30 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Untuk mendapatkan keuntungan berlipat, inilah tips melakukan domain flipping:

  • Pilih kategori tertentu yang Anda pahami. Misalnya, teknologi atau real estate.
  • Pikirkan nama yang memiliki nilai jual tinggi sebelum membelinya.
  • Lakukan pengecekan ketersediaan domain dengan ekstensi berbeda-beda.
  • Pertimbangkan harga saat membeli nama domain yang potensial.
  • Promosikan penjualan Anda menggunakan berbagai media.
SaranaModalTempo Mendapat HasilKeahlian
Website, Platform KhususSedangSedang – LamaMenengah – Tinggi

19. Mendapatkan Uang dari Subtitling/Transcription

Transcription adalah proses untuk mengubah percakapan dalam bentuk audio/video menjadi teks. Jika perubahan tersebut dilakukan dengan bahasa yang berbeda maka disebut subtitling.

Transcription bisa menjadi cara menghasilkan uang dari internet karena makin banyak orang yang membutuhkan jasa ini. Misalnya, ketika perusahaan melakukan promosi produk lewat talkshow dan membutuhkan versi teks untuk tujuan publikasi di website.

Seorang transcriber bisa mendapatkan penghasilan hingga $25 per jam

Mendapatkan uang dari Subtilting/Transcription cukup menjanjikan.

Sebagai langkah awal menggunakan cara ini, Anda bisa bergabung ke platform transcription seperti TranscribeMe dan Rev. Anda bisa juga mencari project dari situs freelancer seperti Projects.co.id atau Sribulancer.

Beberapa platform memiliki metode pembayaran yang berbeda, bisa per project atau per minggu. Sebagai catatan, pekerjaan subtitling akan mendatangkan penghasilan jauh lebih besar karena ada proses alih bahasa yang dilakukan. 

Jika keahlian yang dimiliki sudah meningkat, Anda bisa menawarkan jasa transcription secara mandiri melalui website Anda. Kuncinya, memberikan hasil terbaik sesuai waktu yang diberikan dan harga jasa yang kompetitif. 

SaranaModalTempo Mendapat HasilKeahlian
Website, Situs FreelanceKecilSedangMenengah – Tinggi

20. Menjadi ProofReader

Anda tentu pernah mendengar istilah proofreading, bukan? Sebuah proses pengecekan kesalahan pada sebuah dokumen agar siap diterbitkan. 

Berbeda dengan proses edit yang lebih kompleks, proofreading lebih banyak fokus pada typo, format penulisan dan tata bahasa. Jadi, jika Anda memiliki ketelitian dalam melakukan koreksi sesuai standar penulisan yang baik, Anda bisa mencoba pekerjaan ini.

Hasil yang didapatkan bisa dikatakan cukup menjanjikan. Seorang proofreader bisa mendapatkan hingga $3200 dalam sebulan pertama. Artinya, proofreading terbukti bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat.

Di Indonesia, hasil yang Anda peroleh belum tentu sebesar itu. Tapi, jumlah orang yang membutuhkan jasa proofreading terus meningkat, terutama di berbagai situs freelancer seperti Freelancer.co.id

Menjadi proofreader merupakan cara mendapatkan uang dari internet yang menguntungkan.

Jika menguasai bahasa asing, Anda bisa bergabung dengan platform seperti Scribendi. Atau untuk keleluasaan dan branding yang lebih baik, Anda bisa menggunakan website pribadi dan berkomunikasi langsung dengan klien Anda. Hasil yang diperoleh tentu lebih besar.

SaranaModalTempo Mendapat HasilKeahlian
Website, Situs FreelanceKecilSedangMenengah

21. Mengikuti Kontes Desain Online

Punya kemampuan desain yang baik dan ingin adu skill dengan desainer lain? Beberapa platform menggelar berbagai kontes desain yang bisa Anda ikuti. 

Tidak hanya untuk unjuk kualitas dan menambah portofolio, mengikuti kontes desain bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet.

Mengikuti kontes desain bisa jadi cara mendapatkan uang dari internet yang baik.

Beberapa website sering mengadakan kontes adalah 99designsLogoMyWay dan DesignCrowd. Bahkan beberapa kontes yang diadakan LogoMyWay memungkinkan Anda mendapatkan uang hingga $1000 dari satu kontes saja.

Di Indonesia, Anda bisa mengunjungi Sribu sebagai platform freelancer khusus desainer.

Untuk mengikuti sebuah kontes, Anda bisa mendaftar ke salah satu platform yang dituju dan lampirkan portofolio. Pilih kontes yang ingin Anda ikuti dan terbuka untuk umum. Kirimkan karya sesuai format yang diminta dan tunggu hasil penentuan pemenangnya.

Agar lebih mudah dalam memenangkan kontes, inilah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Kenali kekuatan skill desain Anda, apakah flat design, 3D atau lainnya.
  • Baca syarat dan ketentuan kontes, terutama format karya dan waktu tenggat.
  • Kenali persaingan sebuah kontes.
  • Bila perlu, kirimkan lebih dari satu karya.
SaranaModalTempo Mendapat HasilKeahlian
Situs KontesKecilCepatMenengah – Tinggi

22. Menjadi Freelancer Data Entry

Sesuai namanya, data entry adalah pekerjaan memasukkan data ke dalam sebuah sistem. 

