5 FITUR RAHASIA BLUETOOTH YANG JARANG DIKETAHUI

JS NEWS – Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini bluetooth tidak lagi jadi fitur mewah yang ada di perangkat gadget baik smartphone, laptop, tablet, dan lainnya.

Bluetooth saat ini merupakan fitur yang wajib ada di setiap perangkat gadget untuk mendukung aktivitas penggunanya.

Jika kamu hanya berpikir kalau bluetooth itu hanya berfungsi untuk mentransfer file dan untuk menyambungkan-nya ke speaker, ternyata kamu bisa melakukan-nya lebih dari itu lho, guys.

BACA JUGA : Gembok Bluetooth, Bisa Dibuka Lewat Ponsel

Nah, pada artikel kali ini infotekno.id akan membahas tentang 5 Fitur Rahasia Bluetooth Yang Jarang Diketahui. Penasaran apa saja fitur-fitur rahasia tersebut? Simak dibawah ini.

5 Fitur Rahasia Bluetooth

Tanpa kamu sadari, ternyata ada lho hal-hal menarik lainnya yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan bluetooth di smartphone Android kamu. Tanpa basa-basi lagi langsung saja simak dibawah ini.

1. Membuka dan Mengunci Smartphone

Bagi kamu para pengguna Android mungkin sudah tidak asing lagi dengan fitur bawaan yang berbasis bluetooth, Smart Lock. Smart Lock adalah fitur yang memungkinkan smartphone kamu tetap terbuka kuncinya dalam beberapa situasi tertentu, misalnya saja seperti smartphone diletakkan di dalam saku atau saat smartphone sedang terhubung dengan perangkat bluetooth lainnya. 

kemudian, setelah smartphone berada di luar jangkauan pada situasi tertentu, maka smartphone akan mengunci dengan sendirinya. Artinya, dengan adanya fitur ini kalian sudah tidak perlu repot-repot lagi untuk membuka dan mengunci smartphone kalian dengan menggunakan pola, PIN, atau password, guys. 

Untuk menggunakan fitur Smart Lock ini, di settings kamu pilih Lock Screen and Security > Secure Lock Setting > Smart Lock. Cukup mudah bukan?

2. Membuka Perangkat Windows, Mac, atau Chrome

Jika di poin yang sebelumnya kunci smartphone Android bisa dibuka dengan menggunakan bluetooth dengan fitur Smart Lock, selanjutnya kamu juga bisa lho guys, membuka perangkat Windows, Mac, atau Chrome hanya dengan menggunakan bluetooth. 

Di perangkat dengan OS Windows, kamu bisa pergi ke Settings > Accounts > Sign-in options > Dynamic Lock. Lalu, centang checklist box ‘Allow Windows to automatically lock your device when you’re away’. Untuk perangkat Chromebook, kamu bisa mengaktifkan Smart Lock dengan cara pergi ke menu settings > Connected Devices.

Setelah itu, atur perangkat Android kamu sesuai dengan instruksi yang diberikan. Sayangnya, perangkat Mac tidak memiliki fitur keamanan khusus Android seperti Smart Lock tadi, sehingga kamu perlu menginstall aplikasi pihak ketiga yang bernama DroidID di smartphone Android.

3. Chatting

Kata siapa kalau chatting cuma bisa dilakukan dengan menggunakan jaringan internet saja? Pada kenyataannya, kamu juga bisa lho guys, mengirim pesan dengan memanfaatkan fitur bluetooth untuk mengirim pesan. 

Tapi, untuk memanfaatkan fitur ini kamu harus terlebih dahulu menginstall aplikasi chatting khusus yang menggunakan koneksi bluetooth. Salah satu aplikasi tersebut adalah Bluetooth Chat

Dengan bantuan aplikasi ini kamu bisa memanfaatkan koneksi bluetooth di smartphone Android kamu untuk berkirim pesan teks maupun gambar, guys. Tapi, jika teman kamu yang kamu kirimi chat tidak memiliki aplikasi Bluetooth Chat ini, kamu juga bisa mengirimkan file .apk aplikasi ini.

4. Bermain Game Multiplayer Berbasis Bluetooth

Jika selama ini kamu bermain game multiplayer dengan menggunakan jaringan internet yang tentunya akan banyak menghabiskan kuota internet kamu, ternyata kamu juga bisa juga lho guys, mabar dengan hanya menggunakan bluetooth. 

Namun sayangnya, fitur ini hanya bisa digunakan pada game-game tertentu saja yang memang menyediakan mode multiplayer bluetooth. Jadi, kamu tidak bisa memanfaatkan fitur ini di semua game yang ada di Play Store, guys. Meskipun begitu, banyak juga lho game multiplayer bluetooth yang tersedia di internet. Salah satunya adalah game Dual!.

5. IFTTT

IFTTT yang merupakan singkatan dari IF This Then That ini memungkinkan kamu untuk mengotomatiskan serangkaian tindakan bluetooth yang seharusnya dilakukan secara manual. Misalnya, jika kamu sedang memutar musik dengan menggunakan speaker bluetooth, maka daripada harus menghubungkannya secara manual, kamu bisa menghubungkannya secara otomatis dengan membuat applet IFTTT. 

Sederhananya, applet IFTTT ini adalah pola rangkaian tindakan yang bisa kamu buat sendiri sehingga nantinya perintah akan tereksekusi secara otomatis. Namun, untuk memanfaatkan fitur ini kamu harus terlebih dahulu menginstall aplikasi pihak ketiga bernama IFTTT di smartphone Android.

SUMBER

Share Is Cool