13+ Cara Menghilangkan Komentar SPAM di WordPress

JS NEWS – Sebagai pemilik website, Anda pasti sudah tak asing lagi dengan spam komentar WordPress.

Komentar seperti promosi website, iklan produk tak jelas, atau kalimat acak yang memenuhi kolom komentar Anda. Komentar spam ini bukannya memancing diskusi, tapi justru memancing emosi bagi siapapun yang membacanya.

Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress dengan Mengubah Pengaturan

Cara menghilangkan spam komentar WordPress termudah adalah dengan mengubah pengaturan di Settings > Discussion

Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress dengan Mengubah Pengaturan

Di menu Discussion ini, ada tujuh pengaturan yang bisa Anda ubah:

1. Menonaktifkan Kolom Komentar

Anda bisa menonaktifkan kolom komentar sepenuhnya jika memang dirasa tidak penting. Apalagi jika selama ini kolom komentar hanya berisi spam yang menyebalkan.

Ada beberapa cara menonaktifkan kolom komentar di WordPress. Namun, cara termudahnya adalah dengan menghilangkan centang pada opsi Allow people to submit comments on new posts yang berada di Settings > Discussion. Setelah itu, klik tombol Save Changes yang berada di bagian paling bawah halaman.

cara menghilangkan komentar spam di wordpress dengan menonaktifkan kolom komentar

Oh ya, pengaturan ini hanya menonaktifkan kolom komentar di post Anda yang dibuat setelahnya. Bukan pada post yang sudah terbit. Jika Anda juga ingin menonaktifkan kolom komentar di post terdahulu, langsung saja menuju ke poin nomor tujuh di bawah.

2. Mematikan Komentar Anonymous

Secara default, setiap orang yang ingin berkomentar di WordPress itu harus memasukkan nama, email, dan alamat websitenya.

Namun, hal ini tak diperlukan jika opsi komentar anonymous dinyalakan. Efeknya, semua pengunjung —termasuk spambot si tukang spam— bisa berkomentar di website Anda dengan leluasa.

Nah, Anda bisa mematikan komentar anonymous ini dengan mencentang Comment author must fill out name and email yang ada di Settings > Discussion.

cara menghilangkan komentar spam di wordpress dengan mematikan komentar anonymous

Cara ini memang tidak 100% mencegah spam komentar WordPress Anda. Akan tetapi, pengaturan ini akan mempersulit para tukang spam dan spambot untuk menjalankan aksinya. Sehingga mereka akhirnya akan meninggalkan website Anda dan mencari mangsa lain yang anonymous komentarnya menyala.

3. Menyalakan Moderasi Komentar

Dengan menyalakan moderasi, setiap komentar yang ditinggalkan pengunjung harus Anda setujui terlebih dahulu sebelum bisa ditampilkan. Hasilnya, Anda bisa mencegah spam dan memastikan bahwa pengunjung hanya melihat komentar berkualitas yang sudah Anda setujui saja.

Untuk menyalakan moderasi komentar, ada dua opsi yang bisa Anda pilih di Settings > Discussion:

  • Untuk memoderasi semua komentar yang masuk, centang saja Comment must be manually approved
cara menghilangkan komentar spam di wordpress dengan menyalakan moderasi komentar
  • Jika Anda hanya ingin memoderasi komentar dari pengunjung baru saja (yang sebelumnya belum pernah berkomentar) centang saja Comment author must have a previously approved comment
cara menghilangkan komentar spam di wordpress dengan menyalakan moderasi komentar dari pengunjung baru

Oh ya, jika Anda juga ingin mendapatkan pemberitahuan email mengenai komentar yang perlu dimoderasi, centang saja A comment is held for moderation seperti ini:

Menyalakan pemberitahuan email untuk moderasi komentar spam
4. Hanya Mengizinkan Komentar dari Pengguna yang Sudah Log In

Jika Anda memiliki website yang mengharuskan pengguna log in untuk menikmati semua fitur, cara ini tak boleh dilewatkan. Apalagi jika Anda ingin membatasi diskusi di kolom komentar hanya untuk pengguna saja. Sehingga, pengunjung lain dan spambot tak akan bisa ikut tanpa mendaftar terlebih dahulu.

Untuk mengaturnya, Anda centang saja Users must be registered and logged in to comment yang ada di Settings > Discussion.

Hanya izinkan komentar dari pengguna yang sudah log in untuk mengurangi spam
5. Membuat Daftar Kata-kata yang Dilarang

Anda tak punya waktu untuk memoderasi komentar satu per satu? Tak usah khawatir! Cara menghilangkan komentar spam di WordPress ini bisa secara otomatis memoderasi dengan memblokir kata-kata terlarang.