Jenis pekerjaan data entry cukup banyak, mulai yang perlu keahlian khusus hingga yang sederhana. Salah satu contohnya adalah captcha entry dimana Anda akan diminta mengerjakan captcha untuk digunakan pada sebuah website.

Contoh captcha di salah satu website.

Kami merekomendasikan captcha entry sebagai pekerjaan sampingan saja karena hasilnya tidak sebesar beberapa cara yang lain. Namun, tanpa kualifikasi khusus, pekerjaan ini dapat dilakukan oleh siapa saja dari rumah. 

Menjadi freelancer data entry merupakan cara mendapatkan uang dari internet yang menjanjikan.

Caranya, Anda cukup bergabung ke salah satu platform seperti 2captcha dan mulai mengerjakan data entry sesuai waktu yang Anda inginkan. Uang yang dihasilkan dari 1000 captcha bisa mencapai $1 yang akan masuk ke akun PerfectMoney yang didaftarkan.

SaranaModalTempo Mendapat HasilKeahlian
Platform KhususKecilCepatRendah

23. Menawarkan Jasa Rangkai Kata

Lewat salah satu posting Twitter,seorang penulis buku kenamaan Zarry Hendrik, mengenalkan jasa rangkai kata. Apa itu? Jasa membuat caption untuk media sosial, baik untuk tujuan pribadi maupun bisnis. 

Jasa Rangkai Kata mulai populer sebagai cara mendapatkan uang dari internet.

Kenapa cara mendapatkan uang yang unik ini masuk ke dalam daftar kami? Sebab, penghasilan dari jasa rangkai kata cukup fantastis, hingga Rp40juta dalam satu bulan.

Jika Anda memiliki kemampuan dalam merangkai kata atau mengetahui teknik copywriting, sukses Zarry bisa menjadi inspirasi Anda untuk mendapatkan penghasilan dari internet. 

Untuk memulai cara ini, tentu Anda harus memiliki reputasi online yang baik dan mampu menunjukkan kemampuan Anda. Selanjutnya, tentukan siapa yang akan menjadi target pasar Anda, bisa pribadi atau bisnis. Lalu, manfaatkanlah website dan media sosial Anda untuk mulai melakukan promosi. 

SaranaModalTempo Mendapat HasilKeahlian
Media SosialKecilCepat – SedangMenengah

24. Menjadi Social Media Manager

Kemampuan mengelola akun media sosial bisa menjadi cara menghasilkan uang dari internet. Yaitu, dengan menjadi seorang social media manager.

Seperti Anda tahu, media sosial memiliki peran penting dalam ikut membangun reputasi online dan meningkatkan penjualan produk. Tak heran, banyak perusahaan maupun sosok penting yang menunjuk seorang manajer mengelola akun resmi mereka. 

Melakukan pekerjaan sebagai social media manager bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet.

Berapa pendapatan yang bisa diperoleh? Menggunakan data Upwork, kisarannya di $10 hingga $50 untuk freelance. Hasil yang Anda dapatkan tentu akan lebih besar jika mampu mengelola akun luar negeri. 

Tanpa perlu mengeluarkan modal, Anda bisa bergabung ke platform freelance dan menawarkan jasa pengelolaan akun media sosial. Jika ingin lebih profesional, bangunlah portofolio di website Anda dan tunjukkan klien yang pernah Anda tangani. Tentu akan lebih meningkatkan reputasi Anda.

Untuk menjadi seorang social manager yang baik, inilah yang perlu Anda lakukan:

  • Asah terus kemampuan komunikasi publik Anda, terutama dalam bentuk tulisan.
  • Pelajari teknologi terbaru dan tools social media management.
  • Ikuti trend social media terutama dari brand ternama.
  • Kelola waktu kerja dengan baik. 
SaranaModalTempo Mendapat HasilKeahlian
Media SosialKecilCepat – SedangMenengah

25. Mendapatkan Uang dari Podcasting

Podcasting adalah berbagi konten audio secara online.

Apakah podcasting bisa menjadi cara menghasilkan uang dari internet? Bisa.

Di luar negeri, contoh sukses dari cara ini adalah Bill Simmons. Pemilik website The Ringer ini sukses mendapatkan pemasukan dari iklan sebesar 15 juta dollar di tahun 2018. 

Meskipun podcast masih belum populer di Indonesia, tapi potensi keberhasilan cara ini cukup tinggi. Sebab, Anda bisa menjadi podcaster pertama dengan topik tertentu dan memiliki jutaan pendengar. 

Seperti halnya blogging, podcasting memungkinkan Anda mendapatkan penghasilan dari iklan, sponsor, afiliasi, donasi, dan lainnya. 

Sebagai langkah awal, Anda bisa membuat website WordPress dan memasang plugin podcast seperti PowerPress. Lalu, Anda bisa menghubungkan ke beberapa platform. Contohnya, Spotify for Podcaster atau Google Podcasts

Podcasting merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang menjanjikan.

Untuk membangun podcast yang sukses, inilah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan:

  • Pilihlah topik yang disukai karena akan mendatangkan iklan.
  • Bangun brand dari kegiatan podcasting Anda.
  • Ciptakan konten menarik dengan kualitas audio terbaik.
  • Tumbuhkan audiens Anda dengan engagement yang tepat.
SaranaModalTempo Mendapat HasilKeahlian
Website, Platform KhususKecilSedangMenengah

Baca Juga

Baca Selanjutnya

Share Is Cool