30 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

11. Menjadi Penulis Freelance

Sesuai namanya, penulis freelance bekerja untuk klien dengan menulis artikel terkait topik tertentu. 

Menjadi penulis freelance yang andal bisa menjadi cara mendapatkan uang yang menjanjikan. Salah satu alasannya, 91% perusahaan menggunakan strategi content marketing untuk menjangkau konsumen mereka agar dapat meningkatkan penjualan produk. 

Kondisi ini membuat kebutuhan akan konten yang berkualitas meningkat pesat. Jadi, peran penulis menjadi sangat diperlukan. 

Banyak penulis lepas yang sukses dengan penghasilan besar bahkan ketika masih menjalani pekerjaan kantoran. Contohnya, Holly Johnson yang mampu menghasilkan $200.000 dari keahliannya menulis. 

Untuk menjadi freelancer, Anda bisa mengunjungi situs freelance seperti Sribulancer atau Projects.co.id dan bergabung sebagai anggota. Kemudian, Anda bisa memilih tawaran pekerjaan yang sesuai dan melakukan bid

Menjadi penulis freelancer merupakan cara mendapatkan uang dari internet yang menjanjikan.

Namun, bergabung dengan platform freelance saja belum cukup. Anda perlu membangun sebuah web portofolio dan memajang karya terbaik Anda. Jika klien tertarik dengan kemampuan Anda, mereka akan menghubungi melalui kontak yang telah Anda sediakan. 

SaranaModalTempo Mendapat HasilKeahlian
Website, Platform KhususKecilCepat – SedangTinggi

Baca juga

12. Bergabung ke Platform Survei Online

Cukup menjawab beberapa pertanyaan mudah, Anda bisa mendapat penghasilan. 

Bergabung ke online survei memang menjadi cara mendapatkan uang dari internet yang mulai digemari. Meskipun cara ini tidak menjanjikan hasil sebesar yang lain, tetapi cukup untuk menambah uang saku Anda. 

Selain itu, perusahaan kian banyak yang membutuhkan survei untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendapatkan berbagai data untuk pengembangan produk. Artinya, online survey akan tetap dibutuhkan.

Melakukan survey online bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal.

Untuk menggunakan cara ini, Anda bisa bergabung ke platform survei. Di Indonesia, terdapat beberapa platform seperti YouGov IndonesiaOpinionWorld, dan lainnya. Di luar negeri, platform seperti Survey Junkie dan Prize Rebel telah memiliki cukup banyak pengguna. 

Jumlah pendapatan tergantung platform yang Anda pilih. Bentuk pembayarannya bisa berupa cash maupun voucher. Misalnya, jika mendapatkan 5000 poin dari YouGov, Anda bisa menukarkan dengan pulsa, voucher Tokopedia, atau PayPal

Beberapa tips jika ingin menggunakan cara ini adalah

  • Pilihlah platform survey yang terpercaya dan membayar sesuai ketentuan.
  • Pertimbangkan waktu yang Anda miliki karena proses survey bisa cukup lama.
  • Jangan gunakan email utama karena akan dibanjiri dengan penawaran survei.
  • Baca dengan baik syarat dan ketentuannya.
SaranaModalTempo Mendapat HasilKeahlian
Platform KhususKecilSedang – LamaRendah

13. Menjadi Tester Website

Pernah terpikir untuk menjadi tester website sebagai cara menghasilkan uang dari internet?

Tester website adalah seseorang yang melakukan pengujian pada website, baik sebelum diluncurkan secara online maupun untuk tujuan pengembangan.

Saat ini, banyak platform yang bersedia membayar Anda melakukan pengujian website. Beberapa contohnya adalah User Testing dan TryMyUI. Platform tersebut memiliki klien dengan nama besar seperti AdobeMicrosoft, hingga Facebook.

Menjadi tester website merupakan cara menghasilkan uang dari internet yang menjanjikan.

Berapa yang Anda dapatkan? Rata-rata Anda akan menerima $10 untuk setiap pengujian yang Anda lakukan. Namun, bisa saja Anda mendapatkan hingga $60 jika pengujian yang dilakukan membutuhkan keahlian tinggi. 

Untuk menggunakan cara ini, Anda bisa mendaftar ke salah satu platform dan menjalani tes yang diberikan. Berbeda dengan survei online, Anda hanya bisa memulai website testing setelah lolos uji kemampuan. 

Jadi, jika Anda tahu bagaimana website terlihat bagus, memiliki bahasa Inggris yang cukup untuk menuliskan review, cara ini layak untuk dicoba. 

SaranaModalTempo Mendapat HasilKeahlian
Platform KhususKecilSedangTinggi

14. Berjualan eBook

Berbekal keahlian di bidang tertentu dan kemampuan menulis yang baik, Anda bisa membuat ebook sendiri lalu menjualnya. 

Berjualan ebook bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet.

eBook kian populer dan penjualannya pun kian meningkat. Selain itu, banyak toko buku konvensional yang sudah mulai menyediakan buku versi digital melalui website resmi. Contohnya, Gramedia.

Dengan kondisi tersebut, berjualan ebook bisa menjadi cara menghasilan uang dari internet yang menjanjikan. 

Berapa yang bisa didapatkan dari berjualan ebook? Seorang penulis mendapatkan hingga $2000 dari penjualan produk digitalnya di Amazon saja. Luar biasa!

Untuk berjualan ebook, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan:

  • Menulis topik yang unik namun bermanfaat.
  • Membuat cover ebook yang menarik.
  • Mengubahnya dalam format buku online, seperti PDF, ePub, atau MOBI.
  • Menjualnya melalui website pribadi atau marketplace.
  • Melakukan upaya promosi melalui media sosial.

Penjualan ebook merupakan langkah terpenting. Jika melakukannya melalui website WordPress, gunakanlah plugin penjualan digital seperti Easy Digital Download atau Sell Digital Downloads.

Apabila menggunakan marketplace, pilihlah platform yang baik seperti Amazon Kindle, atau Payhip. Di Indonesia, terdapat pilihan seperti KaryaVirtual dan NulisBuku.

SaranaModalTempo Mendapat HasilKeahlian
Website, MarketplaceKecilSedangTinggi

Baca juga

Baca Selanjutnya

Share Is Cool