30 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

15. Menjual Kerajinan Tangan Online

Kualitas kerajinan tangan Indonesia telah diakui dunia. Bahkan nilai ekspor produk kerajinan tangan Indonesia mencapai $1,2 miliar

Berjualan kerajinan tangan secara online bisa menjadi cara menghasilkan uang dari internet.

Jika Anda memiliki keahlian menciptakan produk berkualitas, jangan ragu bersaing di pasar global secara online. Sebab, menjual kerajinan tangan merupakan cara mendapatkan uang yang menjanjikan.

Sudah banyak contoh sukses dari cara ini. Sebut saja, Aling Nur Naluri, pendiri Rancange, usaha kerajinan berbahan sampah. Dengan memberdayakan masyarakat sekitar, Nur berhasil menciptakan produk yang menjangkau pasar Eropa dengan omset Rp40 juta/bulan.

Untuk mampu bersaing, pastikan produk Anda unik dan berkualitas. Selanjutnya, Anda bisa mulai menjual produk Anda. Baik melalui website toko online Anda, bergabung ke marketplace atau menggunakan media sosial.

Jika menggunakan media sosial, Anda bisa membuat konten yang menarik atau bisa menyiapkan budget untuk beriklan. Facebook ads dan Instagram ads mampu memberikan hasil yang baik untuk meningkatkan penjualan. 

Apabila memanfaatkan marketplace, beberapa platform Internasional seperti Etsy sering menjual produk Indonesia. Jika ingin mencoba pasar lokal, KuKa bisa menjadi alternatif yang baik. 

SaranaModalTempo Mendapat HasilKeahlian
Toko Online Media Sosial, MarketplaceSedang – BesarCepat – SedangTinggi

16. Menjadi Social Media Influencer

Sesuai namanya, influencer adalah seseorang yang mampu mempengaruhi masyarakat untuk membeli suatu produk berkat keahlian atau reputasinya.

Anda mungkin tidak menyadari bahwa menjadi influencer, terutama di media sosial, merupakan cara mendapatkan uang dari internet yang ampuh. 

Faktanya, 80% perusahaan bersedia membayar seorang influencer karena cara tersebut dianggap efektif. Jika seseorang sesuai dengan target pasar yang ingin dijangkau, tak jarang pebisnis akan mengajak kerjasama untuk memasarkan suatu produk.

Untuk menjadi seorang influencer, Anda tentu tak perlu setenar Kylie Jenner yang satu post Instagram-nya dihargai $1.2 juta. Anda bisa menjadi diri Anda sendiri dan mencapai sukses di niche tertentu, seperti yang ditunjukkan Ucita Pohan, seorang Instagram influencer.

Memilih menjadi social influencer merupakan cara mendapatkan uang dari internet yang potensial.

Menariknya, semua platform media sosial seperti Instagram atau Facebook memiliki audiens sendiri. Jadi apapun level influencer Anda, kejelian melihat peluang dan platform yang tepat dapat membantu kesuksesan. 

Jika ingin menggunakan cara mendapatkan uang ini, Anda bisa melakukan hal berikut:

  • Pilihlah topik khusus (niche).
  • Bagikan informasi yang bermanfaat dan relevan.
  • Bangun komunikasi dengan audiens.
  • Bangun reputasi online yang baik .
SaranaModalTempo Mendapat HasilKeahlian
Media SosialKecilSedangMenengah – Tinggi

17. Menjual Hasil Karya Foto Digital

Hampir semua karya digital bernilai ekonomis. Tak terkecuali karya foto. Jadi, Anda bisa menjual karya foto Anda untuk mendapatkan penghasilan.

Sebagian besar fotografer menjual karya mereka melalui situs pihak ketiga seperti Shutterstock. Beberapa diantara mereka mengaku mampu menghasilkan pendapatan yang menjanjikan hingga $34.000Fantastis, bukan?

Meskipun merupakan cara mendapatkan uang dari internet yang mudah, bergabung ke Shutterstock kurang menguntungkan bagi pemula. Sebab, nominal yang diberikan cukup kecil. Solusinya, Anda bisa menggunakan platform lain seperti 500px dan Virtual Society yang memberikan tarif lebih besar. 

Menjual karya foto digital merupakan cara mendapatkan uang dari internet yang baik.

Cara lainnya, Anda bisa menjualnya di website Anda sendiri. Cukup memasang plugin Sell Media di website WordPress Anda dan melakukan beberapa pengaturan, Anda sudah bisa membuat website stock foto sendiri. 

SaranaModalTempo Mendapat HasilKeahlian
Website, Situs MicrostockSedangSedangMenengah – Tinggi

18. Jual Beli Domain

Domain adalah alamat website yang berfungsi sebagai sebuah identitas online. 

Terutama bagi pebisnis, peran domain sangat besar untuk branding. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang rela mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan nama domain ideal. 

Namun, ada juga yang mengeluarkan sedikit uang dengan memanfaatkan promo domain.

Inilah yang sering dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan melalui bisnis jual beli domain atau domain flipping. Tak tanggung-tanggung, sebuah domain bisa dijual berkali-kali lipat seperti yang terjadi pada voice.com. Harganya tembus $30juta!

Jika Anda tertarik, domain flipping ini bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah.

Bisnis jual beli domain bisa menjadi cara menghasilkan uang dari internet yang efektif.

Langkah pertama, Anda bisa membeli domain terlebih dahulu. Kemudian menampilkan informasi for sale di website dengan domain tersebut. Cara lainnya, Anda bisa bergabung ke platform jual beli domain seperti Flippa dan Sedo.

Baca Juga

Baca Selanjutnya

Share Is Cool