30 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

JS NEWS – Mendapatkan penghasilan dari internet tidaklah terlalu sulit. Banyak orang yang telah menghasilkan ratusan juta rupiah dari aktivitas online mereka. Anda juga dapat meraih kesuksesan yang sama. Asal, Anda  mengetahui cara mendapatkan uang dari internet yang tepat.

Di artikel kali ini, kami akan membagikan berbagai cara menghasilkan uang dari internet yang bisa Anda coba. Mari simak lebih lanjut. 

Setidaknya ada lebih dari 30 cara mendapatkan uang yang sudah kami rangkum. Jadi, Anda tak perlu repot melakukan riset sendiri. 

Yang perlu diingat, karena ini adalah cara mendapat uang secara online, Anda jelas perlu kehadiran sebuah website. Website akan mendukung usaha yang Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan. Sebab, website merupakan sarana membangun reputasi online yang terpercaya untuk jangka panjang. 

1. Bergabung dengan Afiliasi

Secara sederhana, afiliasi adalah kerja sama promosi dan penjualan produk. Anda akan mendapatkan  imbalan berupa komisi untuk tiap produk yang terjual. Prinsip dasarnya, revenue sharing alias berbagi pendapatan. 

Bisa dikatakan afiliasi adalah cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal. Sebab, hampir semua program afiliasi memungkinkan Anda bergabung secara gratis

Untuk mendapatkan uang dari afiliasi, Anda perlu mendaftar sebuah program afiliasi terlebih dahulu. Di luar negeri, program yang populer adalah Amazon Affiliates. Di Indonesia, Anda bisa bergabung dengan Program Afiliasi Indonesia tanpa biaya pendaftaran.

Setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan banner referral atau kode kupon. Anda bisa membagikannya ke orang lain. Bisa ke pengunjung website atau follower Anda di media sosial. 

Pada saat seseorang menggunakan link Anda dan melakukan pembelian produk, Anda akan mendapatkan komisi. Beginilah ilustrasi sederhananya:

Bagan Program Afiliasi Indonesia untuk mendapatkan uang dari internet.

Secara umum, afiliasi bisa menunjukkan hasil dalam waktu relatif cepat. Bahkan, di Program Afiliasi Indonesia, Anda bisa melakukan pencarian dana (payout) dengan minimal 2 penjualan yang aktif saja!

Jadi, memilih program afiliasi yang tepat itu penting. Dan program afiliasi yang baik memiliki ciri sebagai berikut: 

  • Komisi menguntungkan.
  • Pembayaran tepat waktu.
  • Registrasi mudah dilakukan. 
SaranaModalTempo untuk Mendapat HasilTingkat Keahlian
Website, Media Sosial, Platform KhususKecilCepat – SedangMenengah

2. Membuka Toko Online

Membuka toko online bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet. Terutama, jika Anda memiliki produk barang yang berkualitas. 

Toko online merupakan sebuah website yang memajang beragam produk untuk dijual. Toko online juga disertai fitur yang memudahkan transaksi pembelian. Tiap pembayaran bisa dilakukan secara otomatis lewat payment gateway. Sudah begitu, toko online Anda bisa terus buka selama 24 jam.

Cara mendapatkan uang dengan membuka toko online di bidang fashion.

Toko online juga menawarkan jangkauan audiens yang lebih luas. Berbeda halnya ketika Anda menjual produk secara offline dengan pasar terbatas. Selain itu, biaya pengelolaan toko online jauh lebih kecil. 

Toko online yang dikelola dengan baik dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. rokpanjang.com milik Dian Eka contohnya. Dengan modal awal 4,5 juta, omzet bisnisnya mampu menembus 30 juta rupiah per bulan.

Untuk bisa mengikuti jalan sukses Dian, Anda perlu membuat toko online terlebih dahulu. Kami menyarankan Anda menggunakan platform WordPress dan juga plugin WooCommerce. 

Plugin toko online terbaik WordPress bernama WooCommerce.

Tahap selanjutnya, lakukanlah pengaturan toko online, mulai dari menentukan jenis pembayaran yang diterima hingga aturan pengiriman barang.

Setelah itu, tambahkanlah produk yang Anda jual, lengkap dengan deskripsinya. Untuk memudahkan pembeli, Anda juga dapat mengaturnya dalam beberapa kategori. 

Dengan demikian, Anda sudah siap menjual produk secara online. Untuk meningkatkan penjualan, jangan lupa untuk mempelajari teknik digital marketing yang tepat. 

