USB Killer Terbaru Lebih Dahsyat

JS NEWS Februari 2015 ini, seorang hacker dari Rusia dengan nickname Dark Purple menulis artikel berisi USB Killer

di blog miliknya yang berbahasa Rusia. Dark Purple membuat sebuah alat berbentuk flashdisk dan ketika ditancapkan, komponen-komponen dapat terbakar hingga tidak dapat digunakan lagi.

Terdapat video yang mendemokan penggunaan USA Killer tersebut. Begitu flashdisk ditancapkan, seketika komputer langsung mati, dan tidak dapat dihidupkan kembali. Tidak hanya komputer, peralatan elektronik yang memiliki socket USB pun terancam dengan keberadaan USB Killer ini.

Adapun cara kerja USB Killer, yakni dengan menggunakan konverter DC ke DC lalu mengirim tegangan sebesar 220V berulang-ulang via port USB. Jumlah tegangan ini duakali lebih besar dari versi pertama USB Killer.

Berdasarkan percobaan Dark Purple, harddisk maupun data tetap akan amam, dan masih dapat diakses. CPU juga tidak akan rusak melainkan hanya motherboard saja yang mengalami kerusakan akibat tegangan tinggi tersebut.

Denga adanya enkripsi dari USB Killer, kini port USB harus diperhatikan agar tidak sembarangan dicolok dengan flashdisk yang tidak dikenal atau yang tidak dibuka untuk umum. Peralatan medis,

televisi ataupun peralatan elektronik penting seperti di pesawat hingga yang memiliki port USB kini tidak boleh sembarangan dibiarkan ditancapkan flashdisk oleh orang yang tidak berkepentingan.

Sumber: PC Media edisi 12/2015 (diakses tanggal:2 februari 2016 )

 

Share Is Cool