30 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

26. Menekuni Cryptocurrency

Anda tentu tahu cryptocurrency, bukan? Sebuah teknologi untuk memudahkan transaksi online menggunakan uang digital.

Menekuni bisnis Cryptocurrency bisa menjadi cara menghasilkan uang dari internet yang menggiurkan.

Cryptocurrency yang populer adalah BitCoin. Namun, ada beberapa lain yang juga sering digunakan untuk transaksi online seperti EthereumRipple dan LiteCoin

Karena dianggap sebagai mata uang masa depan, cryptocurrency dimanfaatkan sebagai cara mendapatkan uang dari internet yang efektif. Bahkan salah satu orang yang sukses dengan cara ini yaitu Chris Larsen memiliki total pendapatan hingga $2,1 miliar.

Bagaimana cara mendapatkan uang dari cryptocurrency?

Pertama, Investasi. Anda bisa membelinya dan menunggu waktu yang tepat untuk menjualnya kembali. Sebagai contoh, di awal 2010, harga 1 BitCoin adalah $0.08. Saat ini, dari pengecekan Google saja, harganya tampak telah berlipat ganda.

Harga bitcoin telah jauh melampaui harga awal cryptocurrency tersebut.

Kedua, Mining. Proses ini dilakukan menggunakan komputer untuk memverifikasi transaksi yang terjadi di jaringan cryptocurrency. Jika berhasil, Anda akan mendapat imbalan. Data terbaru, kesuksesan tersebut akan memberi Anda hingga $116,250.

Ketiga, Trading. Berbeda dengan investasi, Anda aktif melihat perubahan pasar setiap hari. Apabila ada keuntungan untuk menjual cryptocurrency yang Anda miliki, Anda bisa langsung melakukannya.

SaranaModalTempo Mendapat HasilKeahlian
Platform KhususSedang – BesarSedang – LamaMenengah

27. Menjadi Customer Service Online

Tahukah Anda bahwa menjadi seorang customer service online bisa menjadi cara mendapatkan uang yang menjanjikan? 

Faktanya, kemudahan komunikasi dan maraknya bisnis online menyebabkan kebutuhan akan customer service freelance meningkat. Terutama mengingat kepuasan pelanggan merupakan kunci dari keberlangsungan bisnis.

Tak heran, platform freelance seperti Fiverr banyak mendapat permintaan jasa customer service lepas. Bahkan, LiveOps membangun platform khusus untuk menyediakan customer service online yang berkualitas untuk melayani klien dari seluruh dunia. 

Menjadi customer service online bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet.

Berapa pendapatan yang ditawarkan? LiveOps menawarkan penghasilan hingga $300/minggu. Tentunya harus didukung kemampuan berbahasa Inggris yang baik, ya?

Untuk di Indonesia, permintaan untuk jasa ini memang masih belum banyak. Namun, tak jarang pebisnis online yang mencari customer service freelance melalui platform seperti freelancer.co.id.

Selama Anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik, internet yang cepat dan ruang bekerja yang sunyi, Anda bisa bergabung untuk mendapatkan pekerjaan ini.

SaranaModalTempo Mendapat HasilKeahlian
Website, Media Sosial, Platform FreelancerKecil – SedangSedang – LamaMenengah – Tinggi

28. Membuat Situs Berlangganan (Membership Site)

Ada beragam cara mendapatkan uang dari internet berbekal pengetahuan Anda. Selain membuka kursus online dan menjadi online coach, Anda bisa membuat situs berlangganan.

Sebuah situs membership memuat banyak artikel dengan ulasan mendalam dan memberikan preview kepada pengunjungnya. Jika ingin membaca lebih lengkap, pengunjung harus berlangganan terlebih dahulu. 

Membuat situs berlangganan potensial untuk dijadikan cara mendapatkan uang dari internet.

Contoh situs membership adalah website miliki YosefArdi. Sebuah situs tentang Indonesia yang berbahasa Inggris. Untuk mendapat akses ke semua artikel barunya, pengunjung harus membayar Rp1 juta per bulan. Tentu pendapatan yang diterima cukup besar, ya?

Membuat situs membership tidaklah sulit. Anda cukup memasang plugin membership pada website WordPress Anda. Beberapa plugin terbaik yang bisa digunakan gratis adalah Ultimate Member dan Paid Membership Pro.

Beberapa tips untuk membuat situs membership yang sukses antara lain:

  • Pilihlah topik sesuai keahlian dan memiliki banyak pembaca (teknologi, bisnis, dll)
  • Mudahkan pengunjung mencoba dengan free trial access
  • Berikan pilihan jenis keanggotaan (full access, per bundle)
  • Sediakan beragam konten untuk berbagai jenis pengunjung (pdf, audio, dll)
SaranaModalTempo Mendapat HasilKeahlian
WebsiteSedangSedang Menengah – Tinggi

29. Membuka Jasa Optimasi Website

SEO (Search Engine Optimization) adalah optimasi website agar berada di ranking atas mesin pencari dengan tujuan meningkatkan jumlah pengunjung. 