Selain itu, perhatikanlah fitur toko online Anda untuk meraih kesuksesan dengan cepat. Fitur utama yang harus ada antara lain:

  • User friendly dan mobile responsive.
  • Halaman promo.
  • Payment gateway.
SaranaModalTempo untuk Mendapat HasilTingkat Keahlian
WebsiteKecil – MenengahSedangMenengah

3. Membuat Blog

Blogging bukan lagi sekedar hobi. Kegiatan ini bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet. 

Berita bagusnya, siapapun bisa membuat dan menulis blog. Pun, tidak ada aturan pakem topik apa  yang harus ditulis. Anda bebas ingin menulis topik apapun. 

Menggunakan food blog sebagai cara menghasilan uang dari internet dengan mudah.

Contoh sukses dari blogging adalah Randa Derkson. Ibu dari 2 anak ini adalah pemilik blog food and travel, The Bewitchin Kitchen. Dalam salah satu postingan, Randa menyebutkan bahwa penghasilannya dari ngeblog bisa mencapai Rp65 juta/bulan. Wow! 

Untuk mendapatkan uang dari blogging, tentu Anda harus membuat blog sebagai langkah awal. Ingat, selalu buatlah blog dengan berlanggan hosting. Sebab, memanfaatkan blog gratis memiliki beberapa kelemahan untuk mendapatkan uang dari internet. 

Pertama, hampir semua platform blog gratis melarang Anda memasang iklan. Kedua, platform blog bisa saja menghapus blog Anda jika dianggap melanggar. Artinya, Anda tidak memiliki kendali penuh atas blog tersebut. 

Nah, jika blog pribadi Anda sudah online, lanjutkanlah pada tahapan pembuatan konten yang menarik. Semakin bermanfaat konten tersebut, semakin besar kemungkinan pengunjung yang bisa didapatkan. 

Agar lebih cepat mendapatkan banyak pengunjung, Anda bisa belajar cara meningkatkan trafik dengan tepat.

Jika kondisi tersebut sudah dicapai, Anda bisa mulai upaya mendapatkan penghasilan online. Dari mana saja?

  • Iklan. Anda bisa bergabung dengan Google Adsense. Saat pengunjung mengklik iklan yang dipasang di blog, Anda akan mendapatkan penghasilan. 
  • Sponsored Posts. Anda bisa bekerja sama dengan pihak lain untuk mengulas suatu produk di blog Anda. 
  • Afiliasi. Cukup tempatkan banner afiliasi di blog Anda. Lalu, dapatkan komisi setiap kali pengunjung mengklik link tersebut. 

Nah, untuk dapat membangun blog yang baik, kami memiliki beberapa tips untuk Anda. Pertama, pilihlah topik (niche) yang Anda kuasai. Kedua, aktiflah bekerjasama dengan banyak pihak untuk meningkatkan link. Ketiga, pelajari SEOagar lebih cepat mendapatkan pengunjung. 

SaranaModalTempo untuk Mendapat HasilTingkat Keahlian
WebsiteKecilSedangMenengah

4. Berjualan Software

Anda paham coding? Manfaatkanlah keahlian tersebut sebagai cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal. Berbekal laptop yang Anda miliki, Anda bisa memulai cara ini dari rumah. 

Sebuah software bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan masyarakat seperti software kasir. Atau, bisa berawal dari ide pribadi Anda.

Nah, bagaimana cara berjualan software?

Ketika produk software sudah jadi, Anda bisa langsung menjualnya. Beberapa caranya antara lain:

  • Membagikan versi gratis dan menjual versi premium di website Anda.
  • Menjualnya melalui App Store sesuai sistem operasinya (Apple Store, Play Store).
  • Menawarkan versi trial di website dan menawarkan lisensinya.
  • Menjual software dengan sistem SaaS (Software as a Service).
  • Menerima permintaan pembuatan software khusus melalui website.
Cara mendapatkan uang dari internet dengan berjualan software di Apple Store.

Contoh sukses dari cara ini adalah Chris Wanstrath yang menjual GitHub ke Microsoft dengan nilai Rp105 triliun. Ada juga Hengki Wijaya yang sukses menjual software keamanan lalu lintas kepada pemerintah Australia.

SaranaModalTempo untuk Mendapat HasilTingkat Keahlian
Website, Platform KhususKecilSedangTinggi

5. Membuka Jasa Online Coaching

Cara menghasilkan uang dari internet tidak harus bermodal barang. Anda juga bisa menawarkan jasa/keahlian Anda. Salah satunya, keahlian mengajar.

