6 Tanda Ponsel Anda Telah Disadap

JS NEWS – Bagaimana Anda bisa tahu jika ponsel Anda disadap? Beberapa pihak dapat memanfaatkan smartphone Anda. Ini termasuk peretas, atasan Anda, mantan mitra, atau pemerintah.

Mereka mungkin mendengarkan panggilan Anda, membaca dan mengirim teks dan email, atau mengubah informasi di antarmuka Anda.

Inilah cara mengetahui apakah ponsel Anda telah disadap.

1. Masalah Baterai Tidak Henti

Sebelum iOS dan Android, masalah baterai adalah tanda penyadapan telepon. Baterai panas tetap menjadi perhatian ketika berhubungan dengan penyadapan ponsel.

Anda mungkin sangat terbiasa dengan baterai yang terlalu panas. Anda bahkan mungkin telah mengunjungi toko telepon dan menanyakan masalah ini. Dalam kebanyakan kasus, Anda hanya akan diberi tahu itu masalah standar untuk ponsel cerdas. Apple, misalnya, biasanya hanya khawatir jika perangkat Anda menjadi sangat panas, perangkat itu mati sendiri.

Mengapa ponsel cerdas Anda menjadi begitu panas? Menggunakan banyak aplikasi dan mengonsumsi media tanpa akhir akan membuat ponsel Anda lebih hangat, meskipun ini tidak cukup untuk menyebabkan kerusakan pada Anda atau dirinya sendiri.

Namun, baterai yang panas juga bisa menjadi tanda penyadapan ponsel. Perangkat lunak yang tidak diundang dapat berjalan di latar belakang, memungkinkan orang lain untuk mendengarkan.

Tentunya, Anda perlu memperhatikan alasan lain mengapa ponsel Anda mungkin panas. Apakah Anda berjemur di dekat situ? Sudahkah Anda menggunakan banyak aplikasi secara berurutan? Apakah casing telepon membuat panas? Apakah perangkat lain terhubung melalui Bluetooth? Suhu tinggi dan daya rendah tetap dapat menjadi indikasi perangkat lunak berbahaya.

2. Peningkatan Penggunaan Data Seluler

Mengawasi tagihan telepon Anda dapat menghemat banyak uang. Tetapi juga dapat membantu Anda menemukan spyware.

Aplikasi yang tak terhitung jumlahnya menyedot data dalam jumlah besar, terutama jika Anda tidak terhubung ke Wi-Fi gratis yang ditawarkan oleh banyak toko (karena ini juga bisa menjadi masalah keamanan). Lebih buruk lagi jika Anda membiarkan anak-anak Anda menggunakan perangkat Anda saat jauh dari rumah. Namun, Anda harus tahu kira-kira berapa banyak data yang Anda gunakan setiap bulan.

Jika jumlah ini meningkat secara dramatis, Anda perlu mempersempit mengapa hal itu terjadi — dan jika Anda tidak dapat menemukan alasannya, mungkin pihak ketiga sedang mencegat pesan Anda.

Perangkat lunak berbahaya menggunakan kelonggaran data Anda untuk mengirim informasi yang dikumpulkannya ke sumber luar. Itu berarti tidak hanya mengandalkan Wi-Fi rumah Anda: itu akan memakan data di mana pun Anda berada.

3. Iklan dan Aplikasi yang Tidak Diinginkan

Salah satu bagian dari malware yang merusak ponsel Anda adalah Hummer. Trojan ini menginfeksi sekitar 1,4 juta perangkat Android per hari pada awal 2016. Pertama kali ditemukan pada tahun 2014, serangan itu paling banyak terjadi di negara-negara seperti India, Rusia, dan Filipina.

Diperkirakan jika pembuat virus (kemungkinan berbasis di Cina) mendapat hanya US$ 0,50 per infeksi, mereka bisa mendapatkan keuntungan lebih dari US$ 500.000 hanya dalam 24 jam.

Korban juga akan melihat iklan yang mengganggu karena perangkat lunak jahat tidak selalu menyembunyikan dirinya. Setelah diinstal, Hummer bertujuan untuk mendapatkan akses root — yaitu hak administratif — ke perangkat Anda. Ini memungkinkannya mengunduh konten yang tidak diinginkan, dan membuatnya sangat sulit untuk dihilangkan. Bahkan reset pabrik tidak bekerja.

Malware dapat menghasilkan banyak lalu lintas iklan, dan karenanya meningkatkan penggunaan data lebih lanjut.

4. Masalah Kinerja Umum

Wajar jika semakin banyak data yang digunakan, semakin lambat perangkat Anda.

HummingBad mirip dengan Hummer, sebuah Trojan dengan perkiraan 10 juta korban. Ia menemukan jalannya ke perangkat ketika pengguna secara tidak sengaja mengunduh aplikasi palsu. Versi palsu dari YouTube atau WhatsApp, misalnya, masih dapat ditemukan di App Store.

BACA JUGA : Khawatir Privasi Anda Terganggu di WhatsApp? Ini Fitur Penting yang Harus Anda Perhatikan!

Penjahat dunia maya menghasilkan US$ 300.000 sebulan dari HummingBad, terutama pada tahun 2016 — meskipun sejak itu menikmati kebangkitan.