Bagi sebuah website bisnis, berada di posisi atas Google sama dengan peningkatan penjualan. Sayangnya, tidak semua orang memiliki kemampuan optimasi ini. Oleh karena itu, jasa optimasi website banyak dibutuhkan. 

Jika Anda memiliki teknik SEO terbaru dan dapat membantu sebuah website mencapai posisi teratas, Anda bisa membuka jasa optimasi website. Keahlian tersebut bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah. 

Cara menghasilkan uang dari internet melalui jasa optimasi website kian banyak dilakukan.

Faktanya, jasa seorang konsultan SEO bisa mencapai $119/jam.

Untuk memulainya, Anda tentu harus memiliki sebuah website untuk membangun reputasi bisnis Anda. Kemudian, jelaskanlah jasa optimasi apa yang bisa Anda lakukan untuk membantu klien. Lalu, tentukan harga yang kompetitif untuk masing-masing jasa Anda. 

SaranaModalTempo Mendapat HasilKeahlian
WebsiteSedangSedang Tinggi

30. Mendapatkan Uang dari Live Streaming Game

Anda tidak salah dengar. Hanya dengan duduk santai memainkan game dan menayangkannya secara live, Anda bisa mendapatkan penghasilan. 

Twitch adalah platform live streaming interaktif yang digunakan para gamers berbagi momen bermain game. Platform ini gratis tapi bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet.

Contoh sukses cara ini adalah Tyler Blevins yang mampu menghasilkan $500.000/bulan dari kegiatan streaming game Fortnite di channel miliknya. Di Indonesia sendiri terdapat nama Randi yang sudah memiliki 13 ribu follower dari streaming game DOTA 2.

Menjadikan live streaming game sebaga cara mendapatkan uang dari internet sudah merupakan hal lazim.

Ada beberapa cara mendapatkan uang dari live streaming di Twitch:

  • Donasi. Anda bisa mendapatkan donasi dari subscriber Anda melalui PayPal dan lainnya.
  • Afiliasi. Sebagai bagian dari Amazon, menjual barang melalui Amazon Affiliates bisa menghasilkan komisi untuk Anda. 
  • Sponsor. Jika ada pihak sponsor yang tertarik, Anda bisa saja ditunjuk sebagai influencer untuk memasarkan produk mereka.
  • Penjualan Merchandise. Anda bisa membuka toko online Anda sendiri dengan beragam merchandise yang unik. Tyler Blevins melakukan hal ini.
Contoh penjualan merchandise dari steamer game online.

Sayangnya, Twitch kurang populer di Indonesia karena kalah bersaing dengan YouTube. Jadi, jika ingin menggunakan cara ini, Anda bisa membangun channel Twitch dengan audiens internasional. 

SaranaModalTempo Mendapat HasilKeahlian
Platform KhususKecilSedang Tinggi

31. Menciptakan Jingle

Jingle adalah lagu yang diciptakan khusus untuk iklan promosi produk. 

Jika Anda memiliki kemampuan menciptakan lagu dan musik yang enak dinikmati, menciptakan jingle bisa Anda gunakan untuk mendapatkan uang dari internet. Karena merupakan karya seni yang eksklusif, pendapatan yang Anda terima bisa sangat besar.

Contoh nyata cara ini adalah Sarah Hughes. Musisi perempuan ini mendapatkan hingga £92.000 dalam setahun dari menciptakan jingle. Yang paling menarik, untuk mendapatkan hasil tersebut ia hanya perlu bekerja selama 15 jam dalam seminggu.

Mendapatkan penghasilan dari menciptakan jingle membutuhkan beberapa persiapan, antara lain: 

  • Buatlah sebanyak mungkin karya dan pajang di website pribadi Anda.
  • Rajin mempromosikan karya Anda melalui media sosial.
  • Bergabung ke platform khusus musisi seperti Taxi atau platform umum seperti Fiverr.
Menciptakan jingle bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet.

Semakin sering Anda menciptakan karya yang baik dan memiliki banyak klien, semakin mudah Anda mendapatkan proyek besar dengan penghasilan yang menggiurkan.

SaranaModalTempo Mendapat HasilKeahlian
Website, Media Sosial, Platform FreelancerKecil – SedangSedang – LamaMenengah – Tinggi

Penutup

Ternyata banyak juga ya cara mendapatkan uang dari internet? Semoga daftar di atas bisa membantu Anda menemukan cara yang paling sesuai dengan keahlian Anda. 

Meskipun tanpa website bisa menjadi cara mendapatkan uang, memiliki website sendiri tetap merupakan pilihan terbaik. Tidak hanya terkait reputasi, namun juga kemudahan dalam mengelolanya sesuai keinginan Anda. 

Jangan lupa untuk selalu mengikuti panduan dan tips yang tepat dan bersabar untuk memperoleh hasilnya. 

Banyak orang yang menggunakan cara di atas sebagai sumber pendapatan utama. Tapi, tak jarang yang masih menggunakannya sebagai usaha sampingan. Keputusannya kembali di tangan Anda. 

Apapun itu, jangan ragu untuk membangun sukses online Anda! Salam Koperasi

SUMBER

Share Is Cool