Online coaching adalah berbagi ilmu secara online menggunakan perangkat digital. 

Ada sangat banyak ilmu/keahlian yang bisa anda bagikan secara online. Mulai dari mata pelajaran sekolah, tutorial, hingga tips dan trik bisnis. 

Contoh sukses cara ini adalah Michael Serwa. Ia bisa mendapatkan hingga 500.000 pounds setahun dari online coaching. Yang istimewa, Michael bisa memulai cara ini meskipun belum memiliki sertifikasi lengkap. Artinya, Anda bisa mulai menggunakan cara ini kapan saja.  

Ada dua pilihan untuk menggunakan cara ini : bergabung ke platform mengajar online seperti KelasKita.com atau memanfaatkan website pribadi Anda. 

Membuka jasa coaching online bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet.

Perlu diingat bahwa dengan website pribadi, Anda bisa membangun identitas online dengan lebih baik dari sisi branding maupun upaya pengembangannya.

Sesi mengajar dalam online coaching bisa dilakukan melalui video calling menggunakan WhatsApp atau Skype. Cara lainnya adalah mengadakan live streaming khusus anggota di website/blog Anda. 

Selain menentukan kelompok usia dan materi yang diajarkan, Anda juga bisa menentukan apakah akan menggelar sesi personal atau membuka kelas kolektif.

Jika Anda tertarik menggunakan cara ini, pastikan untuk:

  • menentukan target peserta sesuai dengan keahlian Anda.
  • memiliki sarana pengajaran yang berjalan baik (internet, laptop, dll).
  • mengatur jadwal mengajar dengan baik.
  • materi pelajaran yang berkualitas, lengkap dan unik.
SaranaModalTempo untuk Mendapat HasilTingkat Keahlian
Website, Platform KhususKecilCepat – SedangTinggi

6. Membuat Kursus Online

Hampir sama dengan online coaching, membuat kursus online juga memungkinkan Anda menghasilkan uang dengan bekal keahlian. 

Bedanya, kursus online menuntut Anda memiliki website sebagai pusat aktivitas online dan lebih menekankan penyediaan materi pengajaran yang menarik. 

Beberapa contoh website online course yang bisa Anda jadikan contoh adalah UdemyCoursera, dan RuangGuru

Menghasilkan uang dari internet bisa dengan cara membuka kursus online.

Untuk membuat kursus online, Anda bisa membangun website dengan platform WordPress, lalu menginstall plugin LMS. 

Plugin LMS memungkinkan Anda membangun kursus online dengan mudah di website WordPress Anda. Fitur yang ditawarkan pun cukup lengkap seperti penataan kursus, pembuatan quiz, dan pengelolaan pembayaran. 

Untuk meraih hasil optimal saat membuka kursus online, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui:

  • Pilihlah salah satu topik (niche) yang Anda kuasai seperti coding, desain, dll.
  • Pastikan topik tersebut banyak diminati.
  • Buatlah konten yang menarik dan interaktif.
  • Sediakan beragam jenis pembayaran untuk memudahkan konsumen.
SaranaModalTempo untuk Mendapat HasilTingkat Keahlian
WebsiteMenengahSedangTinggi

7. Menjual Tema dan Plugin WordPress

Kemampuan coding terkait web development cukup potensial digunakan sebagai cara mendapatkan uang dari internet. 

Tidak hanya melalui jasa pembuatan website, Anda bisa juga menjual tema dan plugin website WordPress. Faktanya, berjualan tema WordPress bisa mendatangkan keuntungan hingga $1 juta hanya dari satu marketplace saja.

Nah, untuk memulainya, Anda bisa menciptakan beragam tema dan plugin yang dibutuhkan pengguna. Pastikan kualitas terbaik yang Anda tawarkan. Lalu, Anda bisa menjualnya melalui website pribadi Anda dengan sistem freemium. 

Menjual tema dan plugin WordPress bisa menjadi cara menghasilkan uang dari internet.

Untuk menjangkau lebih banyak audiens, Anda bisa bergabung ke beberapa marketplace seperti ThemeForest dan TemplateMonster. Kemudian, tingkatkan penjualan Anda. Beberapa marketplace akan memberikan reward dengan sistem tier berdasar jumlah penjualan Anda.    