Anda bisa memblokir kata-kata kasar, topik tidak tidak relevan, dan kata-kata yang berpotensi spam. Selain itu, Anda juga bisa memblokir nama website atau produk kompetitor, lho. Yup, Anda bebas memblokir kata-kata apapun sesuka hati.

Namun, jangan kebablasan, ya! Bisa-bisa pengunjung justru malas berkomentar karena hak berbicaranya terlalu Anda kekang.

Nah, untuk menerapkan cara ini, Anda perlu mengisi kolom Comment Blacklist dengan kata-kata yang ingin dilarang. Anda harus mengisinya dengan satu kata per baris agar bisa bekerja.

buat Daftar Kata-kata yang Dilarang untuk mengurangi spam komentar
6. Memblokir Link

Tak jarang kalau spam komentar WordPress itu berisi link ke website tertentu karena ingin numpang tenar dan mendapatkan trafik. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memblokir komentar yang menyertakan link.

Caranya adalah dengan mengganti angka di kolom Comment Moderation. Secara default, kolom tersebut terisi dengan angka 2 yang berarti membolehkan satu link di setiap komentar. Anda bisa menggantinya ke angka untuk memblokir link di kolom komentar sepenuhnya.

blokir link untuk mengurangi spam komentar
7. Mematikan Komentar untuk Post Tertentu

Jika Anda ingin mematikan kolom komentar di post tertentu atau di post yang sudah terbit, cara ini bisa dicoba. Sebab, cara nomor satu di atas hanya mematikan kolom komentar di post yang terbit setelahnya. Post yang sudah terbit duluan tak akan terkena efeknya.

Untuk menerapkan cara ini, Anda bisa mengedit post yang sudah terbit. Pada Document di bagian kanan, Anda akan menemukan banyak opsi pengaturan terkait post itu. Nah, Anda geser saja ke bawah hingga menemukan menu Discussion. Lalu, hilangkan centang pada Allow comments.

Matikan komentar untuk post tertentu supaya mengurangi spam
Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress dengan Plugin

Apakah cara di atas masih kurang ampuh menghilangkan spam komentar WordPress Anda? Tak perlu khawatir, berarti Anda harus memasang beberapa plugin di bawah ini.

8. Akismet

Akismet adalah plugin populer yang bisa melindungi website Anda dari spam. Sebab, Akismet selalu menganalisis data komentar dari jutaan website di seluruh dunia secara real-time.

Akismet sebenarnya sudah secara otomatis terpasang di WordPress Anda, tapi masih perlu diaktifkan dulu sebelum bisa berfungsi sepenuhnya. Berikut langkah-langkah mengaktifkannya:

  • Dari dashboard WordPress Anda pilih menu Plugins > Installed Plugins kemudian klik Activate.
Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress dengan Plugin Akismet
  • Setelah itu, Anda akan melihat pesan berwarna hijau. Klik saja tombol biru  Activate your Akismet account
Langkah kedua untuk Menghilangkan Komentar Spam di WordPress dengan Plugin Akismet
  • Kemudian klik saja Set up your Akismet account untuk membuat akun Akismet Anda.
Langkah ketiga untuk Menghilangkan Komentar Spam di WordPress dengan Plugin Akismet
  • Anda akan dibawa ke website Akismet. Klik saja tombol hijau SET UP YOUR AKISMET ACCOUNT lalu akan muncul halaman baru yang berisi daftar harga Akismet. Jika website Anda adalah website pribadi yang tidak menjual apapun, Akismet ini bisa dinikmati dengan gratis dengan memilih Personal di paling kiri.
Menggunakan Versi Personal Akismet
  • Selanjutnya, Anda perlu mengisi data diri. Mulai dari alamat nama, email, hingga alamat website. Pastikan Anda menggeser slider mentok ke kiri menjadi $0/YEAR. Jangan lupa untuk mencentang semua kotak lalu klik CONTINUE WITH PERSONAL SUBSCRIPTION.
Menggunakan Personal Subscription Akismet
  • Setelah itu akan muncul halaman baru dimana Anda diharuskan memasukkan kode verifikasi terlebih dahulu. Buka saja Kotak Masuk email Anda untuk mengetahui kodenya. Lalu, masukkan kodenya di kolom tadi dan klik Continue.
Melakukan pengecekan email setelah aktivasi Akismet
  • Selanjutnya, Akismet akan mengirimkan API key ke email Anda. Jadi, cek lagi Kotak Masuk email Anda untuk menemukannya. Setelah itu, di dashboard WordPress Anda, pilih menu Plugins > Installed Plugins. Pilih opsi Settings tepat di bawah nama Akismet Anti-Spam.
Memilih menu Settings Plugin Akismet Anti Spam
  • Selanjutnya klik Manually enter an API key. Jangan sampai salah pencet yang tombol biru, ya!
Melakukan pengaturan API di Akismet
  • Seketika setelah Anda mengkliknya, akan muncul kolom. Nah, masukkan saja API key Anda di sana lalu klik Connect with API key.
Menghubungkan API Key di Akismet
  • Selesai! Plugin Akismet telah berhasil diinstall di website Anda. Sekarang, semua komentar berbau spam secara otomatis akan masuk ke Folder Spam dan akan dihapus setelah 15 hari.
9. Disable Comments

Plugin ini memungkinkan Anda untuk mematikan semua kolom komentar berdasarkan jenis post-nya. Jadi, Anda tak perlu mematikan satu-satu yang tentu saja memakan waktu dan tenaga. Apalagi, jika website Anda punya segudang konten.