Malware ini juga mendapatkan akses root, atau, dalam beberapa kasus, menipu Anda agar mengunduh pembaruan sistem palsu untuk mendominasi sepenuhnya aktivitas Anda. Kemudian mempromosikan iklan pop-up, dan mengirimkan informasi ke server yang dikendalikan oleh Yingmob, sekelompok peretas Cina. Selain “penipuan klik”, HummingBad dapat mencegat semua pesan Anda.

Pikirkan semua informasi yang dikirim ke dan dari ponsel cerdas atau tablet Anda! Ini akan memperlambat perangkat Anda, dan Anda mungkin berpikir itu hanya karena ponsel Anda menjadi tua …

Anda akan mengalami keterlambatan kinerja apa pun metode yang digunakan penjahat dunia maya untuk mengganggu ponsel Anda. Tentu saja, aplikasi nyata akan membutuhkan daya, tetapi seharusnya tidak mempengaruhi waktu reaksi perangkat Anda.

Anda dapat memeriksa aplikasi mana yang paling banyak menggunakan RAM. Di iOS, Anda hanya perlu membuka Pengaturan> Umum> Penyimpanan iPhone. Di Android, klik Pengaturan> Aplikasi dan geser ke Menjalankan. Anda mungkin akan melihat Foto dan Musik di dekat bagian atas daftar. Dari sini, Anda dapat menilai dengan benar penggunaan aplikasi Anda, dan memeriksa apa pun yang tidak berdering.

5. Teks dan Pesan Aneh

Bagaimana Anda tahu jika ponsel Anda disadap atau dimata-matai? Anda mungkin sudah mengabaikan tanda-tandanya!

Apa yang Anda anggap sebagai spam, gangguan, atau nomor yang salah dapat menjadi peringatan bahwa ada sesuatu yang salah.

SMS yang mencurigakan akan berupa serangkaian angka, karakter, dan simbol yang tampaknya acak, yang akan segera membuat Anda merasa aneh tapi mungkin tidak terlalu berbahaya. Jangan abaikan mereka.

Penyebab paling mungkin adalah kesalahan dalam spyware yang digunakan oleh penjahat cyber. Jika belum diinstal dengan benar, pesan kode akan muncul di kotak masuk Anda. Kumpulan data acak ini adalah instruksi yang dikirim dari server peretas untuk mengutak-atik aplikasi penipuan. Atau, itu bisa jadi aplikasi yang mencoba menghubungi penciptanya.

Demikian juga, jika ada keluarga atau teman yang mengatakan Anda mengirimi mereka teks atau email aneh, ini adalah tanda bahwa ponsel Anda terganggu. Ini bisa berarti telepon Anda yang terinfeksi sedang mencoba untuk menginstal malware pada perangkat orang yang Anda cintai.

BACA JUGA : 5 Aplikasi Android yang Sebaiknya Anda Hapus Sekarang !

Awasi aktivitas apa pun yang tidak Anda kenal. Lihatlah rantai olahpesan, profil media sosial, dan periksa folder dan kotak keluar Anda. Jika Anda tidak ingat mengirim sesuatu, curigalah.

6. Situs Web Terlihat Berbeda

Ini rumit, tetapi tetap waspada bisa menyelamatkan Anda dari ditipu.

Ini adalah penipuan yang kita semua kenal, tetapi tidak ada yang sempurna. Kita semua lupa saran, dan membuat kesalahan. Jika kesalahan itu mengklik URL dalam teks atau email, itu bisa menghabiskan banyak uang.

Namun, Anda bahkan tidak harus diarahkan ke tautan palsu melalui pesan. Jika ada aplikasi jahat di ponsel Anda, itu bisa mengubah tampilan situs web yang sering Anda kunjungi.

Malware bertindak sebagai proksi, memotong komunikasi antara Anda dan situs yang ingin Anda kunjungi. Mungkin menyajikan halaman palsu kepada Anda, atau hanya melacak apa pun yang Anda ketik.

Ini benar-benar menjadi masalah jika Anda menggunakan situs yang membutuhkan detail pribadi. Itu bisa berupa kata sandi, perincian keuangan, atau Informasi Identifikasi Pribadi (PII), yang merupakan mata uang utama di Web Gelap. PayPal, misalnya; demikian juga mobile atau online banking.

Anda mungkin tidak melihat adanya perbedaan. Mereka hanya bisa berupa perubahan kecil, seperti logo pixelated. Dan bahkan jika Anda melihat sesuatu yang aneh, itu bisa saja situs web bereksperimen dengan antarmuka baru. Bandingkan versi seluler dengan yang ditampilkan pada PC.

Bagaimana Anda Dapat Mengetahui Jika Ponsel Anda Disadap?

Jangan terlalu paranoid — kebanyakan dari kita tidak akan menjadi korban penyadapan telepon. Meskipun demikian, ada baiknya melakukan beberapa tindakan keamanan.

Mengurangi risiko infeksi hanya dengan mengunduh dari toko aplikasi resmi; Apple dan Google menyaring aplikasi dan permainan sebelum membiarkannya tersedia. Mengetahui sistem operasi mobile mana yang paling aman dapat sangat membantu, dan awasi mata Anda jika ada tanda-tanda ponsel Anda mengandung malware.

SUMBER

Share Is Cool