SaranaModalTempo Mendapat HasilKeahlian
Platform KhususKecilSedang Tinggi

8. Menawarkan Keahlian Desain Grafis

Mewujudkan sebuah konsep menjadi tampilan visual yang menarik tidaklah mudah. Oleh karena itu, keahlian seorang desainer grafis sangat dibutuhkan, terutama untuk tujuan bisnis. 

Dengan keahlian desain yang Anda miliki, ada banyak cara menghasilkan uang dari internet. Bisa dengan berbagi pengetahuan melalui online course seperti Kimi Kinsey dan meraup $2000/bulan. Bisa juga dengan menjual karya desain Anda. 

Cara mendapatkan uang dari initernet dengan menawarkan keahlian desain grafis cukup menjanjikan.

Untuk mengikuti cara ini, memiliki sebuah website portofolio yang baik sangat direkomendasikan, seperti miliki Lotta Nieminen, desainer grafis dari Finlandia. Lalu, Anda bisa menuliskan berbagai keahlian Anda di bagian About. Tujuannya, memudahkan klien untuk menghubungi Anda. 

Lebih dari itu, Anda juga bisa membuat merchandise unik di website Anda. Jika menggunakan platform WordPress, cukup gunakan plugin WooCommerce dan buat halaman Shop/Toko di website tersebut.

Untuk melakukan upaya promosi, Anda bisa menggunakan media sosial atau bergabung ke beberapa platform freelance untuk memudahkan klien menemukan Anda.

SaranaModalTempo Mendapat HasilKeahlian
Situs Freelance, Website Pribadi, Media SosialKecil – SedangSedang Tinggi

9. Membangun Channel YouTube

Anda mengenal Ryan Kaji? Anak berusia 8 tahun ini menduduki ranking pertama dalam YouTube Top Earners. Tak kurang dari $26 juta ia hasilkan di tahun 2019. Wow!

membangun channel YouTube bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal.

Bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube ala Ryan? Sederhana, ia melakukan unboxing mainan anak-anak. 

Dengan gaya natural khas anak-anak, ia mampu mendulang banyak follower dan menarik nama besar seperti Nickelodeon dan Hulu menawarkan kerjasama sponsorship. 

Tentu, banyak ide konten lain yang bisa Anda gunakan. Misalnya, review produk makanan dan elektronik, atau berbagi tips kecantikan. 

Selain dari sponsor, seorang YouTuber bisa mendapatkan banyak penghasilan, mulai dari iklan hingga menjadi seorang influencer.

Membangun channel YouTube itu gratis. Anda tak perlu memikirkan modal untuk menggunakan cara ini. Memang diperlukan alat pendukung seperti kamera dan lainnya, namun yang terpenting adalah konten yang menarik. Idenya pun harus unik, bisa channel hiburan, informasi umum, atau tutorial.

Selain itu, 88% pengguna internet Indonesia mengakses YouTube. Artinya, besar peluang Anda untuk bisa menjangkau audiens yang banyak. 

SaranaModalTempo Mendapat HasilKeahlian
Platform KhususKecilCepat – SedangMenengah

10. Menjual Produk secara Dropship

Sebelumnya kami pernah mengulas dropship sebagai ide bisnis rumahan. Kenyataanya, dropship memang salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal.

Secara singkat, prinsip kerja dropship seperti reseller, Anda berjualan produk pihak lain. Bedanya, reseller harus menyimpan barang sebelum dijual kembali, dropship tidak. Sebab, semua pengiriman barang dilakukan supplier. 

Meskipun margin keuntungannya tidak sebesar berjualan produk sendiri, hasilnya cukup menjanjikan. Salah satu contohnya adalah Marc Chapon yang bisa mendapatkan penghasilan lebih $150.000 dalam waktu hanya tiga bulan.

Berjualan secara dropship bisa menjadi cara menghasilkan uang dari internet yang efektif.

Di Indonesia, dengan banyaknya marketplace membuat dropship berkembang dan bisa mendatangkan penghasilan hingga jutaan rupiah.

Untuk menjajal bisnis dropship, ada beberapa langkah yang dilakukan:

  • Menentukan produk yang akan dijual (elektronik, kosmetik, dll).
  • Mencari supplier dengan reputasi baik.
  • Menentukan sarana berjualan (marketplace, website pribadi, media sosial).
  • Membangun brand Anda sendiri dan mempromosikannya.

Jika langkah tersebut sudah dilakukan, Anda siap berjualan secara dropship.

SaranaModalTempo Mendapat HasilKeahlian
Marketplace, Website, Media SosialKecilSedang Rendah

Baca Juga

Baca Selanjutnya

Share Is Cool