10. Plugin Spam Lainnya

Selain Akismet, ada juga plugin pencegah spam lainnya yang bisa Anda coba:

  • Anti-spam— plugin ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Versi berbayarnya bisa mengecek spam di komentar yang sudah ada dan dukungan teknis 24 jam.
  • WPBruiser—menggunakan algoritma canggih yang bisa mendeteksi komentar spam.
  • Antispam Bee—memblokir komentar spam tanpa mengirim data website Anda ke pihak ketiga.
  • Zero Spam —tak hanya mendeteksi spam di komentar, tapi juga pada form di Contact Form 7 dan Gravity Form.
  • All In One WP Security & Firewall—plugin keamanan komplit yang juga terdapat fitur anti spam.
Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress dengan Captcha

Captcha adalah fitur keamanan untuk memastikan bahwa orang yang berkomentar itu adalah manusia, bukan robot/bot. Sehingga Anda bisa terhindar dari spam komentar WordPress yang dilakukan oleh spambot. Untuk menggunakan captcha di website Anda, ada beberapa plugin bisa dicoba:

11. Google Captcha (reCAPTCHA)

Google Captcha adalah captcha terbaik yang ada di WordPress saat ini. Bagaimana tidak? Google Captcha ini bisa mengamankan website Anda tanpa mengurangi user experience pengunjung sama sekali. Kenapa demikian?

Jika kebanyakan captcha bertanya dengan puzzle aneh dan sulit untuk diselesaikan, Google Captcha hanya mengharuskan pengunjung untuk mencentang satu kotak saja. Simpel, bukan?

Jadi, kami sarankan Anda menggunakan Google Captcha ini.

12. Plugin Captcha Lain

Selain Google Captcha, ada beberapa plugin captcha lain yang juga bisa Anda coba, yaitu:

  • Cerber Security —  plugin ini juga menggunakan algoritma Google Captcha untuk mencegah spam.
  • Advanced noCaptcha— memungkinkan Anda untuk memasukkan CAPTCHA v3.
  • Stop Spammers— memberikan captcha di kolom komentar dan di form yang Anda buat.
Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress dengan Kolom Komentar Pihak Ketiga

Cara terakhir untuk mencegah spam komentar WordPress adalah dengan menggunakan layanan kolom komentar pihak ketiga. Ada beberapa layanan yang bisa Anda coba:

Baca juga

13. Disqus

Disqus adalah layanan komentar yang memang sudah terkenal dan dipercaya oleh banyak website di dunia. Bahkan tak hanya menghilangkan spam, tapi Disqus juga bisa membuat konten lebih interaktif dan meringankan beban server Anda, lho. 

14. Layanan Komentar Lainnya

Jika Anda tidak tertarik dengan Disqus dan ingin mencoba yang lainnya, berikut beberapa alternatifnya:

  • Yoast Comment Hack—  layanan komentar ini mempunyai segudang kustomisasi yang bisa Anda coba. Seperti minimal jumlah kata, maksimal jumlah kata, dan lain sebagainya.
  • wpDiscuz—  mengklaim dirinya sebagai “alternatif Disqus terbaik” dengan fitur yang mirip.
  • Super Socializer— memungkinan pengunjung untuk berkomentar menggunakan akun media sosial mereka. 
Selamat Tinggal Komentar Spam!

Memang tidak ada yang bisa menjamin kalau komentar spam di website WordPress Anda akan hilang seketika. Namun dengan cara di atas, setidaknya 99% spam komentar WordPress bisa Anda cegah. Sehingga website Anda lebih terpercaya, enak dipandang, dan orang-orang akan tertarik untuk meninggalkan komentar yang berkualitas.

Oh ya, tahukah Anda kalau spam itu cuma salah satu cara hacker untuk membuka celah keamanan website Anda? Ada banyak cara dilakukan hacker untuk meretas website dan mengakibatkan kerugian besar bagi Anda. 

Maka dari itu, setelah menghilangkan spam di kolom komentar, kami sarankan Anda juga menerapkan tips → 12+ Tips Lengkap Cara Meningkatkan Keamanan Website. Supaya website Anda berubah menjadi benteng takeshi yang sulit ditembus oleh hacker!

SUMBER

Share Is Cool