada dan kalau perlu ganti kata sandi secara rutin misalkan 1 tahun sekali.

SUMBER

Share Is Cool