7 Langkah Aktifkan TFA agar Akun WhatsApp Aman

JS NEWS – Two Factor Authentication (TFA), atau otentikasi dua faktor, adalah sistem keamanan berlapis yang dirancang untuk memastikan bahwa hanya si pemilik akun bisa mengakses akun miliknya.
Fitur ini ada di semua layanan online, untuk menghindari terjadinya pembajakan akun, termasuk salah satunya di WhatsApp. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan TFA untuk mengamankan WhatsApp.

1. Tap tiga titik di kanan atas halaman utama WhatsApp

7 Langkah Aktifkan TFA di WhatsApp agar Aman

2. Pilih Settings / Setelan

7 Langkah Aktifkan TFA di WhatsApp agar Aman

3. Tap Account / Akun

4. Pilih Two Step Verification / Verifikasi Dua Langkah

7 Langkah Aktifkan TFA di WhatsApp agar Aman

5. Enable / Aktifkan

7 Langkah Aktifkan TFA di WhatsApp agar Aman

6. Masukkan PIN

7 Langkah Aktifkan TFA di WhatsApp agar Aman

7. TFA sudah diaktifkan dan melindungi akun Anda.

Peneliti keamanan cyber Alfons Tanujaya dari Vaksincom menyebutkan, dengan mengaktifkan TFA, sekalipun informasi kredensial kita berhasil dicuri peretas, akun akan tetap aman.

Baca Juga : ENAM TIPS AGAR TERHINDAR DARI RANSOMWARE

“Kalau mengaktifkan TFA, maka untuk install WhatsApp ke ponsel baru akan meminta PIN yang hanya diketahui pemilik ponsel. Jadi teknik mencuri PIN hanya berlaku kalau TFA tidak diaktifkan,” rincinya.

Sebelumnya sejumlah peneliti keamanan melaporkan adanya potensi pencurian password WhatsApp dengan memanfaatkan voice mail. Celah ini sebenarnya terdapat pada voice mail operator jika nomor akses voice mail nomor teleponnya generik.

Di Indonesia, menurut Alfons, ancaman ini relatif rendah. Dibandingkan negara lain, voice mail operator menggunakan nomor generik yang mudah ditebak (0000 atau 1234) sehingga bisa membahayakan pengguna WhatsApp yang tidak mengaktifkan TFA.

Meski demikian, potensi pencurian password atau PIN WhatsApp ini patut diwaspadai. Agar aman dari modus peretasan ini, Alfons menyarankan untuk mengaktifkan TFA.

Tak hanya untuk WhatsApp, TFA ibarat pagar utama untuk melindungi dari peretasan untuk semua layanan online.

“Sebenarnya menurut hemat kami, TFA harus diaktifkan di semua layanan untuk menjamin keamanan dari peretas,” tutupnya.

SUMBER

Share Is Cool